usaha makanan ringan yang menguntungkan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Banyak usaha makanan ringan yang menguntungkan dan bisa dijadikan ladang penghasilan bagi pengusaha, salah satu contohnya adalah usaha sosis bakar. Sosis termasuk salah satu jenis makanan yang populer dan disenangi masyarakat di tanah air. Penikmatnya hampir menjangkau semua umur, mulai dari orang dewasa, remaja hingga anak-anak.

Bahan makanan untuk membuat sosis pun bermacam-macam bisa dengan daging sapi, ayam bahkan ikan. Dengan menawarkan rasa yang enak dan proses pembuatannya yang mudah, maka tidak heran kalau banyak yang memilih usaha jualan sosis.

Meski bukan termasuk makanan asli Indonesia namun sosis punya tempat sendiri di hati masyarakat. Untuk itu, banyak pelaku usaha yang ingin jalankan bisnis jajanan sosis, terutama sosis bakar. Di mana sosis disajikan dengan cara diolesi dengan bumbu, lalu dibakar kemudian disajikan bersama saos.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Makanan Sebelum Terjun Ke Bisnis Kuliner

Merintis bisnis ini juga termasuk sangat mudah dan tanpa perlu keahlian apapun. Dalam penyajiannya Anda bisa membeli bumbu bakaran jadi, bumbu ini nantinya yang akan dilumuri ke bagian sosis yang sudah disayat-sayat agar matang merata. Tapi bila Anda ingin membuat inovasi yang lain agar lebih menarik, Anda bisa buat topping spesial agar dapat membedakan sajian Anda dengan kompetitor.

Bagaimana dengan cara pemasarannya? Cobalah jajakan sosis bakar buatan Anda di lingkungan yang ramai seperti depan sekolah, taman bermain, pasar malam, mall atapun di depan rumah Anda sendiri. Pemilihan lokasi ini akan menentukan berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan, jadi pastikan tempatnya sering dikunjungi orang banyak dan strategis. Selain menjual sosis, Anda pun dapat menambah menu bakaran lainnya seperti lupia, bakso bakar, egg roll, fried fries, dll. Usahakan berikan varian menu yang banyak sehingga konsumen tidak bosan.

Berapa modal usaha makanan ringan yang menguntungkan ini?

Sampai di sini apa Anda berniat untuk mulai menjajakan usaha sosis bakar? Untuk menekuni bisnis ini, Anda tidak hanya harus tahu bagaimana peluang usahanya, tapi juga modal yang diperlukan. Sebenarnya, bisnis ini termasuk jenis usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar karena peralatan yang diguakan sangatlah simpel. Anda hanya memerlukan, tabung gas, kompor, dan alat bakaran. Nah, untuk lebih jelasnya ini lah rincian biaya yang perlu Anda keluarkan untuk memulai bisnis ini.

Rincian biaya Peralatan,

Mesin Pemanggang Sosis                                      Rp 1.000.000

Meja dan Kursi                                                    Rp 500.000

Wadah                                                               Rp 250.000

Kitchenware                                                       Rp 250.000

Tabung Gas                                                        Rp 100.000

Peralatan lain                                                     Rp 250.000

(tusuk sate, plastik, sendok, piring, dll)

Rincian biaya oprasional,

Bahan baku sosis                                            Rp 1.500.000

Bahan Tambahan                                          Rp 600.000

Total                                                             Rp 4.450.000

Besar modal di atas jika Anda ingin mulai usaha yang minimalis. Sedangkan, bila Anda ingin coba usaha yang menggunakan booth sosis bakar, akan sedikit lebih mahal. Pilihan bisnis sosis bakar dengan konsep booth juga bisa Anda coba dengan sistem bisnis waralaba. Di mana nantinya Anda akan terikat kontrak bisnis kerjasama dengan pemilik merek atau pengusaha waralaba sosis bakar yang Anda pilih. Bisnis kerjasama ini memerlukan biaya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 juta. Di Indonesia ada beberapa bisnis waralaba sosis bakar yang cukup menjanjikan, berikut beberapa di antaranya.

Sosis Bakar Tyson

Awalnya berlokasi di Jakarta, bisnis Sosis Bakar Tyson kini sudah memiliki lebih dari 700 mitra di seluruh Indonesia. Sosis Bakar Tyson menawarkan menu sosis daging sapi dana yam yang disajikan dengan varian isian, seperti keju, blackpepper, dan original. Harga sosis dibandrol Rp 2.000 – Rp 20.000 per porsi untuk sosis ukuran 30 cm. Untuk jadi mitra bisnis Sosis Bakar Tyson, mitra bisa memilih salah satu dari 5 paket yang mereka tawarkan. Besaran investasinya mulai dari Rp 3.9 juta sampai Rp 10 juta.

Baca Juga: Bisnis Waralaba Makanan Korea Terlaris se-Indonesia

Kingkong Sosis

Ini adalah usaha warlaba kuliner yang menawarkan menu sosis bakar ukuran besar dan sudah berdiri sejak 2013. Modal yang diperlukan untuk membeli bisnis waralaba yang ditawarkan Kingkong Sosis mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 6,5 juta, tergantung paket apa yang dipilih oleh mitra waralaba. Dengan investasi awal itu, mitra mendapatkan berbagai macam fasilitas, seperti workshop cara menjalankan bisnis sosis bakar, peralatan, booth jualan, kompor, alat promosi dan seragam.

Sosis Bakar Sumo

Bisnis yang baru djalankan selama 1.5 tahun ini menawarkan bisnis kemitraan mulai dari Rp 3 juta. Kelebihan sosis yang ditawarkan Sosis Bakar Sumo adalah varian rasa yang disediakan. Ada 4 rasa yang bisa dipilih oleh konsumen yaitu original, keju, barbeque, dan lada hitam. Selain itu,terdapat 5 macam ukuran sosis yang bisa dipesan mulai dari ukuran S, M, L, XL, dan double XL. Harga satu sosis dibandrol Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu.

Mulai terpikirkan buka usaha makanan ringan yang menguntungkan ini? Bisnis makanan ringan sosis bakar memang salah satu binsis yang patut untuk dipertimbangkan. Mengingat segmen pasarnya tidak pernah sepi pengunjung, namun saat menjalankannya jangan lupa untuk buat strategi bisnis yang jelas dan lakukan dengan konsisten. Sehingga nantinya, bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

61 − 55 =