Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha tahu bakso merupakan usaha makanan kecil-kecilan untung jutaan. Jika anda membuka usaha, entah itu karena iseng, coba-coba  atau sekedar hobi atau memang ada peluangnya. Anda bisa menjadikan usaha tahu bakso ini sebagai referensi bagi anda untuk memulai usaha kecil-kecilan dirumah saja.

Baca Juga: Mengulik Usaha Jajanan Khas Bandung Yang Trending Ditahun 2019

Kita tahu bahwa makanan tahu bakso ini merupakan makanan bakso yang dipadukan dengan tahu. Mantapnya rasa bakso yang menyatu dengan tahu membuat konsumen tak pernah merasa puas, selalu ingin tambah dan tambah.

Langkah Awal Yakni Persiapan Dalam Diri Sendiri

Memulai bisnis olahan makanan tahu  bakso artinya anda menjalani usaha kuliner dengan 2 menu namun dijadikan satu. Yakni anda harus mengetahui pembuatan bakso dan tahu itu sendiri hingga bisa di kolaborasikan menjadi satu makanan yang kreatif dan inovatif.

Persiapan Mental Yang Kuat Sekuat Baja

Menjadi seorang pengusaha kuliner apalagi dengan menu kuliner tahu bakso akn banyak sekali kritik dan komentar pedas dari para pelanggan. Bisa saja kritikan dari baksonya atau tahunya.

Baca Juga: Tempat Pelatihan Usaha Rice Bowl Di Bandung

Saat ini makanan tahu bakso sudah dikenali oleh masyarakat. Jadi, masyarakat dengan mudah mengkritik penjualan tahu bakso anda. Untuk mngantisipasinya anda harus memiliki mental kuat sekuat baja. Dan jadikan kritikan para konsumen sebagai bahan referensi untuk memperbaiki usaha anda.

Komitmen Dalam Berusaha

Apapun usaha anda komitmen sangat penting . Karena komitmen yang berdiiri kokh dalam diri pengusaha merupakan suatu tantangan yang besar. Walaupun usaha tahu bakso ini merupakan usaha kecil-kecilan, tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menjalankan usaha mengalami kegagalan.

Langkah Selanjutnya Yakni Kerja Nyata

Seagala semangat usaha yang sudah dipersiapkan, saatnya anda melakukan kerja nyata setelah rencana. Renacana saja tanpa melakukan apa-apa sama saja kebohongan belaka. Mulai beraksi tanpa menunda-nunda waktu.

Berapa Modal Yang dibutuhkan?

Memulai usaha tahu bakso, merupakan usaha kuliner yang tergolong dalam cakupan usaha kecil-kecilan dan untung jutaan. Modal yang anda butuhkan tak perlu banyak, Dikarenakan pembuatan bakso dengan menggunakan bahan yang sudah tersedia di pasaran dengan harga yang sesuai kantong.

Kenapa bisa menghasilkan jutaan? Karena semakin berkualitas dan nikmatnya usaha tahu bakso yang anda produksi, anda dapat mematokkan harga yang tak terlalu, dan tak tak terlalu murah.

Lokasi Usaha Yang Bagaimna?

Lokasi usaha yang strategis memang sangat penting untuk usaha tahu bakso anda ini. Dikarenakan usaha tahu bakso merupakan usaha kecil-kecilan maka harus dipastikan usaha anda terjual habis dikeramaian. Seperti disekolahan,taman, atau lokasi-lokasi yang ramai kunjngan lainnya.

Pasok Bahan Baku Dengan Cerdas Memilih Distributor Yang Tepat

Memasok bahan baku untuk menjadikan lebih hemat pengeluaran hemat. Dipasaran, semakin banyak anda melakukan pembelian, semakin besar potongan harga yang diberikan. Jadi, untuk mengatasi pembengkakan biaya keluar dapat dilakukan dengan cara yang seperti ini.

Target Pemasaran Usaha Tahu Bakso

Tak perlu khawatir soal target pasar, karena usaha tahu bakso semua kalangan menyukainya. Dan berikan harga yang sesuai untuk setiap kalangan dan dalam porsi yang berbeda. Misal, jika anda menjual pada orang dewasa satu porsinya Rp.7000 isi 3 butir bakso, Sedangkan kepada anak-anak, anda dapat jual perbutirnya Rp.2000.

Sikap Ramah Dan Terbuka Untuk Melayani Pelanggan

Pelanggan menyukai sikap ramah dan terbuka. Sikap ini menjadikan pelanggan merasa aman , nyaman, dan tenang terhadap anda dan usaha anda. Dengan begitu, konsumen akan kembali mendatangi kapanpun atau bahkan ia akan membantu untuk merekomendasikan jualan anda kepada teman-temannya.

Langkah Terakhir, Yakni Mempertahankan Usaha

Sungguh-sungguh dalam berusaha tentu tidak akan membuat anda lengah dengan pencapaian yang telah anda lakukan. Tantangan usaha kuliner tak berhenti hingga disana saja, masih banyak tantangan yang akan anda hadapi, seperti sulitnya mempertahankan usaha.

Tips-Tips Untuk Mempertahankan Usaha

Usaha tanpa ada niat untuk mempertahankan, maka tidak akan mengalami progress. Jadi, untuk mempertahankan usaha yang sudah dijalani ada bebrapa tips yang dapat anda gunakan dalam mempertahankan usaha tahu bakso ini. Berikut penjelasannya.

Selalu Mengutamakan Kualitas

Kualitas usaha tahu bakso yang anda tawarkan menentukan kesetiaan konsumen. Konsumen saat ini lebih cerdas dalam menilai sebuah keunggulan dan kekurangan setiap usaha kuliner. Sehingga pelaku usaha harus memperhatikan kualitas usaha anda, baik dari segi rasa, kebersihan, tampilan, penyajian hingga kenyamanan tempat konsumen.

Mengamati Pergerakkan Kompetitor Lainnya

Untuk melakukan sebuah inovasi kuliner maka perlu adanya pengamatan terhadap kompetitor lainnya. Dengan begitu anda dapat dengan mudah menentukan strategi penjualan anda. Selain itu, mengamati pergerakkan pesaing juga dapat menjadi motivasi-motivasi tersendiri untuk mencari inovasi-inovasi yang lebih unggul untuk mengalahkan pesaing lainnya.

Memiliki Perencanaan Yang Matang

Rencanakan target pasar, rencanakan pemasukan dan pengeluaran keuangan. Merupakan beberapa hal  yang jika dapat anda rencanakan sebaik mungkin, dijamin usaha tahu bakso anda tetap bertahan.

Ketika anda berani memulai, maka anda juga harus berani mempertahankan dan menyelesaikan sesuatu yang anda mulai dengan baik. Pun begitu juga dengan usaha kuliner anda, selalu berusaha melakukan hal yang terbaik dan hindari sikap pemborosan keuangan, dan pemborosan waktu yang mana akan membuat usaha anda menyusut atau bahkan jatuh dan tak bangkit lagi.

Baca Juga:Menggigitnya Keuntungan Beberapa Menu Makanan Yang Terbuat Dari Jagung

Jadi, jika anda memulai usaha kecil-kecilan seperti usaha tahu bakso ini bukan berarti tantangan yang akan dihadapi tetap sama saja dengan usaha yang lainnya, hanya saja dalam resiko yang berbeda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

91 − = 86