Usaha Sampingan Mahasiswa

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Berstatus sebagai mahasiswa, tidak cukup mengandalkan pemasukan dari orang tua saja. Ditambah lagi jika kita hidup jauh dengan orang tua. Pastinya membutuhkan biaya lebih untuk dapat bertahan sampai akhir bulan. Bagi orang yang memiliki orang tua dengan kemampuan finansial berlebih mungkin tidak akan sulit, beda halnya dengan mahasiswa yang perekonomian keluarga serba berkecukupan. Ini tentu jadi persolan.

Untuk itulah, usaha sampingan jadi solusi yang sangat tepat untuk mendapatkan uang tambahan bagi mahasiswa. Untuk menemukan bisnis sampingan yang dapat dijalankan di lingkungan kampus sebenarnya sangat mudah. Mengapa begitu? Sebab target pasarnya sendiri sudah jelas. Konsumen yang menjadi sasaran adalah remaja dengan rentan usia 17-25 tahun. Maka dari itu, kita dapat lebih mudah menentukan produk sesuai dengan target konsumen tersebut. Umumnya yang ditawarkan adalah produk berupa kuliner, fashion maupun jasa.

Baca Juga: 5 Macam Olahan Bisnis Makanan Kecil Kecilan Serba Seribu

Berbagai macam usaha sampingan mahasiswa mulai dicoba, salah satunya di bidang kuliner. Untuk itu, kali ini UsahaKuliner.id akan berikan 10 ide usaha kuliner yang cocok untuk mahasiswa yang ingin cari uang tambahan tanpa menggangu jadwal kuliah.

7 Ide Usaha Kuliner untuk Mahasiswa

  1. Usaha sampingan makanan ringan saat jam kosong perkuliahan

Umumnya saat menunggu jadwal perkuliahan berikutnya banyak mahasiswa yang suka duduk-duduk di lobi atau pendopo dekat jurusan sambil ngobrol atau makan cemilan. Nah, ini bisa jadi peluang buat Anda untuk menjajakan ankea jajanan ringan yang disukai anak muda. Dahulu saat kuliah saya sendiri suka menawarkan snack yang harganya 2000 saat jam kosong.

Untuk mulai usaha ini sangat mudah, Anda bisa beli makananya di pusat grosir cemilan, kemudian membungkusnya kembali dengan kemasan yang lebih kecil. Setelah itu, Anda dapat pasarkan langsung ke teman-teman kampus Anda atau titip dibeberapa toko kecil di kantin kampus.

  1. Jual siomay goreng di dalam kemasan

Usaha sampingan untuk mahasiswa berikutnya adalah siomay dengan kemasan. Siomay merupakan salah satu kudapan yang nikmat dinikmati saat bersantai. Bisnis ini identik dengan konsep gerobak, di mana penjualnya memasarkan siomay berpindah-pindah dari lokasi satu ke tempat lainnya.

Namun tidak selalu bisnis ini dijalankan dengan cara demikian. Anda juga bisa menjual siomay di dalam kemasan. Kini siomay sudah bisa dikreasikan dengan berbagai macam cara, misalnya siomay goreng. Sajian siomay satu ini tidak perlu dipanaskan untuk menikmatinya.

  1. Jual aneka keripik

Usaha makanan untuk mahasiswa berikutnya adalah usaha yang menjual aneka keripik. Binsis keripik mulai tenar dikalangan anak muda terutama mahasiswa. Hal ini karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan penikmatnya kebanyakan kalangan remaja. Jadi sangat tepat bila ditawakan di lingkungan kampus.

Jenis keripik yang ditawarkan bukan hanya keripik singkong atau kentang saja, ada berbagai macam bahan bisa diolah menjadi keripik misalnya ubi, talas, pisang, sayur, dan lain sebagainya. Meskipun disebut sebagai bisnis dengan modal kecil, tapi bisnis ini cukup sukar dijalankan sebab sudah banyak brand ternama yang sudah dikenal konsumen, contohnya Keripik Maichi atau Zanan. Nah, agar produk Anda dapat bersaing diperlukan kreatifitas, baik dalam pembuatan produk ataupun pemasarannya.

  1. Terima pesanan kue dan gorengan untuk acara di kampus

Bisnis terima order pembuatan kue ternyata tidak hanya menguntungkan jika dijajakan di daerah perumahan saja. Namun di lingkungan kampus juga cukup menjanjikan. Biasanya banyak acara khusus yang sering diadakan di kampus, seperti seminar atau peringatan ulang tahun. Pada acara-acara tersebut biasanya penyelenggara membutuhkan kue atau gorengan untuk dijadikan kudapan para tamu.

Nah, ini bisa jadi peluang yang pas untuk menawarkan jasa pesanan kue dan gorengan. Bagi Anda yang suka memasak dan punya waktu lebih bisnis ini sangat cocok untuk Anda jalankan. Anda bisa ajak teman-teman Anda untuk membantu proses pembuatan dan pengantarannya. Setelah itu hasilnya bisa Anda bagi rata dengan teman.

  1. Menawarkan menu makanan untuk makan siang

Dengan alasan menghemat, ada saja mahasiswa yang membawa bekal dari rumah untuk makan siang. Yak tidak mengherankan sebab saat kita ke kantin pasti ada saja pengeluaran yang tidak kita rencanakan. Alhasil uang jajan Anda habis begitu saja. Makanya untuk menyiasati hal itu banyak mahasiswa yang memilih membawa persediaan dari rumah atau memesan catering dengan harga yang murah.

Baca Juga: Cara Sukses Usaha Makanan Ringan Unik ala Top Ittipat, Tae Kae Noi

Nah, jika memiliki keahlian memasak, Anda juga dapat merintis usaha catering di kampus. Selain mahasiswa, dosen kampus pun juga bisa Anda jadikan target konsumen. Tapi jangan lupa berikan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa ya!

  1. Usaha sampingan minuman kemasan

Usaha kuliner anak muda berikutnya adalah bisnis minuman kemasan. Makanan tentunya tidak akan lengkap tanpa minuman. Kalau Anda ingin rintis bisnis ini, Anda bisa buat minuman seperti kopi, jus, sari buah atau minuman sehat yogurt. Usaha ini sangat cocok dijajakan pada siang hari di sekitar taman kampus maupun sepanjang jalan pintu masuk kampus. Konsumen yang bisa Anda bidik bisa semua umur, mulai dari remaja hinga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

  1. Usaha kue dalam kemasan toples

Bagi Anda yang suka atau punya keahlian di bidang baking, jadikan itu peluang usaha Anda. Salah satu contoh usaha kue yang saat ini sedang nge-tren adalah cupcake in jar. Bisnis kue satu ini sedang ngetren sebab praktis dan rasanya pun enak. Buatlah beberapa varian rasa yang lengkap agar konsumen Anda tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here