usaha kue rumahan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Berbisnis kuliner tidak harus dilakukan ditempat khusus, Anda juga bisa melakukannya dirumah. Salah satunya yaitu usaha kue rumahan. Kue merupakan makanan yang akan selalu ada di setiap perayaan-perayaan tertentu.

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kue, tak ada salahnya jika kelebihan Anda tersebut dijadikan sebagai peluang usaha. Namun,keahlian dalam membuat kue saja tidaklah cukup, Anda juga harus mengatur cara agar usaha kue rumahan Anda dilirik dan berjalan dengan lancar, berikut tipsnya

Baca Juga : Usaha Kuliner yang Mudah, Bisnis Donat Bisa jadi Pilihan

Inovasi Produk

Usaha kue rumahan bukanlah suatu bisnis baru. Penggiat usaha ini memang sudah cukup banyak. Artinya Anda diharuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda seperti melakukan inovasi produk. Keluarkan kreativitas Anda agar tercipta inovasi produk yang dapat menggugah keinginan masyarakat untuk membelinya. Misalnya Anda bisa membuat bentuk yang unik, atau varian rasa yang tidak biasa.

Kemasan yang Menarik

Berikan kemasan yang menarik. Jangan sampai inovasi produk Anda tidak dilirik hanya karena pelanggan tidak tertarik dengan bentuk kemasan yang Anda berikan. Sudah banyak bentuk toples menarik yang beredar dipasaran. Lakukan kerjasama dengan pembuat toples jika Anda menginginkan jenis toples yang berbeda.

Membaca Selera Pasar

Membaca selera pasar dapat membantu Anda dalam membuat jenis kue apa yang akan Anda buat. Cari tahu jenis kue apa yang sedang menjadi tren dikalangan masyarakat karena biasanya pelanggan akan cenderung membeli kue yang sedang terkenal dan banyak dibicarakan.

Cara Memasarkan Kue

Ada banyak cara untuk memasarkan kue. Anda bisa memasarkannya melalui orang teedekat terlebih dahulu dan buktikan bahwa pemesanan tidak akan mengecewakan. Selain itu, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai media pemasaran Anda.

Jika usaha kue ruamahan Anda sudah cukup berkembang, Anda bisa melebarkan sayap dengan cara menitipkan produk kepada supermarket atau toko-toko pembuatan parsel.

Tidak Berlaku Curang

Bisnis ini memang rentan terhadap penggunaan bahan pengawet dan pewarna. Jangan sampai Anda tergiur dengan penggunaan bahan-bahan tersebut. Penggunaan pengawet dan pewarna hanya akan memperburuk kualitas kue yang Anda buat. Selain itu, Anda juga kan kehilangan kepercayaan pelanggan.

Menerima Masukkan Pelanggan

Tampunglah masukan dari pelanggan dan jadikan sebagai cara untuk memajukan usaha kue Anda. Masukan dari pelanggan sangatlah berarti untuk Anda, agar dapat memperbaiki kualitas usaha kue Anda.

Baca Juga : Tempat Kursus Membuat Cupcakes di Jakarta

Manfaatkan Moment

Penjualan kue biasanya akan sangat meningkat disaat perayaan besar. Manfaatkanlah moment tersebut dan jadikan sebagai ajang untuk mempromosikan produk Anda. Berikan harga promosi agar pelanggan Anda semakin tertarik.

Menjaga Kualitas Produk

Untuk menjaga kualitas produk, maka gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas. Perhatikan cara pembuatan hingga cara packing yang baik agar kue yang Anda buat tidak hancur ddan tetap dalam keadaan baik ketika sampai ditangan pelanggan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar usaha kue rumahan Anda berjalan dengan lancar. Meski hanya berawal dari usaha rumahan, bukan berarti usaha Anda tidak bisa berkembang suatu saat nanti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 1 =