Usaha Makanan Kecil Kecilan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha makanan kecil kecilan seperti siomay, batagor, sampai  seperti gorengan telah banyak menjamur. Dari perkotaan sampai perkampungan, jajanan kecil kecilan ini telah menjadi jajanan favorit semua kalangan.

Biasanya usaha makanan kecil kecilan ini dijajakan oleh pedagang kecil seperti pedagang kaki lima atau ibu-ibu rumah tangga yang tengah mencari pekerjaan sampingan. Apakah Anda bisa juga membuka usaha ini? Tentu saja bisa. Cukup dengan modal kecil, Anda bisa memperjualbelikan makanan Anda dengan harga seribu rupiah saja. Penasaran usaha makanan apa saja yang bisa untung dengan modal 1.000 rupiah?

Baca Juga: Contoh Bisnis Makanan Ringan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Aneka Olahan Aci (Cilok, Cimin, Cireng, dan sebagainya)

Anda pernah membeli cilok atau cimin? Makanan kecil kecilan berbahan dasar aci ini bisa menjadi ide usaha makanan Anda. Selain enak, aci atau tepung tapioka ini juga sangat mudah didapatkan dan tentunya murah harganya. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau membeli merchant online seperti di bukalapak.com atau tokopedia.com.

Selain cilok, cimin, cireng, Anda juga bisa membuat aci ini menjadi makanan kecil yang lain contoh seperti aci digulung dengan telur. Anda bisa membandrol harga dari Rp 500 sampai Rp 2.000 tergantung bagaimana Anda menghitung segala pengeluaran sampai masukkannya.

Aneka Olahan Telur

Telur ayam tentunya telah menjadi bahan yang biasanya terdapat hampir di setiap makanan. Selain murah, telur ini bertahan lebih lama ketimbang telur burung yang lainnya. Menurut vemale.com, telur bisa disimpan selama kurang lebih 5 minggu di rumah Anda setelah membeli dari pedagang telur.

Nah, bagaimana caranya agar dapat untung? Cobalah membuat usaha makanan kecil kecilan dari telur ini. Anda bisa membuat olahan telur dengan versi yang lebih kecil dengan membuatnya di cetakan kecil. Campurkan dengan garam dan daun bawang agar lebih berasa. Anda juga bisa membuatnya dengan cara lain seperti digulung atau dibuat bentuk-bentuk menarik seperti bunga atau lainnya dengan cetakan yang berbeda. Usaha makanan kecil kecilan ini bisa Anda bandrol dengan harga Rp 1.000 sampai Rp. 2.000.

Aneka Martabak

Anda pernah mencoba martabak? Ya, usaha makanan kecil kecilan ini bisa menjadi untung untuk Anda dengan harga hanya Rp. 1.000 sampai Rp. 5.000. Anda tidak perlu menjajakan martabak yang besar seperti biasanya. Cukup buat martabak versi kecil atau martabak mini agar harga yang Anda tentukan bisa lebih murah.

Martabak mini bisa dibuat dengan berbagai topping seperti saus coklat, potongan buah, atau kacang-kacangan. Apalagi keju, Anda bisa mendapatkan banyak untung dengan usaha makanan kecil kecilan yang menguntungkan ini. Perlu cetakan? Tentunya Anda harus membeli dulu cetakan kecilnya agar lebih mudah membuatnya.

Aneka Donat

Donut adalah salah satu makanan favorit semua kalangan. Makanan yang berbahan dasar terigu ini menjadi cemilan enak dengan harga yang murah meriah. Bagaimana bisa murah? Tentunya ini berbalik pada bahan dasar Anda dan cara pembuatannya.

Untuk membuatnya lebih murah, Anda bisa membeli bahan dasar terigu yang murah di pasar-pasar tradisional. Selain itu, buatlah bentuk donut yang menarik seperti contohnya donut mini atau stik donut dengan bantuan stik kayu kecil untuk mempercantik donut Anda. Dengan ini, Anda bisa membandrol harga dari Rp 500 sampai Rp 3.000 tergantung cara pembuatan dan alur keuangan Anda.

Baca Juga: Usaha Makanan Khas Korea Yang Terlaris di Indonesia

Aneka Makanan Tradisional

Dengan berbagai ragam budaya, Indonesia mempunyai macam-macam makanan tradisional dari camilan sampai makanan beratnya. Anda pernah memakan onde-onde, kue putu, atau wajik? Camilan tradisional ini telah menjamur terutama di pasar-pasar tradisional. Cara membuatnya pun mudah karena camilan-camilan ini sudah menjadi bagian dari kita.

Anda tidak bisa membuatnya? Tenang saja. Anda hanya perlu membelinya di pasar pagi atau pasar subuh terdekat daerah Anda. Biasanya pedagang-pedagang kue pasar akan memberikan harga yang lebih murah ketika Anda ingin menjualkannya lagi. Cukup tanya berapa harga kue tersebut jika ingin dijual lagi atau bisa dibilang berapa harga jualnya.

Bagaimana? Mudah bukan membuka usaha makanan kecil kecilan ini? Cukup bandrol harga minimal Rp. 1.000 dan Anda sudah mendapatkan untung yang banyak dari usaha makanan ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here