usaha hewan ternak yang menguntungkan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha hewan ternak– Indonesia yang kaya akan sumber daya alam perlu kita manfaatkan dan pelihara dengan baik. Hewan maupun tumbuhan yang hidup dan tumbuh ditanah Indonesia biasanya dapat dijadikan sebagai ladang bisnis.

Meskipun dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, tak semua hewan dan tumbuhan bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Indonesia saat ini membutuhkan puluhan ribu pengusaha baru untung mendukung perekonomian di Indoesia.

Di Indonesia sendiri tercatat banyak pengusaha kisaran 2% dari seluruh jumlah total penduduk Indonesia. Salah satu pengusaha yang dibutuhkan di Indonesia adalah pengusaha hewan ternak. Semua orang membutuhkan hewan ternak untuk dikonsumsi, namun sedikit sekali yang menjadi pemasok hewan ternak.

Baca Juga: Tempat Pelatihan Usaha Dimsum, Belajar Dimsum Halal, Mudah, Praktis, Untuk Bisnis Dimsum

Pengusaha kuliner kini semakin menjamur dan bahkan tak ada matinya. Namun yang memasok bahan bakunya sangat terbatas. Ini disebabkan karena kurang banyak yang meminati dunia ternak, atau kurangnya keahlian dan wawasan mengenai dunia ternak.

Jenis Hewan Ternak Yang Mendatangkan Keuntungan

Tak hanya ternak lele,ayam, kambing dan sapi saja. banyak sekali jenis hewan yang bisa diternak dn bahkan mendatangkan keuntungan yang begitu besar. Apa saja ya? Yuk simak ulasan berikut.

Ternak Sapi

Sapi adalah salah satu hewan ternak terpopuler. Apa yang membuat sapi populer didunia hewan ternak? Yaps, alasannya adalah banyak olahan makanan dari sapi, seperti bakso, rendang, merupakan makanan-makanan yang populer di nusantara. Tak hanya itu, sapi juga bermanfaat dan berdampak pada tubuh manusia.

Permintaan pasar terhadap daging sapi dengan pasokan daging sapi ke pasar tidak sebanding. Maka itulah penyebab daging sapi perkilo dijual dengan harga yang mahal. Dengan memperbanyak pasokan daging sapi dapat mengurangi dampak impor   daging dari luar negeri.

Sapi dijual dengan harga yang mahal, apalagi pada waktu-waktu tertentu. Seperti halnya setiap tahun pengadaan hari raya qurban, peternak sapi selalu dicari.

Ternak Burung

Berternak burung memanglah menguntungkan. Namun untuk menjalaninya tak semudah yang dibayangkan, dan tak semua jenis burung bisa dipelihara. Pemerintah juga melindungi populasi burung dan beberapa hewan lainnya yang hampir punah.

Syarat untuk menjalani bisnis peternakan burung adalah dapat megetahui kondisi yang dirasakan burung dan rajin memandikan dan memberikan pakannya. Ternak burung masih menjadi tren di Indonesia  dan harga jualnyapun mencapai jutaan rupiah.

Ternak Kambing

Kambing adalah salah satu jenis hewan ternak yang menjadi alternatif hewan ternak setelah sapi. Usaha ternak kambing tidak terlalu rumit, cukup dengan memberikannya makanan rumput  sebagaimana memelihara sapi.

Keuntungan yang didapatkan dalam menjalani bisnis ternak kambing lumayan besar. Apalagi jika pada saat hari raya qurban, dan pasokan bahan mentah untuk usaha kuliner lainnya. Menjalani usaha ternak kambing sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin menjalani.

Pakan Alternatif Yang Cocok Untuk Kambing

Pakan adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha ternak kambing. Daya konsumsi kambing biasanya cukup banyak, namun lahan yang tersedia semakin menipis. Maka dari itu,perlu adanya persiapan pakan alternatif.

Pakan alternatif yang bisa dibuat dengan gedebok pisang, jerami, singkong, dedak halus, dan ampas tahu.Untuk menbuat pakan alternatif ini sulit, cukup hanya mencampurkan beberapa bahan kimia saja. Sebelum diberikan kepada ternak biasanya harus tunggu beberapa waktu terlebih dahulu.

Ternak Ayam Petelur

Menjalanai usaha ternak ayam petelur sama seperti bertenak hewan lain. Konsumsi telur di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Tak hanya diolah menjadi menu telur yang biasa dikonsumsi, telur juga banyak digunakan untuk bahan baku untuk adonan yang lain dan lain-lain. Dan tak kalah lagiu, bahwa untuk menjalani usaha bakso, ayam petelur sangat cocok digunakan sebagai bahan baku nya.

Usaha ternak ayam petelur tergolong mudah, karena hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Tidak perlu untuk mengeluar dan memasukkan ayam kedalam kandang.

Ternak Ayam Negeri

Jenis peluang usaha ini masih banyak dilirik oleh para pengusaha muda. Namun tidak sedikit juga pengusaha yang beralih dari usaha ini, karena kurangnya wawasan mengenai pemeliharaan hewan ternak.

Kita tahu bahwa negara ini masih sangat membutuhkan ayam negeri. Ayam negeri lebih dikenal dengan panggilan ayam potong dengan jumlah yang banyak. Kebutuhan ayam potong ini untuk menyuplai ke restoran-restoran, hotel, dan tempat kuliner lainnya.

Baca Juga: Pelatihan Cara Membuat Yoghurt, Pada Kursus Membuat Yoghurt Untuk Menjalani Bisnis Yoghurt

Menjalani usaha ternak ayam negeri mendatangkan keuntungan. Mengapa demikian? Karena usaha kuliner selalu ada dan tak akan ada matinya selama manusia masih hidup dibumi ini. Karena semua orang butuh mengonsumsi sesuatu setiap waktunya. Maka dari itu akan banyak sekali membutuhkan pasokan bahan makanan.

Ternak Ayam Kampung

Tekstur dagingnya biasanya terasa agak lebih kerasdan padat. Ternak ayam membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan ternak ayam negeri. Namun banyak sekali orang yang menyukai daging ayam kampung.

Pengusaha ternak ayam kampung hanyalah pengusaha tertentu saja. Jenis ayam kampung yang paling banyak dipelihara adalah ayam bangkok. Ayam bangkok yang biasanya digunakan untuk pertarungan dilingkup pasar tradisional.

Ternak Ikan Lele

Ternak lele merupakan suatu bisnis yang bisa dijalankan sendiri ataupun untuk usaha sampingan (freelance). Hanya memerlukan waktu kurang dari 3 bulan, ikan lele sudah siap untuk dipanen.  Jika proses budidaya nya dilakukan dengan cara yang modern maka ikan lele dapat dipanen lebih cepat.

Ternak Ikan Nila

Ternak ikan nila merupakan salah  satu bisnis yang mudah dan menguntungkan. Ikan nila senang hidup di air mengalir, dan harga yang ditawarkan perkilo cukup mahal  jika sudah sampai di pasar. Banyak sekali restoran, rumah makan, dan tempat-tempat usaha kuliner lainnya yang membutuhkan pasokan ikan nila.

Jika Anda menjalani usaha ternak ikan nila, dan menjadi supplier ikan nila disebuah usaha kuliner, maka Anda harus komitmen untuk memasok ikan nila secara continue atau berkelanjutan.

Ternak Ikan Gabus

Usaha ikan gabus tak banyak yang menjalaninya, mungkin dalam satu kota hanya ada beberapa pengusaha yang menjalani usaha ikan gabus. Diketahui ikan gabus dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Baca Juga: Bikin Kue Klaappertaart untuk Bisnis, Omzetnyapun menjanjikan!

Kandungan protein dan vitamin lainnya baik untuk pertumbuhan anak-anak. Pengusaha ikan gabus banyak menyuplai ikan gabus ke beberapa tempat usaha kuliner seperti toko kue, atau produk makanan lainnya, dan bahkan bisa dimakan langsung `

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

77 − = 72