usaha kuliner di bulan ramadhan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Membuka usaha kuliner di bulan Ramadhan merupakan cara yang tepat. Di bulan Ramadhan, keinginan masyarakat akan suatu makanan tertentu memang meningkat. Selain itu, kesibukan juga menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan masyarakat memilih untuk membeli makanan di luar.

Bagi Anda yang memiliki jiwa berbisnis, hal tersebut tentu merupakan peluang yang sangat besar untuk dijalankan. Namun, Anda juga harus tahu makanan apa saja yang menjadi kesukaan masyarakat. Berikut beberapa contoh usaha kuliner dibulan Ramadhan dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan

Daftar Juga : Kursus Membuat Kue untuk Hari Lebaran dan Bisnis Kue

Menjual Buah Kurma

Buah yang berasal dari Tanah Suci ini memang merupakan menu khas yang selalu ada di Bulan Ramadhan. Meskipun hanya makanan yang ada saat waktu tertentu dan bukanlah makanan asli Indonesia, ternyata buah kurma disukai oleh semua kalangan di Indonesia.

Tingginya permintaan buah kurma di bulan Ramadhan tentu menjadi peluang usaha besar bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner di bulan Ramadhan.

Aneka Macam Kue

Walaupun bulan Ramadhan baru berjalan beberapa hari, nyatanya pesanan akan kue kering dibeberapa toko sudah membludak. Anda tentu tidak ingin kan kehilangan peluang besar ini?

Banyaknya pengusaha kue kering membuat Anda harus bekerja ekstra. Namun, Anda tetap tidak boleh menyerah dengan persaingan yang ada. Persaingan hanya bumbu dari setiap bisnis yang dijalankan.

Buatlah sesuatu yang berbeda dan unik dari pengusaha kue lainnya, agar kue kering yang Anda buat bisa dilirik oleh masyarakat. Jika kue kering yang Anda buat hanyalah kue kering biasa, maka kemungkinan untuk mendapatkan untung besar akan hilang begitu saja.

Minuman Dingin

Minuman dingin seerti juice dan es buah merupakan jenis minuman yang paling banyak dicari saat bulan Ramadhan tiba. Membuka usaha minuman dingin merupakan jenis usaha yang sangat mudah. Anda tak perlu repot-repot memasak karena Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan dengan air dan es.

Makanan Manis

Selain buah kurma, makanan manis juga mencadi incaran masyarakat yang ingin berbuka puasa. Anda bisa memilih kolak, kue basah, atau pun menu penutup seperti puding sebagai menunya.

Aneka Gorengan

Tak hanya makanan manis, makanan gurih dan krispi ini juga menjadi salah satu menu yang wajib hadir saat berbuka puasa. Jualan aneka gorengan yang banyak dicari seperti pisang goreng, bakwan, atau tahu goreng. Hal ini dilakukan agar makanan yang Anda jual bisa cepat laku terjual.

Lauk Pauk dan Sayur

Usaha kuliner lain yang bisa Anda jalankan di bulan Ramadhan ialah lauk pauk dan sayuran. Sebagian masyarakat kerap kali merasa malas untuk memasak makanan sahur. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual lauk pauk dan sayuran.

Baca Juga : Berniat Buka Usaha Kuliner Pinggir Jalan? Perhatikan Dulu Risiko Ini

Usahakan untuk menjual jenis makanan yang tahan lama dan tidak cepat basi agar pelanggan Anda bisa mengkonsumsinya saat sahur tiba.

Cara Promosi Agar Dagangan Laku di Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, lokasi usaha strategis biasanya banyak tersedia. Anda bisa memanfaatkan lokasi tersebut sebagai tempat Anda berjualan. Selain memanfaatkan lokasi yang strategis, buat lah sistem antar yang belum banyak dilakukan oleh para pebisnis lain.

Jika Anda menerapkan sistem tersebut, maka pelanggan akan semakin terbantu dan puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Ingatlah bahwa pelayanan yang baik akan mendatangkan banyak pelanggan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here