Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha makanan beku atau frozen food adalah salah satu usaha yang menjanjikan untuk dijalankan di rumah. Alasannya karena permintaan konsumen akan produk ini lebih banyak adalah keluarga, sehingga kita bisa menjadikan tetangga di lingkungan sekitar sebagai target pasar yang potensial. Namun agar produk Anda bisa dikenal oleh konsumen Anda tetap harus membuat startegi bisnis. Hal ini juga dapat memastikan supaya produk Anda bisa bersaing dengan produk lainnya. Kalau Anda berniat mulai usaha ini, berikut beberapa tips untuk jalankan usaha frozen food rumahan.

Menentukan produk yang akan dijual

Di pasaran, mungkin sudah ada puluhan bahkan ratusan produk makanan beku dengan merek yang beragam. Semakin banyaknya pilihan yang diberikan ke konsumen ini bukan hal yang bagus atau menguntungkan buat Anda. Justru karena semakin banyak produk makanan beku yang telah beredar sekarang ini, mengharuskan Anda untuk membedakan diri dengan yang lain. Dalam kata lain Anda harus buat sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada agar bisa mendapatkan perhatian konsumen.

Baca Juga: Usaha Makanan Khas Korea Terlaris se-Indonesia

Caranya bisa dengan menentukan produk makanan beku yang akan dijual. Sekarang ini banyak sekali yang menjual makanan beku seperti nugget, kornet, sosis dan lainnya. Alih-alih buat nugget biasa atau kornet pada umumnya. Anda bisa tambahkan sesuatu di produk Anda, misalnya buat nugget isi keju atau irisan abon, selain itu banyak makanan beku unik yang bisa dijual.

Alokasikan modal ke peralatan yang sangat penting

Peralatan untuk memulai bisnis ini tidak murah oleh karena itu Anda harus bisa menyiasatinya. Anda tidak perlu membeli semua peralatan yang berharga mahal, Anda bisa gunakan apa yang sudah ada. Misalnya untuk freezer, Anda bisa manfaatkan kulkas di rumah sebagai tempat penyimpanan sementara. Selain itu, bila Anda membutuhkan mesin giling daging Anda bisa gunakan blender untuk menghaluskan daging.

Lalu modal perlu kita salurkan untuk membeli peralatan apa? Gunakan modal untuk membeli peralatan yang belum Anda miliki misalnya seperti mesin pembuat bakso atau sosis. Kedua alat tersebut sangat dibutuhkan untuk memudahkan proses produksi Anda nntinya.

Strategi pemasaran bisnis makanan beku

Meski target pasarnya luas dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat dengan segmen yang berbeda-beda bukan berarti Anda bisa santai menunggu konsumen. Justru Anda perlu strategi pemasaran yang jitu untuk menjangkau konsumen tersebut. Bagi kebanyakan orang cara pemasaran yang paling ampuh adalah melalui sistem jual beli langsung, di mana pembeli membeli produk langsung di toko. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pemasaran kini bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan layanan internet yang sudah semakin maju.

Pemasaran melalui internet bisa dilakukan menggunakan berbagai macam platform, seperti media sosial, forum maupun website. Namun sebelum Anda melakukannya, kita harus sudah mempertimbangkan kesiapan Anda bila suatu saat datang pesanan dalam jumlah yang besar. Karena tidak sedikit pengusaha kuliner yang pemasarannya melalui online kerepotan saat menerima pesanan dalam jumlah yang besar. Untuk itu, pastikan dahulu Anda sudah siap baik secara produksi maupun pelayanannya baru mulai berjualan secara online.

Baca Juga: 8 Usaha atau Bisnis Franchise Makanan Murah dan Unik

Mulai urus lisensi makanan

Dewasa ini konsumen semakin jeli memilih mana makanan yang berkualitas baik dan yang tidak. Untuk itu, selain enak dan nikmat produk yang Anda miliki juga harus menggunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi. Meskipun komposisi makanan yang aman sudah tertera pada label tidak sedikit konsumen yang masih meragukan produk karena tidak ada lisensi makanannya. Nah, itulah mengapa Anda harus mengurus lisensi makanan sepereti izin PIRT, BPOM dan lisensi halal dari pihak terkait. Dengan begitu produk yang Anda kembangkan akan memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Pilih metode pengiriman yang tepat untuk makanan beku Anda

Jika Anda memutuskan untuk berjualan makanan beku secara online Anda tentu harus pertimbangkan sistem pengriman produk yang tepat. Hal ini karena makanan beku pada dasarnya tidak bisa disimpan terlalu lama di kondisi ruangan normal. Jadi, pertimbangkan cara pengirimannya apakah Anda ingin pengiriman kilat atau menggunakan truk freezer untuk menjaga ketahanan produk.

Peluang bisnis makanan beku termasuk ke dalam golongan usaha yang cukup menjanjikan bila digeluti secara serius. Tidak mengherankan, sebab kini permintaan konsumen akan makanan ini makin meningkat. Oleh karena itu, bila kita kembangkan mulai dari produknya, cara pemasaran dan juga layanannya bukan tidak mungkin omzet yang akan didapatkan bisa sampai berpuluh-puluh juta perbulan. Nah, mengetahui hal ini mungkin di antara Anda ada yang ingin coba geluti bisnis di bidang satu ini? Kalau ada, tidak ada salahnya mulai sekarang juga dan terapkanlah beberapa tips jalankan bisnis frozen food di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

77 − 72 =