usaha yang mudah, murah, dan menguntungkan untuk para pensiun dalam mempersiapkan masa pensiunan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Daftar usaha untuk mempersiapkan masa pensiunan yang mudah dan menguntungkan– Setelah memasuki usia tertentu, pensiun tentu akan dialami oleh semua orang yang bekerja, baik itu karena faktor apapun yang mengharuskan Anda untuk berhenti bekerja. Namun bukan berarti berhenti menjadi seorang yang produktif.

Sebagian orang mengkhawatirkan masa pensiunan ini. Mengapa demikian? Karena kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kekhawatiran ini perlu disiasati dengan cara menjalani suatu usaha yang tentunya mudah, murah, dan menguntungkan. Tak perlu khawatir disini kami akan membahas tentang usaha yang dapat dijalankan oleh calon pensiun atau para pensiunan.

Baca Juga: Pelatihan Cara Membuat Yoghurt, Pada Kursus Membuat Yoghurt Untuk Menjalani Bisnis Yoghurt

Usia pensiun bukanlah penghalang untuk terus berkarya. Namun Anda harus tepat dalam memilih jenis usaha yang akan dijalani pada usia pensiun. Manfaatkan pengalaman kerja Anda untuk terus berkreasi, berkarya dan menghasilkan. Baik pada usaha kuliner,non kuliner, ataupun waralaba.

5 Usaha Untuk Calon Pensiun Dan Para Pensiunan

Pensiun berarti seseorang yang berhenti bekerja karena faktor usia. Karyawan yang sudah lanjut usia diberi kebijakan untuk diberhentikan dalam bekerja sebagai PNS atau karyawan lainnya. Berikut solusi calon pensiun atau para pensiunan, yakni dengan cara menjalani usaha.

Usaha Bidang Agrobisnis

Masa pensiun tentu akan memiliki banyak waktu luang dari biasanya. Waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan dengan menanam tanaman palawija, seperti tomat, cabai, terong, menrimun, atau tanaman hias.

Apalagi jika Anda memiliki lahan yang luas. Ets, namun jangan khawatir bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas, Anda dapat melakukan tanaman budidaya dengan cara modern, seperti tanaman hidroponik, atau hortikultura.

Usaha Rumah Kosan Atau Kontrakan, Investasi Properti Minim Kerugian

Bisnis rumah kosan atau kontrakan memang memiliki keuntungan yang bisa dinikmati dalam jangka waktu yang sangat panjang. Namun untuk usaha yang satu ini, Anda memang harus mempersiapkan modal yang terbilang cukup banyak.

Akan lebih mudah jika usaha ini Anda persiapkan dalam sebelum memasuki masa pensiunan. Mungkin saat bekerja Anda bisa menabung sebagai modal usaha dalam mempersiapkan  masa pensiunan ini. Nah, pada waktu pensiunan telah tiba, usaha rumah kosan atau kontrakan telah siap, maka artinya Anda hanya perlu menunggu hasil dari sewa kosan atau kontrakan tersebut.

Untuk usaha ini, tergolong pada jenis investasi yang minim kerugian. Namun, Anda hanya perlu memperhatikan lokasi yang strategis untuk usaha rumah kosan .atau kontrakan Anda. Selain itu, Anda perlu menganalisa usaha dengan cermat.

Membuka Bimbingan Belajar Pasca Pensiun

Usaha untuk mempersiapkan masa pensiunan salah satunya adalah membuka bimbingan belajar. Apalagi bagi Anda yang berkecimpung didunia pendidikan, maka pada saat pensiun dapat dijadikan sebagai suatu pelaung usaha dimasa pensiunan.

Usaha jenis  ini memiliki prospek yang cukup bagus untuk dijalankan, terlebih lagi bagi Anda yang tinggal didaerah perkotaan  dan memiliki kridibilitas yang baik. Karena sekarang banyak lembaga bimbel yang hadir  dengan bayaran yang mahal. Nah Anda dapat menawarkan harga yang lebih bersaing.

Membuka Jasa laundry  Kiloan

Jasa laundry kiloan merupakan suatu usaha yang bisa dijalankan oleh para pensiun. Sistem kerja dengan cara mempekerjakan beberapa orang dalam usaha laundry Anda. Bahkan dengan modal kecil sekalipun usaha ini dapat dijalankan.

Seperti bisnis pada umumnya, Anda hanya membutuhkan promosi untuk mengenalkan usaha jasa laundry Anda. Misal dengan membuat banner, menyebar pamphlet dan lain-lain. jangan lupa untuk memberikan kelebihan tertentu pada usaha jasa laundry Anda.

Usaha Reseller Atau Dropshipper Dengan Resiko Kerugian Rendah

Banyak market place yang hadir dan membutuhkan jasa reseller atau dropshipper . Usaha yang satu ini dapat anda jalankan tanpa modal, dan resiko rugi tentu sangat rendah. Dengan sistem ini Anda tak perlu stok barang.

Baca Juga: Kursus Rice bowl, Tempat Pelatihan Usaha Rice Bowl Di Bandung

Usaha ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha setelah masa pensiun. Cukup dengan hanya memiliki modal kemampuan marketing Anda bisa menjadi reseller suatu produk.

Demikianlah jenis usaha  yang bisa Anda jalankan pada masa pensiun. Dan jangan lupa untuk selalu berusaha dan terus berkarya diusia senja. Tak ada yang menghalangi untuk terus berkarya. Selamat mencoba dan semangat terus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 36 = 45