Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha makanan unik dengan modal kecil – Siapa yang tidak kenal dengan tempe. Mau itu masyarakat kelas bawah, artis, bahkan pejabat sekalipun pasti pernah merasakan nikmatnya makanan dari kacang kedelai ini. Tempe dikenal makanan yang murah meriah.

Meskipun begitu, jangan langsung menganggap remeh usaha makanan dengan modal kecil satu ini. Pasalnya dengan sedikit kreatifitas, bisnis olahan tempe bisa menghasilkan omzet hingga berpuluh-puluh juta. Tidak percaya?

Muhamad Noer misalnya, pengusaha bisnis kuliner modal kecil ini mengolah tempe menjadi keripik dengan berbagai varian rasa. Produk keripiknya tersebut sudah terkenal seantero negeri bahkan sudah merambah mancanegara, seperti Belanda, Singapura, hingga Amerika Serikat. Mau tahu berapa keuntungan yang diperoleh Noer per hari? Dilansir dari ayopreneur.com, dari bisnisnya ini dirinya dapat meraup omzet hingga Rp 10 juta per hari.

Angka yang fantastis tersebut tentu membuat Anda tergiur untuk mencobanya bukan? Masih bingung mau buat makanan olahan tempe apa yang unik dan tidak membutuhkan modal besar?

Beberapa ide makanan olahan tempe untuk Anda jadikan referensi.

Sate Tempe

Di pasaran, kita sudah sering menemukan sate daging ayam dan sapi. Namun, pernahkah Anda menemukan menu sate dengan bahan nabati seperti tempe? Mungkin sebagian di antara Anda sudah banyak yang tahu. Tapi, kenyataannya masih sangat jarang ada penjual sate yang menarwarkan menu satu ini. Jadi, karena sedikit sekali kompetitornya ini kesempatan yang bagus untuk memulai bisnis tersebut. Selain jadi menu cemilan yang murah, sate tempe juga dapat menjadi menu alternatif menarik bagi vegetarian atau mereka yang sedang berusaha mengurangi konsumsi protein hewani.

Sosis Gulung Tempe

Sosis selalui digandrungi oleh banyak orang, khususnya anak-anak. Oleh karena itulah banyak orang yang mengkreasikan makanan ini dengan bahan lain, tempe salah satunya. Sosis yang dibalut dengan tempe krispi jadi solusi yang tepat untuk anak-anak yang kurang menyukai makanan berbahan dasar nabati. Jika Anda ingin berbisnis di bidang ini, cobalah buat tampilan menu yang lebih menarik dan unik.

Burger Tempe

Makanan cepat saji burger dikenal makanan yang tinggi kalori, tapi tidak bila daging yang digunakan sebagai layer menggunakan tempe. Modifikasi makanan ini tidak hanya terkesan mewah tapi juga bergizi. Karena tempe sendiri mengandung protein nabati dan vitamin B12 yang biasanya terdapat pada produk seperti daging, susu, telur dan ikan. Menu makanan ini memang masih jarang di Indonesia, namun di luar negeri seperti Amerika, Jepang dan lainnya burger dengan tempe mudah ditemukan.

Steak Tempe

Tidak hanya bisa menjadi pengganti daging pada burger, tempe rupanya juga bisa diolah menjadi steak. Dahulu tidak banyak orang mengetahui cara membuat sajian seperti ini. Kebanyakan hanya orang-orang vegetarian saja yang membuat menu ini sebagai variasi makannya sehari-hari. Namun, kini makin banyak yang membuat sajian ini karena manfaatnya pun banyak. Selain itu, juga bisa dijadikan makanan alternatif jika ingin mengkonsumsi steak tanpa takut risiko kolesterol. Cara membuat dan bahan-bahannya pun sangat sederhana.

Nugget Tempe

Nugget merupakan salah satu varian makanan beku yang juga jadi favorit anak-anak. Rasanya yang gurih, dilapisi dengan bagian luar yang krispi membuat makanan ini sangat cocok dinikmati untuk makan bersama nasi atau dijadikan cemilan. Umumnya, nugget dibuat menggunakan daging ayam. Nah agar berbeda Anda bisa coba membuat nugget dengan berbahan dasar fermentasi biji kedelai, tempe.

Usaha makanan unik dengan modal kecil ini akan lebih menguntungkan bila Anda mampu membuat sajian nugget tempe yang unik. Misalnya menambahkan keju pada bagian tengah nugget sehingga keju akan lumer di mulut saat digigit. Orang pasti akan merasakan sensasi lain ketika makan nugget tempe buatan Anda.

Kue Kering Tempe

Tempe digoreng menjadi nugget atau steak memang biasa tapi bagaimana jika tempe dibuat menjadi kue kering? Kue kering tempe mungkin terdengar aneh, tapi banyak loh yang membuatnya untuk disajikan saat hari raya. Bahan-bahan untuk membuat cemilan ini seperti cornflakes, tempe, kacang mede, tegu protein rendah, coklat bubuk kuning telur gula bubuk, coklat dan mentega. Bila Anda ingin jualan makanan ini, coba saja jual saat hari-hari raya besar seperti idul fitri, idul adha, natal dan tahun baru.

Peyek Tempe

Peyek tempe adalah salah satu kreasi lain dari peyek menggunakan bahan tempe dan udang. Sajian ini cocok untuk dijadikan cemilan atau teman makan nasi. Tak jauh beberda dari pembuatan peyek lainnya cara membuat peyek tempe juga sama saja. Tapi agar lebih beda Anda bisa kreasikan kembali sajian ini, misalnya rasa peyek dibuat level-level pedas.

Brownies Tempe

Kalau tadi ada kue kering dengan tempe, sekarang kue brownies dengan tempe. Terdengar aneh memang. Tak  terbayang rasanya akan jadi seperti apa. Tapi siapa sangka banyak orang yang mencari kue berbahan utama tempe ini. Di Malang misalnya, brownies tempe dijual sebagai oleh-oleh khas kota tersebut. Bila berniat mencoba usahanya, lakukan survei dan uji coba terlebih dahulu agar rasa brownies tempe buatan Anda sesuai dengan lidah calon konsumen Anda.

Es Krim Tempe

Siapa yang tidak suka dengan sajian es krim. Rasanya yang manis dan segar dipercaya bisa mengembalikan semangat yang mengkonsumsi kudapan dingin tersebut. Tapi sebagian orang takut mengkonsumsi es krim sebab mitosnya dapat menaikan berat badan dan juga mengandung banyak lemak. Untuk itu, mulai banyak modifikasi es krim rendah lemak seperti es krim tempe. Secara tampilan es krim ini tidak berbeda dengan es krim kebanyakan, tetapi setelah dicicipi baru akan terasa. Ingin coba jalankan usahanya? Coba saja mulai di mall atau di depan rumah Anda.

Mendol Tempe

Mendol tempe adalah makanan khas Malang, Jawa Timur. Bisanya disebut juga dengan perkedel tempe. Medol tempe ini berwarna kehitam-hitaman karena dibuat dari bahan tempe kedelai yang sudah agak basi.  Akan sangat nikmat disantap selagi hangat bersama nasi dan sayur asem kangkung. Bila Anda punya usaha tempat makan, cobalah tambahkan sajian ini pada menu makanan restoran Anda.

Keripik Tempe Lapis Cokelat

Olahan keripik tempe dengan rasa barbeque, keju dan balado mudah sekali ditemukan. Tapi bagaimana tempe dengan lapisan coklat. Apakah Anda pernah mencobanya? Sajian ini memadukan rasa manis, renyah dan gurih sehingga yang akan membuat penikmatnya ketagihan. Di Indonesia pengusaha keripik lapis cokelat masih sangat jarang, makanya masih sulit ditemukan. Kita baru bisa mendapatkan cemilan ini jika berkunjung ke kota Malang. Nah, buat Anda yang berlokasi di selain kota malang, coba saja mulai usaha ini.

Demikian ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga dapat mengisnpirasi Anda untuk mulai buka usaha makanan kreatif. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here