Usaha Frozen Food

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Di beberapa tahun terakhir usaha frozen food jadi salah satu makanan yang paling tinggi permintaannya. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya tingkat kesibukan masyarakat modern dan keinginan memenuhi kebutuhan secara praktis. Sehingga dipilihlah makanan-makanan yang penyajiannya mudah dan tidak memakan waktu.

Dalam hal penyajian, makanan beku ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Jauh lebih singat dibandingkan jika kita memasak atau mengolah bahan makanan mentah. Di samping praktis, makanan ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama selama disimpan dengan benar. Maka tidak heran kalau banyak orang membelinya untuk persediaan jangka panjang.

Baca Juga: 8 Usaha Franchise Makanan Murah dan Unik

Melihat permintaan frozen food yang membeludak, inilah membuat peluang usaha frozen food menjadi sangat menjanjikan sehingga banyak orang yang ingin mencobanya. Frozen food yang ditawarkan pun bermacam-macam bahan dan pengolahannya ada daging sapi yang dibuat menjadi sosis dan kornet, dan daging ayam yang dibuat menjadi nugget. Bahkan seiring dengan perkembangannya, ada juga frozen food dengan bahan sayuran, seperti kentang, kacang polong, wortel, brokoli dan lainnya.

Modal mulai bisnis frozen food

Saat kita ingin mulai usaha, pasti bicara mengenai hal penting satu ini. Berapakah modal yang dibutuhkan untuk buka usaha yang dinilai menguntungkan ini? Banyak yang beranggapan jika bisnis frozen food adalah salah satu sektor usaha yang memerlukan modal yang besar. Kenapa? Sebab jika kita lihat dari peralatan yang dibutuhkan, memang benar. Perangkat yang digunakan dibandrol dengan harga yang tidak murah, seperti freezer, mesin cetak bakso dan sosis, perlengkapan kemasan kedap udara hingga peralatan lainnya. Meskipun hal itu benar, tapi bukan berarti tidak bisa disiasati lagi.

Baca Juga: Kisah Pengusha Sukses dalam Merintis Usaha Kuliner Online

Untuk pengusaha yang memiliki modal yang tidak seberapa masih tetap bisa rintis usaha ini. Caranya dengan memulai bisnis frozen food kecil-kecilan di rumah. Tidak perlu buat bermacam-macam jenis frozen food, tawarkan saja jenis makanan yang sedang banyak permintaannya, salah satunya sosis. Anda bisa coba mulai usaha dengan modal paling minim sekitar Rp 4 juta. Modal tersebut digunakan untuk keperluan membeli mesin pembuat sosis, mesin penggiling dan bahan-bahan pembuat sosis lainnya.

Keuntungan yang didapatkan

Bagaimana keuntungan usaha frozen food? Mengenai keuntungan sebenarnya relatif tergantung produk yang Anda tawarkan. Dalam kata lain, produk yang Anda tawarkan harus memiliki kelebihan supaya laris dipasaran. Jika makanan beku yang Anda jual memiliki sesuatu yang berbeda atau unik keuntungan yang besar bukan lagi harapan. Tapi, jika Anda menawarkan hal yang sama seperti yang ditawarkan kompetitor, apalagi skala produksinya pun kecil tidak perlu heran jika profit yang Anda dapatkan tidak sesuai yang anda inginkan.

Itulah sebabnya Anda perlu tambahkan inovasi pada makanan beku yang Anda dijual. Untuk mengetahuinya Anda bisa lakukan riset pasar terlebih dahulu dan cari tahu apa yang sedang diinginkan oleh konsumen. Bila Anda tidak melakukan hal ini, konsumen pasti akan lebih memilih produk yang sudah jelas dikenal pasaran dibanding produk Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

94 − = 93