Bisnis Usaha Kuliner

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis usaha kuliner kini telah menjadi bisnis yang banyak diikuti oleh berbagai masyarakat. Salah satunya adalah bisnis usaha kuliner jajanan sekolah. Seperti contoh pedagang kaki lima yang sering berjualan di sekolah-sekolah dari TK sampai SMA. Walaupun terbilang murah dan enak, sayangnya makanan yang diperjualbelikan kualitasnya sangat rendah.

Dengan kualitas yang rendah ini, membuat bisnis kuliner jajanan sekolah semakin menurun pembelinya. Menurut health.liputan6.com, banyak usaha jajajan yang kurang gizi untuk anak-anak sekolah. Maka dari itu, dibutuhkannya solusi untuk masalah kuliner yang satu ini.

Baca Juga: Kisah Pengusaha yang Sukses Rintis Usaha Kuliner Secara Online

Seperti yang dilansir dari food.detik.com, ada banyak ragam bisnis kuliner jajanan sekolah seperti cilor, milor, cireng, dan berbagai macam kuliner lainnya. Walaupun banyak ragamnya, masih banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Hal Penting Sebelum Membeli Kuliner Jajanan Sekolah

Sebelum Anda membeli kuliner jajanan sekolah, Anda terutama anak Anda harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum membelinya.

Perhatikan Alat-alat Masak sampai Tempat Menjualnya

Anda melihat banyak lalat yang berterbangan disekitar tempat menjualnya? Cukup sampai disitu, Anda tidak perlu membelinya. Perhatikan bagaimana pengusaha tersebut membersihkan alat-alat masaknya. Jika memang bersih dan tertata rapi, Anda bisa memilih untuk membelinya.

Lihat Bahan-bahannya

Bahan makanannya juga harus diperhatikan untuk bisnis usaha kuliner jajanan sekolah ini. Mengapa? Bagaimana pedagang tersebut memotong atau mencampur semua bahannya? Walaupun terlihat enak, ada kalanya kita juga memerhatika pemilihan bahannya.

Perhatikan Cara Memasaknya

Terkadang ada pedagang yang memasukkan bahan-bahan seenaknya karena resep kulinernya sudah hafal di otaknya. Walaupun demikian, perhatikan juga bagaimana ia mengolah semua bahannya.

Ide Bisnis Usaha Kuliner Jajanan Sekolah Yang Sehat dan Menguntungkan

Nah, apakah bisnis usaha kuliner jajajan sekolah yang kurang gizi ini akan berlangsung secara terus menerus? Tentu tidak. Anda bisa memulai terobosan baru dengan bisnis usaha kuliner jajanan sekolah yang sehat dan tentunya juga menguntungkan.

Donat Singkong/Kentang

Anda pernah mencoba donut? Biasanya donut itu terbuat dari bahan dasar terigu saja. Anda bisa mencoba bisnis usaha kuliner donat dengan berbahan dasar singkong atau kentang. Selain lebih sehat, singkong atau kentang mempunyai kadar karbohidrat yang diperlukan anak-anak setiap harinya.

Nugget Buah

Biasanya pedagang gorengan memperjualkan nugget dengan kualitas rendah. Hal ini dikarenakan budget yang low akan tetapi tidak memikirkan gizi yang terdapat di dalam makanan tersebut. Anda bisa membuat nugget dengan campuran buah seperti pisang, ubi, atau buah lainnya. Walaupun terlihat aneh pada pandangan pertama, campuran buah ini bisa memikat nugget Anda menjadi lebih menarik dan tentunya lebih bergizi.

Jamur Goreng Krispi

Tentunya Anda pasti sudah mencoba jamur bukan? Anda bisa membuat bisnis usaha kuliner dengan jamur. Selain banyak suka, jamur dinilai mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi. Pastikan minyak Anda selalu diganti supaya kandungan jamur tersebut tetap berada pada bahannya.

Es Potong Bubur Kacang Hijau

Seperti yang dilansir kompasiana.com, bubur kacang hijau memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan nafsu makan, sebagai tambahan penyimpanan energi kita, dan lainnya. Dengan manfaat ini, Anda bisa membuat bisnis kuliner sehat dengan membuat bubur kacang hijau seperti es krim atau es potong. Anda cukup membeli cetakan es yang tentunya telah Anda bersihkan, dan lalu taruh bubur kacang hijau ke dalam cetakan.

Dim Sum Isi Sayur

Sebagai salah satu teman siomay, dim sum juga termasuk usaha kuliner yang sering diminati para pembeli. Dim sum yang berasal dari Cina ini mempunyai banyak isi enak seperti kepiting, udang, ayam, dan isi lainnya. Supaya lebih sehat, cobalah Anda memulai mengganti isi dim sum dengan sayur seperti wortel atau brokoli. Tetap mainkan rasanya dengan sedikit daging supaya rasanya masih berasa dim sum biasa. Anda sudah berani mencoba?

Lumpia

Hampir seperti dim sum, lumpia sendiri adalah makanan ringan yang diselimuti lembaran terigu yang isinya beragam. Kebanyakan lumpia memiliki isi daging apapun yang lengkap dengan sayur beserta teman lainnya. Selain beragam, isi dari lumpia ini bisa memenuhi kebutuhan gizi kita setiap harinya. Walaupun demikian, perhatikan juga media memasaknya agar gizi di dalam lumpia tetap terjaga.

Martabak Buah Mini

Anda pernah mencoba martabak? Kuliner khas Sunda ini telah menjadi primadona dengan banyaknya topping atau taburan yang bermacam-macam tipenya. Ada coklat, keju, sampai kacang-kacangan. Sayangnya, untuk jajanan martabak biasa masih terlalu besar sehingga Anda harus mengecilkannya dengan membeli cetakan kecil untuk usaha Anda. Anda bisa menambahkan topping buah, agar makanan Anda semakin bergizi dan tentunya menjadi jajanan sekolah sehat untuk anak-anak sekolah.

Es Mambo Susu

Biasanya, pedagang sampai kantin sekolah menjual es mambo sebagai pilihan jajanan anak sekolah. Selain menyegarkan, es mambo juga disenangi dari anak-anak sampai remaja. Supaya lebih sehat dan bergizi, Anda bisa memulai coba bisnis usaha kuliner es mambo dengan berbahan dasar susu karena susu memiliki kalsium yang dibutuhkan oleh anak-anak kita setiap harinya. Anda juga bisa menambahkan buah stroberi atau lainnya yang dipotong kecil-kecil agar memberi rasa tambahan pada es mambo Anda.

Tuna Selimut Selada

Anda pernah mencoba sushi? Nah ini dia temannya, tuna selimut selada. Selain cara membuatnya mudah, makanan ini bisa menjadi favorit di kalangan anak-anak karena rasanya yang berbeda. Anda bisa menambahkan saus untuk salad dan mie putih sebagai tambahannya agar lebih enak dan bergizi.

Es Ketan Hitam

Es ketan hitam atau es doger juga memiliki banyak kandungan gizi. Seperti dilansir dari Wikipedia.org, ketan hitam memiliki manfaat untuk mencegah diabetes dan kaya akan anti-oksidan. Walupun banyak pedagang yang tengah menjualkannya, Anda bisa memberikan topping yang berbeda agar lebih menarik seperti potongan roti atau buah-buahan.

Nah, sudah tertarik membuka bisnis usaha kuliner jajanan sekolah ini? Walaupun mudah, jangan lupa menjaga bahannya agar gizinya tetap berada di dalam bahan makanan usaha kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 4