Usaha Bento Rumahan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Jika usaha kuliner rumahan biasanya identik dengan catering makanan. Maka tak ada salahnya jika Anda mencoba usaha yang satu ini, yaitu usaha bento rumahan. Makanan yang berasal dari Jepang ini sebenarnya hampir mirip dengan catering, hanya saja bento disajikan lebih praktis dan diberi hiasan agar tampilannya lebih menarik.

Dalam satu paket bento biasanya berisi nasi, lauk pauk, dan sayuran. Jenisnya dapat disesuaikan dengan menu yang dibuat atau sesuai dengan pesanan pembeli. Bento bisa dijadikan menu bekal untuk anak-anak karena bentuknya yang lucu dan berbeda-beda setiap harinya.

Baca Juga: Belajar Membuat Berbagai Macam Makanan untuk Usaha Makanan dalam Pelatihan Makanan GTC

Peluang Bisnis Bento

Peluang bisnis bento terbilang bagus dan menjanjikan karena dapat menjadi pilihan makanan bekal yang praktis dan menarik. Ditambah lagi, bisnis bento dapat dilakukan di rumah sehingga tak perlu modal tambahan untuk penyewaan tempat.

Prospek Dalam Menjalan Bisnis

Dapat dikatakan prospek usaha bento ini cukup cemerlang karena binis ini bergerak dibidang kuliner. Seperti yang diketahui bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sehingga dengan membuka usaha kuliner bento, Anda tak perlu khawatir soal pembeli.

Konsumen

Konsumen bento memang kebanyakan dari kalangan anak-anak, namun tak jarang juga adanya pembeli dari kalangan dewasa.

Bahan Baku

Dalam pembuatan bento, bahan baku yang diperlukan cukup beragam sesuai dengan menu yang dibuat. Misalnya nasi, sayur-sayuran, lauk pauk seperti ikan, tempe, ayam, sosis, bakso, telur dan beberapa bahan yang dapat dijadikan hiasan seperti nori.

Modal Usaha

Perhitungan modal dibawah ini berdasarkan riset penulis yang didapatkan dari salah satu pelaku bisnis bento yang telah menjual 400 bento.

Lauk Pauk : Rp. 1.105.000

Sayuran : Rp. 528.000

Bumbu-bumbu: Rp 500.000

Boks: Rp 1.500 x 400 = Rp 600.000

Total: Rp 2.473.000

Omzet: 400 x Rp 15 ribu = Rp 6 juta

Keuntungan: Rp 6 juta – Rp 2.973.000 = Rp 3.027.000

Harga Jual

Seperti perhitungan yang telah dijabarkan diatas, harga jual bento berkisar Rp.15.000. Anda dapat menyesuaikan harga jual dengan modal yang telah Anda keluarkan.

Baca Juga: Usaha Makanan Modal Kecil dan Minim Resiko untuk Pemula

Keuntungan Menjalankan Bisnis Bento

Keuntungan dalam menjalankan binis bento adalah peluang bisnis yang selalu terbuka karena makanan merupakan kebutuhan masyarakat yang harus selalu terpenuhi.

Kekurangan Menjalankan Bisnis Bento

Bahan-bahan pokok bento harus selalu mengikuti harga pasar membuat penentuan harga menjadi lebih sulit.

Dari beberapa ulasan diatas, menjalankan bisnis bento tergolong lebih mudah dalam mencari peluang pasar. Jika Anda ingin memulai bisnis bento, ada baiknya terlebih dahulu memikirkan konsep bento yang akan Anda buat agar nantinya memudahkan Anda dalam membuat bento.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

31 − 30 =