Peluang Usaha Kuliner

Peluang usaha kuliner cemilan sudah semakin variatif saja. Setiap saat ada saja varian cemilan baru yang muncul dan digandrungi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kudapan sosis yang di balut dengan telur misalnya. Sajian yang sering disebut dengan sosis egg roll ini adalah sebuah modifikasi jajanan SD yang dikenal sate telur gulung. Jajanan telur dadar gulung memiliki cita rasa yang unik, karena dibuat dengan bahan-bahan seperti air, tepung maizena dan tentunya telur.

Egg roll sosis pun juga tidak kalah unik. Makanan ini dibuat menggunakan mesin egg roll otomatis. Di mana sosis yang sudah ditusuk dengan tusuk sate digoreng bersama telur yang didadar ke dalam tabung egg roll. Di Jakarta, usaha ini terbilang masih jarang, untuk itu makannya peluang usaha sosis egg roll masih terbuka lebar.

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan Ringan, Sosis Bakar Rumahan

Lalu bagaimana menjalani usaha sosis egg roll? Berikut beberapa tipsnya:

Persiapkan modal usaha

Mau memulai bisnis apapun, pasti membutuhkan modal usaha. Untuk memperolenya, dapat melalui segala macam cara, misalnya dari tabungan pribadi. Tapi bila tabungan pribadi Anda tidak mencukupi Anda bisa mendapatkan tambahan dari lembaga peminjaman atau berbisnis dengan sistem kerjasama.

Bagi Anda yang ingin lebih aman, bisnis dengan sistem kerjasama adalah langkah yang sangat tepat Anda ambil untuk mulai usaha. Sebab, modal dan risiko akan ditanggung bersama jadi akan lebih meringankan Anda. Tidak hanya kedua hal itu yang dibagi bersama, keuntungan pun harus dibagi sesuai porsi-porsinya.

Tentukan lokasi usaha

Saat Anda memutuskan untuk memulai usaha, lokasi menjadi hal penting kedua yang perlu Anda rencanakan setelah modal. Hal ini karena lokasi usaha termasuk salah satu faktor yang akan menentukan untung dan rugi usaha Anda. Maka pilihlah tempat yang strategis. Survei terlebih dahulu bagaimana lokasi tersebut, apakah sering dilalui oleh taget konsumen Anda atau tidak. Biasanya lokasi yang tepat untuk bisnis sosis egg roll ini seperti di taman hiburan, mall, sekolahan dan tempat lain yang ramai dikunjungi keluarga.

Mulai cari peralatan yang berkualitas

Untuk membuat sajian ini Anda membutuhkan perlatan khusus, salah satunya adalah mesin egg roll. Mesin ini masih dijual terbetas, untuk itu Anda harus cermat dalam memilihnya. Pastikan Anda mengetahui spesifikasi mesinnya. Mesin ini menggunakan energy panas dari daya listrik seperti cangkir boiler. Pada umumnya, mesin ini terbuat dari bahan alumunium yang mudah dibersihkan.

Berinovasilah dengan sajian yang Anda jual

Jika Anda ingin makanan Anda jauh lebih menarik, buatlah hal yang berbeda dari yang sudah ada. Jika bisanya egg roll hanya diberikan topping keju dan potongan daging, Anda bisa coba tawarkan topping yang lain. Contohnya sosis egg roll dengan potongan udang atau sayuran.

Sambil jalan, evaluasi usaha Anda secara berkala

Meski terbilang baru, dan masih belum banyak orang yang tahu bukan berarti peluang usaha ini tidak menjanjikan. Justru karena dengan minimnya kompetitor, Anda bisa lebih banyak menjaring konsumen. Kuncinya Anda harus bisa membuat konsumen tertarik mencoba menu Anda dan membuat mereka kembali mencicipinya.

Sambil berjalan Anda juga perlu melakukan evaluasi. Baik setiap minggu atau pun bulan yang penting dilakukan dengan rutin. Ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya dan apa yang perlu diperbaiki. Apakah itu rasa, pemasaran atau manajemen bisnis Anda.

Penentuan harga sosis egg roll

Usaha ini termasuk jajanan yang sering dijumpai oleh pelanggan anak-anak dan remaja. Untuk itu harga satu porsinya harus lebih terjangkau. Kalau dihitung dari bahan-bahan untuk membuat makanan ini membutuhkan sekitar Rp 5 ribu satu sosis egg roll. Dengan begitu, Anda bisa membarol harga sekitar Rp 10.000. Namun karena Anda ingin leibih terjangkau, dengan harga Rp 8.000 satu sosis egg roll Anda masih tetap bisa mengambil untung. Lalu berapa keuntungan yang bisa didapatkan? Berikut ulasan usahanya.

Analisa Peluang usaha kuliner sosis egg roll

Asumsi investasi jangka panjang:

PERLATANHARGA
Mesin egg roll bisa digunakan hingga 5 tahunRp 2.200.000
Etalase atau gerobak dengan jangka waktu penggunaan 5 tahunRp 1.315.000
Toples untuk menyimpan bahan-bahanRp    500.000
BangkuRp    300.000
Banner promosiRp     750.000
Peralatan tambahan lainnyaRp     750.000
TOTAL Rp  5.215.000

Biaya oprasional estimasi untuk 1 bulan:

BIAYA BAHAN-BAHAN HARGA
Telor ayam 30 kg (600 butir)Rp 990.000
Sosis 4 bungkus denga nisi 50 pcsRp 152.000
Topping kejuRp 198.900
Kornet 5 kalengRp 80.000
Daun bawangRp 50.000
Mentega 2.5 kiloRp 37.500
JamurRp 50.000
SaosRp 150.000
MayonesRp 150.000
Wadah makanan dan lain-lainRp 100.000
TOTALRp 1.958.400

Jadi total biaya keseluruhannya adalah total investasi ditambah dengan biaya oprasional bulanan sebesar Rp 7.173.400. Lalu berapa bulan kiranya Anda akan balik modal. Mari kita asumsikan penjualan rata-rata perharinya mencapai 20 porsi. Untuk satu sosis egg roll diberi harga Rp 8.000, maka keuntungan kotor yang Anda dapatkan sekitar Rp 160.000 per hari. Bila sebulan Anda konsisten menjual 20 porsi per hari maka sebulannya akan mendapatkan keuntungan kotor kurang lebih Rp 4.800.000.

Baca Juga: Membuka Usaha Frozen Food yang Bisa Dijalankan Di Rumah

Keuntungan bersih

Laba: Total pendapatan – Biaya operasional

Rp 4.800.000 – Rp 1.958.400 = Rp 2.841.000 dengan begitu lama balik modal kira-kira hanya membutuhkan waktu 2-3 bulan saja.

Bagaimana berminat coba Peluang usaha kuliner ini? Kalau begitu segera buat strategi bisnis Anda dari sekarang. Bila Anda masih bingung, manajemen bisnisnya cobalah cara usaha yang lebih mudah dengan menjadi mitra waralaba usaha sosis egg roll.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here