Terasi Udang Atau Terasi Ikan Memiliki Potensi Usaha Yang Baik Untuk Dijalankan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Terasi  merupakan salah satu hasil olahan dari udang dan ikan yang pada umumnya digunakan untuk bumbu dapur seperti sambal. Terasi udang maupun terasi ikan sudah banyak dikenal oleh masyaarakat Indonesia bahkan digunakan untuk bumbu masakannya.

Kedua jenis terasi ini sangat disukai karena aroma yang dihasilkan pada makanan membangkitkan selera makan. Begitupun dengan peluang bisnis untuk kedua terasi ini sangat terbuka lebar jika Anda ingin terjun didalamnya. Denagn menjalankan kegiatan usaha terasi udang  dan terasi ikan. Apalagi bagi Anda yang berdomisili didaerah pantai.

Baca Juga: Bisnis Pempek, Bisnis Dengan Peluang Yang Menjanjikan. Buruan Coba! 

Terasi Udang

Terasi udang merupakan hasil olahan yang terbuat dari fermentasi udang. Berbentuk seperti adonan atau pasta dan berwarna hitam hingga berwarna coklat. Untuk menjadikan warnanya kemerahan ditambahkan pewarna.

Udang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki protein tinggi, yaitu sekitar 21%  dan juga rendah kolesterol, vitamin A dan vitamin B. jenis ikan sangat beragam, namun untuk dijadikan sebagai terasi  sebaiknya gunakan udang rebon.

Terasi Ikan

Terasi yang terbuat dari ikan merupakan salah satu pemanfaatan ikan-ikan yang dicampuri garam. Meski terasi ikan terbilang bahan masakan dengan harga murah, namun permintaan pasar untuk terasi sangat tinggi. Nah, dengan demikian tidak perlu diragukan lagi, bahwa barang kecil ini memiliki peluang usaha yang sangat tinggi.

Mutu terasi ikan tergantung dengan bahan mentah ikan yang digunakan. Sebagai pedoman untuk memilih ikan yang baik dan berkualitas berikut ciri-ciri ikan yang segar dan layak dikonsumsi.

Tanda ikan masih segar bisa dilihat dari tekstur dagingnya. Daging yang segar biasanya bertekstur kenyal, mata jernih menonjol, sisik kuat dan mengkilat, warnanya cemerlang, insang ikan berwarna merah, dan bau ikan pun segar.

Berbeda dengan ikan yang sudah tidak layak dikonsumsi alias busuk. Biasanya ciri-ciri ikan yang sudah busuk seperti mata seram, tenggelam dan berwarna kemerahan, daging ikan berlendir tebal, dinding perut lembek, dan tentunya secara keseluruhan suram dan berbau busuk.

Peluang Usaha Terasi Udang Dan Terasi Ikan

Usaha terasi memiiki peluang usaha yang sangat baik untuk dijalankan dan dikembangkan. Mengingat banyak hasil laut yang bisa dieroleh dengan mudah.  Terasi ini merupakan olahan makanan yang terbuat dari makanan laut seperti udang dan ikan yang sangat mudah didapatkan.

Berani Hingga Menembus Pasar-Pasar Yang Lebih Besar

Terasi adalah salah satu bahan maanan yang sangat berperan penting pada masakan orang Indonesia. Setiap harinya perintaan terasi akan terus meningkat. Maka dari itu, menjalani usaha terasi pda pasar tradisional lambat laun pada pasar yang jauh lebih besar. Jika Anda mau, usahakan jual terasi ke supermarket.

Baca Juga: Tempat Pelatihan Usaha Dimsum, Belajar Dimsum Halal, Mudah, Praktis, Untuk Bisnis Dimsum

Penjualan pada pasar-pasar yang lebih mendatangkan keuntungan yang lebih besar, dan tentunya akan lebih banyak dikenal oleh kalangan-kalangan atas. Semakin produk Anda dikenal oleh kalangan atas maka semakin berpeluang bedar bagi usaha Anda untuk berkembang lebih besar lagi.

Demikianlah informasi seputar peluang usaha terasi ikan dan terasi  udang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi usaha olahan hasil laut. Semoga dengan informasi memberikan manfaat kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 3