Peluang Usaha Rumahan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Peluang usaha rumahan makanan ringan seperti makanan olahan aci rupanya cukup menguntungkan. Bisa kita lihat dari banyaknya pelaku usaha yang mulai tertarik menjual berbagai hidangan berbahan dasar tepung kanji, seperti salah satunya cilok atau yang sering juga disebut bakso aci.

Kudapan yang awalnya sering kita temukan di pinggir jalan dengan lingkungan sekolahan ini bahkan naik pangkat dengan adanya peluang usaha bakso aci rumahan yang dijual ditempat makan dan mall-mall besar di daerah perkotaan. Bagaimana sebenarnya peluang usahanya? Yuk kita simak ulasan peluang usaha rumahan makanan ringan satu ini.

Baca Juga: Tren Kuliner Akan Bertahan Sampai 2018 Untuk Inspirasi Bisnis Kuliner 2018

Modal Mulai Usaha Rumahan Cilok

Bisnis jualan bakso aci termasuk peluang usaha makanan rumahan dengan modal kecil dan sudah pasti menguntungkan. Bahan pembuat sajian bakso aci sendiri sangat sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan, seperti daging boleh sayam, sapi, ikan, cumi dan sebagainya, tepung kanji, dan bumbu tambahan lain, lada, garam, bawang putih, bawang merah, dan es batu untuk membuat adonan lebih mudah dicetak.

Untuk membeli bahan-bahannya sendiri, estimasi modal yang Anda butuhkan kira-kira sebesar Rp. 2 juta hingga Rp. 3 juta untuk 30 kali produksi. Dalam kata lain, sebulan Anda menghabiskan modal sebesar itu. berikut rinciannya:

  • Tepung kanji : Rp. 10.000/ kg
  • Daging ayam : Rp. 40.000/ per ekor
  • Tepung terigu : Rp. 10.000/kg
  • Garam : Rp. 3.000/kg
  • Minyak goreng Rp 21.000/kg
  • Bumbu: R.p 4.000

Total = Rp. 90.000 x 30 hari = Rp. 2.700.000 per bulan

Dan modal untuk peralatan membuat bakso acinya rinciannya seperti berikut:

Booth atau etalase untuk jualan : Rp. 1.500.000

Peralatan memasak : Rp. 1.000.000

Kemasan plastik: Rp. 11.000/ 1 pack berisi 70 lembar x 30 : Rp. 330.000

Total: Rp. 2.830.000.

Berarti modal awal yang dibutuhkan yang dibutuhkan berkisar Rp. 5.530.000 untuk produksi selama satu bulan. Setelah itu, modal yang Anda keluarkan cukup biaya membuat bakso acinya saja tanpa harus beli perlengkapnya kembali.

Keuntungan usaha bakso aci

Jual bakso aci ternayata sangat menguntungkan karena peminatnya cukup banyak dan menjangkau semua kalangan. Rata-rata penjual makanan bakso aci memberi harga persatu baksonya 500 rupiah. Meskipun murah, tapi jika dihitung penjualannya selama sehari hasilnya cukup menguntungkan. Asal lokasi tempat Anda berjualan ramai dikunjungi oleh target konsumen Anda.

Jadi, berapa kira-kira pendapatan yang didapatkan oleh pengusaha bakso aci? Kita asumsikan perharinya bakso aci yang terjual bisa mencapai 250 butir. Maka dengan harga Rp 500 dikalikan 150 bakso berarti perharinya Anda bisa mendapatkan Rp. 125.000. Itu artinya perbulan jika penjualan Anda konsisten menghabiskan 250 butir bakso perhari maka Anda akan mendapatkan Rp. 3.750.000 per bulan. Dengan begitu, untuk dapat balik modal Anda hanya membutuhkan waktu 5 bulan berjualan.

Contoh usaha bakso yang sudah ada

Cilok Ocil

Usaha cilok kekinian yang didirikan di kota Yogyakarta memiliki menu bakso aci colok yang menarik. Pasalnya terdapat pilihan varian rasa yang menarik, seperti mushroom blackpepper, cheese bolognaise dan tuna barbeque. Harga yang diberikan untuk satu menunya mulai dari Rp 25.000.

Si pemilik, Ibud, mengatakan bahwa bisnisnya ini awalnya hanya menggelontorkan modal sebesar Rp 2 juta. Modal itu digunakannya untuk membuat booth kecil dan membeli kebutuhan membuat bakso cilok. Tak disangka ternyata respons positif diterimannya dari para konsumennya. Setelah berjalan 2 tahun bisnisnya berkembang, dan kini mampu menghasilkan omzet bersih sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta per bulan.

Chesyo Cilok

Seorang Ibu bernama Yoan Defrita asal Sukmajaya, Depok berhasil meraup omzet Rp 8  juta hingga Rp 10 juta perbulan dari usaha rumahan makanan ringan yang ia rintis. Ide bisnis ini berawal karena anak-anaknya suka dengan jajanan cilok. Alhasil, ia mencoba membuatnya sendiri di rumah agar buah hatinya tidak perlu jajan diluar. Ternyata, anak-ananya suka dan dirinya pun berfikir untuk menawarkan cilok buatannya. Rupanya mereka suka dan dari sana mulai berdatangan pesanan cilok.

Baslok (Bakso Aci Colok)

Baslok memang masih sangat baru didirikan oleh Teguh Wijaya, yang merupakan salah satu warga kota Sidoarjo, Jawa Timur.  Dirinya baru merintis usaha ini pada awal tahun 2017 namun beruntungnya usahanya mendapatkan sambutan yang baik dari konsumennya. Bahkan setelah dua bulan berjalan dirinya berani menawarkan usaha kemitraan usaha.

Baslok menawarkan kerjasama dengan investasi Rp 5 juta. Untuk harga bakso cilok per-porsinya diberikan harga 4.000 rupiah per porsi (isi 5 bakso. Dirinya mengatakan mitra bisa mendapatkan omzet kira-kira Rp 400.000 per bulan dengan ketentuan berhasil menjual 50-100 porsi perhari. Dengan begitu, perbulannya omzet kotor yang didapatkan sekitar Rp 12 juta perbulan. Seletah dikurangi dengan biaya bahan baku dan oprasional, porsi laba bersih yang didapatkan bisa 50% dari omzet.

Cilok Ce’Tuti

Bila usaha cilok di atas dijual secara langsung, berbeda dengan Cilok Ce’Tuti. Usaha cilok yang dirintis oleh wanita muda bernama Ice Astuti memanfaatkan media sosial sebagai lapaknya. Ice mengakau kalau awalnya ia hanya sekedar iseng memposting cilok buatan sang ibu sebagai display picture BBM miliknya.

Tak disangka banyak teman ice yang ingin coba, Bahkan ada sekitar 30 orang teman yang memesan saat itu juga. Karena tidak ingin mengecewakan teman yang terlanjur memesan, Ice pun menyanggupi permitaan tersebut. Alhasil, karena untungnya lumayan dirinya mulai menawarkan di Facebook dan Twitter. Kini Cilok Ce’Tuti sudah memiliki 12 reseller, di beberapa wilayah. Dari bisnisnya ini, Ice bisa meraup untung sekitar Rp 2 juta dalam per bulan untuk satu gerai. Jadi, bila dihitung seluruh gerainya kurang lebih omzet kotor yang dirinya dapatkan sekitar Rp 24 juta perbulan.

Resep bakso aci daging ayam

Setelah mengetahui kisah sukses keempat pengusaha cilok di atas apa Anda juga kepingin buka usaha rumahan makanan ringan satu ini bukan? Tidak ada salahnya mulai rintis dari sekarang. Kalau Anda masih belum bisa membuat bakso cilok berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan bakso aci:

  • Daging segar,
  • Tepung kanji,
  • Lada bubuk,
  • Garam, sesuai selera,
  • Bawang putih goreng,
  • Bawang merah goreng,
  • Es batu, hancurkan,
  • Air.

Komposisi bahan disesuaikan dengan banyaknya bakso yang ingin Anda produksi. Untuk membuatnya berikut caranya:

  1. Campurkan bahan-bahan, tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, dan daging sapinya kedalam baskom. Mix dengan tangan atau bisa menggunakan mixer.
  2. Haluskan daging dan bahan-bahannya hingga benar-benar hancur, halus dan tercampur rata.
  3. Jika adonan susah dicetak maka tambahkan es batu agar mudah dicetak.
  4. Didihkan air dalam panci besar sampai panas.
  5. Ambil bahan adonan selanjutnya genggam adonan bakso aci, lalu tekan agar adonan bisa keluar di antara selah ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan yang telah muncul dengan bantuan sendok, lalu tuangkan bakso aci pada panci air yang telah kita panaskan. Begitu seterusnya hingga adonan habis.
  6. Selanjutnya, masak pentol atau bola-bola bakso aci yang Anda produksi dengan menggunakan panci yang sudah kita panaskan dengan api besar, hingga semuanya terlihat mengambang. Akhir dari proses ini adalah mengangkat bakso aci yang telah mengapung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here