kedai kopi

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Jika dulu minum kopi terkesan sangat kuno dan tua, sekarang minum kopi sudah menjadi tren budaya di Indonesia. Penikmatnya beragam, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa, tua maupun muda. Karena kepopulerannya itulah, bisnis kedai kopi semakin menjamur di Indonesia. Keberadaannya bahkan bisa ditemukan disetiap sudut kota.

Meski memiliki banyak penggemar, nyatanya membuka kedai kopi tak semudah menyeduh kopi di dalam cangkir. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan agar bisnis kopi tidak berhenti di tengah jalan dan berakhir sia-sia. Contoh saja kedai kopi Kulo, meski baru berdiri bisnis ini berhasil merajai pasar bisnis minuman kopi di Jakarta.

Apa yang mereka lakukan pada bisnisnya? Nah bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis kedai kopi maupun yang baru ingin membuka coffee shop, ini tips ampuh yang bisa Anda lakukan agar punya banyak pengunjung layaknya Kopi Kulo.

Lokasi yang Strategis

Menjalankan bisnis apapun, pasti butuh lokasi yang strategis. Lokasi strategis menjadi salah satu hal yang menentukan apakah bisnis Anda akan berkembang. Pengunjung akan senang jika lokasi kedai kopi lebih mudah ditemukan dan dapat dijangkau oleh banyak akses.

Sebaiknya Anda memilih lokasi yang berdekatan dengan banyak orang. Misalnya dengan mencari lokasi yang berdekatan dengan kampus, pusat perbelanjaan, sekolah, atau pun pusat perkantoran.

Konsep dan Desain Kedai Kopi

Konsep bisnis menjadi salah satu hal yang penting. Selain menjadi sebuah identitas bagi bisnis Anda, konsep dan desain juga dapat membantu menarik konsumen. Jika banyak konsumen yang tertarik, maka akan semakin mudah pula bagi Anda untuk mengembangkan bisnis minuman tersebut.

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa apapun konsep dan desain yang Anda gunakan, Anda tetap harus mementingkan kenyamanan. Para penikmat kopi butuh ruang yang nyaman dan santai untuk menikmati kopinya.

Tawarkan Harga yang Bersahabat

Merancang harga sama dengan merancang produk. Penentuan harga harus berdasarkan siapa sasaran pasar Anda. Jangan asal menetukan harga yang tinggi jika coffee shop tidak memberikan produk, layanan, dan fasilitas yang sesuai. Sebaliknya, jangan memberikan harga yang terlampau rendah karena akan berpengaruh pada keuntungan bisnis minuman Anda.

Pelayanan dan Fasilitas

Tak kalah penting, pelayanan dan fasilitas akan menjadi daya tarik bagi para pelanggan. Pelanggan akan betah dan nyaman jika Anda memberikan pelayanan yang baik dan ramah.

Meski tempat nongkrong, fasilitas yang ada juga harus diperhitungkan. Misalnya saja tempat ibadah dan koneksi internet. Koneksi internet juga menjadi fasilitas yang cukup diperhitungkan. Anda harus menyediakan akses internet yang cepat dan stabil seperti layanan WiCo 2.0 dari Telkom.

WiCo 2.0 menyediakan akses internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps kepada para pelanggan yang datang. Selain memberikan kecepatan internet hingga 100 Mbps, WiCo 2.0 juga memberikan manfaat, antara lain :

  • Kecepatan akses internet yang tinggi bisa meningkatkan daya tarik kedai kopi Anda
  • Anda akan mendapatkan fee dari penjualan voucher WiCo 2.0
  • Koneksi internet 7 x 24 jam dan bebas biaya bulanan

Selain banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, WiCo 2.0 juga akan memberikan Anda sejumlah fasilitas berupa acces point, dashboard untuk monitoring bisnis WiCo 2.0 Anda, Welcome Page yang bisa Anda disesuaikan dengan permintaan Anda, promosi lokasi di berbagai media promosi, dan masih banyak beberapa fasilitas lainnya yang akan Anda dapatkan.

Bisnis kedai kopi telah menjadi jenis bisnis minuman yang menjanjikan. Hal terpenting dari beberapa tips diatas adalah Anda juga harus mempelajari bagaimana cara kompetitor menjalankan bisnisnya. Jadikan sebagai salah satu acuan agar bisa lebih berkembang dari sebelumnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

42 − = 40