Bisnis kuliner cilok kuah

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Mau memulai usaha kuliner? Kenapa tidak coba usaha kuliner cilok kuah. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini memang menjadi favorit semua kalangan. Resep ini dapat menjadi referensi Anda sebelum memulai usaha cilok kuah.

Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Cilok dengan Bakso Aci Colok

Resep Cilok Kuah

Bahan-Bahan

¼ Kg Tepung Kanji

1 Gelas Tepung Terigu

Penyedap Rasa Secukupnya

2 Siung Bawang Putih

1 Sdt Merica

Air Hangat

Bahan untuk Kuah

4 Siung Bawang Merah

2 Siung Bawang Putih

½ Gelas Air

Jeruk Nipis

1 Ikat Daun Bawang

5 Buah Cabai Rawit (Optional)

Garam

Gula

Merica

Cara Membuat

  1. Campur tepung kanji dan sedikit tepung terigu, serta penyedap rasa
  2. Tambahkan bawang putih dan merica ke dalam adonan
  3. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambal diuleni sampai kalis
  4. Siapkan air mendidih, bentuk adonan menjadi bulat
  5. Rebus cilok sampai mengambang lalu tiriskan
  6. Untuk membuat kuah, haluskan bawang merah dan bawang putih, dan cabai. Tambahkan sedikit air
  7. Tumis bumbu -bumbu tersebut, lalu masukkan air lagi.
  8. Tambahkan potongan daun bawang dan penyedap
  9. Masukkan cilok yang tadi telah dibuat
  10. Aduk rata dan sajikan

Tips Agar Adonan Cilok Matang Sempurna

Pastikan perbandingan antara sagu dan terigunya seimbang. Jika terlalu banyak sagu, cilok akan terasa alot. Sedangkan jika terlalu banyak terigu, cilok akan menjadi keras.

Saat akan menambahkan air ke dalam adonan, lakukanlah secara sedikit demi sedikit. Jika Anda menuang air terlalu banyak, nantinya adonan akan mebjadi terlalu encer dan lengket ditangan sehingga akan sulit dibentuk.

Begitu pula saat perebusan cilok, agar cilok matang dengan sempurna dan teksturnya bagus, pastikan bahwa Anda baru mulai merebus cilok saat air sudah benar-benar mendidih. Cilok yang terlalu lama direbus akan menyebabkan cilok menjadi lembek.

Tips Menyimpan Tepung Terigu dan Tepung Kanji

Jika Anda membuka usaha cilok kuah, maka Anda harus menyediakan stok tepung. Agar stok tepung yang Anda miliki dapat bertahan lama, perhatikan cara penyimpanan berikut ini

Tutup Rapat Kemasan atau Masukkan Kedalam Wadah

Jika disimpan ditempat terbuka, tepung bisa berbau tengik dan tidak enak lagi untuk dikonsumsi. Pastikan Anda menutup rapat kemasan atau wadahnya setelah menggunakan tepung tersebut.

Simpan di tempat Gelap dan Kering

Tepung jenis apapun sangatsensitif terhadap air. Jika terkena sedikit saja, tepung akan menggumpalkan dan lembab. Jauhkan juga dari tempat yang panas dan sinar matahari langsung karena suhu yang panas akan mengubah kualitas tepung.

Memulai Usaha Cilok Kuah

Cara Memulai

Jika Anda memutuskan untuk memulai usaha cilok, menjalankan usaha cilok dapat dijalnkan dengan modal kecil. Modal yang dikeluarkan dan cara pembuatannya sangatlah mudah.

Baca Juga: Inovasi Kuliner, Usaha Makanan Olahan Tempe yang Jarang

Konsumen

Konsumen Anda nantinya akan berasal dari semua kalangan. Cilok kuah ini sangat digemari semua orang, terutama saat musim hujan. Pilihlah lokasi yang strategis agar memudahkan Anda menemukan pelanggan

Strategi Pemasaran

Agar dapat menjalankan pemasaran, perlu dilakukan beberapa strategi salah satunya adalah promosi. Promosi dapat dilakukan dengan cara membicarakannya ke banyak orang. Cilok yang Anda buat harus enak agar semua orang dapat diperbincangkan oleh orang banyak. Selain itu, manfaatkan media sosial sepeti facebook, instagram, dan twitter.

Membuka usaha kuliner cilok kuah memang terbilang usaha yang mudah karena tidak memerlukan bahan yang sulit serta modal yang besar. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang baru saja merintis dunia bisnis. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × four =

88 − = 81