pelatihan olahan ikan, usaha abon ikan tuna

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha Olahan ikan– Abon ikan merupakan salah satu jenis usaha yang sudah jelas mendatangkan keuntungan. Abon ikan menggunakan bahan dasar serat daging yang biasanya dikonsumsi untuk lauk pauk dengan menaburkannya diatas nasi.  Biasanya paling sering terdenar adalah abon sapi, namun sekarang sudah muncul abon ikan tuna.

Abon dengan menggunakan cara pengawetan dengfan dikombinasikan antara perebusan dengan penggorengan dan ditambahkan bumbu-bumbu  untuk mendapatkan abon yang gurih. Semakin gurih abon yang dihasilkan maka semakin nikmat abon ikan tuna produksi Anda.

Modal Yang Harus Disediakan Untuk Usaha Abon Ikan Tuna

Setiap usaha tak lepas dari kata modal, bukan hanya modal materi namun juga modal mental harus disiapkan. Karena modal materi dan modal metal saling berkaitan satu sama lain. TAnpa satu modal, usaha yang akan direncanakan sulit berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Kursus Rice bowl, Tempat Pelatihan Usaha Rice Bowl Di Bandung

Modal yang harus Anda sediakan harus cukup atau sedikit melebihi  perkiraan modal dari awal. Perkirakan harga alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan yang harus Anda sediakan untuk usaha abon ikan tuna adalah ikan tuna segar, minyak goreng, bumbu-bumbu yang dibutuhkan dengan takaran sesuai minat pasar, dan alat dapur yang dibutuhkan.

Tinjau Lokasi Usaha

Meski sekarang semua modern, hingga proses jual beli bisa dilangsungkan secara online, namun proses jual beli yang afdhol itu adalah barang produksi bisa dilihat dan dirasakan terlebih dahulu oleh para konsumen, sehingga dapat mencocokkan produk dengan harga yang telah disepakati dengan bertatapan.

Menjalani usaha online memang tak ada salahnya, justru cara berjualan dengan sangat mudah dan praktis. Namun tidak sedikit konsumen yang kurang puas dengan berjualan seperti ini, dikarenakan pemesanan tidak sesuai dengan ekspektasi, dan ada juga yang sangat puas, karena bisa hemat waktu dan uang, jika itu adalah toko online yang jelas kaulitas dan terpercaya tentunya.

Nah, Anda bisa memilih berjualan melalui penjualan online atau off line. Masing-masingnya memiliki keunggulan dan kekurangan yang harus Anda jaga-jaga. Apapun usaha yang Anda jalani, baik usaha online maupun offline utamakanlah kepuasan konsumen. Karena kemajuan atau kesuksesan usaha dinilai dari kepuasan konsumen.

Pelayanan Nomor Satu

Disegala usaha yang Anda jalani, jika tanpa pelayanan yang baik, konsumen dengan sangat mudah berpaling dari produk Anda. Mengapa demikian? Karena konsumen tidak mendapatkan kenyamanan dan pelayanan yang baik. Hal ini mengakibatkan pelanggan Anda akan berpindah ke toko lain, dan usaha Anda sulit mengalami kemajuan.

Terus Berinovasi

Penghasilan setiap bulan tidak menjamin peningkatan pada usaha yang dijalani. Biasanya usaha baru dijalankan rentan akan kegagalan. Mengapa demikian? Karena usaha  baru memiliki rintangan dan cobaan yang begitu banyak, mulai dari proses operasional hingga menghadapi konsumen yang begitu banyak macam karakternya.

Baca Juga: Tempat Pelatihan Usaha Dimsum, Belajar Dimsum Halal, Mudah, Praktis, Untuk Bisnis Dimsum

Jangan merasa cepat puas dengan pencapaian yang baru diraih. Teruslah kembangkan usaha Anda dengan cara berinovasi  dan terus bersifat produktif.

Demikianlah gambaran usaha olahan hasil laut yakni abon ikan tuna. Jika Anda tertarik untuk menjalani usaha ini, jangan lupa untuk selalu ramah dan terus berinovasi. Semoga artikel ini bermanfaat  bagi Anda untuk dijadikan sebagi refrensi menjalani usaha . Selamat mencoba dan semoga sukses.

*Untuk pelatihan UKM, Info lengkap, klik disini

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 1 =