Peluang Usaha Restoran Halal

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Menilik peluang seperti peluang usaha restoran halal ternyata sangat diminati lho terutama di negara yang berpenduduk mayoritas agama Islam seperti di Indonesia ini. Namun, bukan berarti khusus untuk Muslim saja, tetapi untuk semua agama karena sebuah usaha yang halal tidak mengandung hewan haram dan juga terjaga kualitasnya.

Kualitasnya yang bagaimana? Sebuah usaha restoran halal pastinya harus memenuhi syarat mutlaknya yaitu sertifikat halal. Sertifikat ini sangat penting sekali karena pada proses pembuatannya, Anda harus mengikuti beberapa persyaratan dari bahan baku sampai tahap penyelesaian produk. Tidak susah, tapi pastikan Anda selalu mengikuti prosedurnya.

Baca Juga: Pelatihan Sertifkasi Halal MUI GoUKM Training Center bersama IHATEC LPPOM MUI

Manfaat Logo Halal untuk Bisnis Restoran

Mengapa restoran halal kini banyak diperhitungkan? Dilansir dari coreindonesia.com, ternyata produk halal tidak hanya banyak beredar di Indonesia, kini sudah mulai menjadi pertimbangan dalam pasar global. Ini dikarenakan beberapa faktor seperti luasnya pasar, pertumbuhan populasi penduduk yang meningkat, teknologi yang mutakhr dan kesadaran konsumen dalam memilih produk yang jelas sesuai dengan aturan hukum.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk Anda terutama yang mempunyai bisnis kuliner untuk segera mengurus sertifikat halal sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Sertifikat halal juga sangat berguna untuk menjamin makanan yang disajikan pada konsumen karena pada prosesnya, Anda harus melewati beberapa prosedur yang ketat dan detail dalam memproduksi produk usaha makanan Anda.

Selain sertifikat halal, Anda juga harus memperhatikan beberapa kompetitor yang setara dengan bisnis Anda contohnya seperti KFC dengan Mc Donalds. Anda harus mengetahui atau mencari tahu tentang keunggulan bisnis mereka, maka dari itu berikut ini beberapa strategi untuk membuka restoran halal yang bisa Anda terapkan sebagai pengusaha pemula.

Strategi Membuka Restoran Halal khusus Pemula

Apakah Anda siap untuk membuka usaha rumah makan? Pastikan dulu Anda memerhatikan beberapa poin strategi berikut ini.

Analisa Keuangan Restoran, Merinci Setiap Keuangan dengan Baik

Usaha restoran halal termasuk usaha kuliner yang besar yang dimana membutuhkan sistem keuangan yang baik. Berawal dari modal. Modal tidak bisa Anda gunakan secara bebas karena semua keuangan akan berawal dari modal. Maka dari itu, Anda harus merinci analisa keuangan restoran dengan baik karena untuk membalikkan sebuah modal itu pasti membutuhkan usaha yang banyak pula.

Bagaimana cara membuat analisa keuangan yang baik? Anda perlu melakukan analisa keuangan dari pemasukkan dan pengeluaran. Walaupun masih sebagai rincian keuangan yang masih belum sempurna, pastikan Anda sudah melakukan pencarian atau survei tentang produk atau barang yang akan Anda beli sebagai pendukung restoran halal Anda.

Memilih Tempat Restoran yang Sesuai dengan Target Pasar

Apakah target pasar Anda adalah orang-orang muslim? Nah, ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk restoran Anda. Tambahkan lagi target Anda secara rinci misalnya target pasar adalah orang Muslim yang tengah bersekolah di sekolah islam karena Anda mempunyai menu khusus untuk anak muda. Dengan rincian tersebut, Anda bisa memilih tempat di dekat kampus-kampus Islam sebagai contoh.

Membuat sebuah target pasar tidaklah sulit karena kembali kepada bisnis apa yang Anda jual. Jika Anda menjual makanan yang berorientasi high class seperti fine dining yang halal, Anda bisa memilih tempat di dekat kawasan elit seperti Menteng, Pondok Indah, dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah melakukan survei sebelum Anda yakin untuk memilih tempat untuk membuka restoran Anda tersebut.

Memilih Sumber Daya Manusia yang Tepat untuk Bisnis Restoran

Sumber daya manusia merupakan hal penting terutama dalam usaha rumah makan halal. Karena tidak sembarang orang yang bisa Anda pekerjakan sesuai dengan jabatannya. Anda perlu untuk memerhatikan bagaimana rekuitmen Anda bisa sesuai dengan kriteria jabatan Anda.

Selain kriteria, Anda juga harus memperhatikan bahwa perusahaan tidak bisa membeli loyalitas. Maka dari itu, Anda perlu juga untuk membuat karyawan semakin nyaman dengan bisnis Anda contohnya seperti mendapatkan bonus atau mendapatkan jatah makan gratis karena berada di restoran halal.

Membuat Sertifikat Halal khusus Restoran atau Rumah Makan

Untuk membuat restoran halal, pastinya Anda membutuhkan sertifikat halal untuk memulai usaha Anda. Sertifikat halal ini pun tidak sembarangan maka dari itu sebuah sertifikat halal memiliki jangka waktu 2 tahun yang lalu setelah itu bisa Anda perpanjang kembali dengan melakukan uji kembali menurut halalmui.org.

Bagaimana cara mengajukannya? Tentunya sangat mudah, tetapi terlebih dahulu Anda harus memahami prosedur serta panduan untuk mengajukannya karena membutuhkan persyaratan yang detail terutama jika Anda mempunyai usaha makanan, kosmetik, sampai obat-obatan.

Anda bisa mencari persyaratannya lewat beberapa website atau dengan mengikuti seminar atau pelatihan tentang sertifikat halal untuk mempermudah Anda dalam mengajukan sertifikat halal.

Menawarkan Promosi Rumah Makan secara Online maupun Offline

Di jaman yang semakin maju ini, Anda harus bersiap-siap untuk lebih kuat. Mengapa? Karena sudah banyaknya tren-tren dunia maya yang kini bisa Anda jadikan pasar untuk mempromosikan produk Anda. Tidak hanya secara offline saja, Anda sekarang bisa memasarkan produk makanan Anda dengan menggunakan internet sebagai medianya.

Dalam promosi secara offline, Anda bisa menggunakan berbagai macam cara seperti menyebarkan flyer, membuat banner atau plang di depan restoran Anda, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda mempromosikan produk Anda untuk mencari perhatian pelanggan Anda terlebih dahulu seperti menggunakan promosi diskon atau makan gratis untuk beberapa orang pertama.

Tidak apa rugi terlebih dulu karena sebagai bisnis jangka panjang, Anda harus memerhatikan pendapat pelanggan Anda supaya bisnis restoran Anda dapat berkembang lebih baik lagi.

Untuk promosi secara online, Anda dapat menggunakan internet sebagai medianya yaitu seperti media sosial, website, marketplace online, dan lain sebagainya. Pastikan juga promosi Anda juga masih tertarget untuk menarik perhatian pelanggan. Dan yang paling penting adalah mencantumkan deskripsi restoran Anda secara jelas supaya pelanggan tidak kesulitan dalam mencari restoran Anda.

Tentunya peluang usaha restoran halal ini tidak bisa berkembang jika Anda tidak membuatnya berkembang. Artinya adalah Anda harus berusaha dan juga dibarengi dengan niat yang kuat. Maka dari itu, sebelum membuka usaha restoran ini pastikan target yang Anda punya cukup kuat untuk Anda usahakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here