Bisnis pisang nugget

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis pisang nugget merupakan inovasi kuliner dari olahan buah pisang yang kini happening di kota Bandung. Produk olahan pisang kekinian ini banyak diburu masyarakat karena keunikannya dan harganya yang cukup terjangkau.

Pisang nugget merupakan kerasi terbaru dari pisang goreng dengan tekstur yang lebih renyah dan crispy. Dan kemudian disajikan dengan beragam taburan seperti parutan keju, lelehan coklat, lelehan nutella, ovomaltine, greentea dan beragam topping kekinian lainnya.

Baca Juga: Berani Berinovasi, Kini Camilan Tradisional Indonesia Ini Hype di Bandung

Bisnis pisang nugget ini terbilang cukup potensial dan sangat cocok untuk pelaku usaha skala UKM. Bahan baku yang mudah ditemukan dan harganya pun relative murah. Murahnya bahan baku yang digunakan membuat harga produk terjangkau sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan.

Peluang Bisnis Pisang Nugget di Kota Bandung

Di kota bandung sendiri, peluang bisnis pisang goreng kekinian masih terbuka lebar. Bisnis pisang nugget memang sedang marak namun gerai-nya belum banyak dijumpai sehingga kesempatan bersaing masih sangat luas.

Berikut adalah beberapa gerai bisnis pisang nugget yang populer di kalangan masyarakat Bandung, dan bisa Anda jadikan inspirasi.

Banatop – @banatop.id

Banatop berada di FoodPoint BEC Lantai 3, Bandung. Kreasi pisang dari Banatop adalah mengguyurkan saus aneka rasa dan warna pada pisang yang sudah digoreng crispy dengan tepung. Ada dua varian rasa yang bisa dicoba, antara lain single topping atau double topping.

Banatop punya tujuh varian single topping seperti saus pisang, cokelat, stroberi, capucino, green tea, vanilla, dan keju. Topping pelengkap lain untuk varian double, antara lain almon, kacang mete, oreo, white crispy, dan choco crispy.

Kreasi pisang nugget ini disajikan dalam box berisi empat pisang yang topping-nya bisa dipesan sesuai dengan keinginan. Untuk satu box-nya biasa dijual antara Rp 18.000 hingga Rp 23.000.

Raja Cau – @raja_cau

Raja Cau berada di Jl. Jati Indah 4 No.10a, Buahbatu Kota Bandung. Dilihat dari banyaknya followers @raja_cau yang mencapai 13.8 ribu, kelezatan nugget pisang ala Raja Cau sudah tak perlu diragukan lagi. Pisang nugget mix toppingnya amat disukai dan dibanderol Rp 25.000.

Pom Pom Pisang Keju – @pompom.pisangkeju

Pom Pom Pisang Keju berada di Yogya Kepatihan Lt.5 & Jl. Kemakmuran VII, Bandung. Bentuk pisang nugget yang disuguhkan di Pom Pom Pisang Keju memiliki ukuran yang lebih besar dari pisang nugget biasanya.

Varian topping pisang nuggetnya pun lebih beragam karena menggunakan corn flakes hingga sereal fruity pebbles. Tak tanggung-tangggung, anda dapat memilih 20 macam toppingan, mulai dari keju, coklat, fruity pebbles dll. Harga perkotaknya pun cukup murah, yaitu Rp 25.000.

Menyediakan ragam topping favorit yang banyak disukai anak muda menjadi salah satu kunci sukses mereka berhasil mengembangkan bisnis pisang nugget di kota Bandung. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun cukup murah dan sangat pas untuk sekala konsumen menengah ke bawah.

Bagaimana, tertarik membuka bisnis pisang nugget? Sebelum membuka bisnis pisang goreng kekinian ini, ada baik-nya mengenal terlebih dahulu asal usul pisang nugget. Yuk simak penjelasannya!

Asal Usul Pisang Nugget

Konon katanya, produk olahan pisang kekinian ini merupakan salah satu makanan ikonik dari Makassar. Yang kemudian banyak dimodifikasi baik itu dari segi rasa dan penyajian dengan aneka topping kekinian.

Pisang nugget ini sebenarnya kuliner yang memadukan pisang goreng dengan nugget. Pisang yang dipotong kecil-kecil lalu dibaluri dengan telur dan tepung panir kemudian digoreng hingga garing dan diberi aneka jenis topping yang beragam.

Bentuknya yang kecil menyerupai nugget sehingga dinamakan pisang nugget. Teksturnya sudah pasti renyah di luar sementara pada bagian dalamnya empuk. Dan jenis pisang yang sering digunakan dalam pembuatan pisang nugget ini adalah pisang tanduk, kepok, atau uli.

Bahan dan Cara yang Harus Diketahui dalam Pembuatan Pisang Nugget

Bagi Anda yang akan membuka bisnis pisang nugget, penting untuk mengetahui bahan-bahan apa yang harus disiapkan dan bagaimana proses pembuatannya

Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan pisang nugget:

Siapkan Pisang Tanduk, Kapok atau Uli

Salah satu keunikan dari pisang goreng khas Makassar ini adalah aroma yang khas dan bertekstur renyah. Aroma khas yang dihasilkan berasal dari penggunaan pisang tanduk, kapok atau uli sebagai bahan utamanya. Anda bisa menggunakan jenis pisang pisang yang lain, tapi aroma yang dihasilkan tidak sekuat ketiga jenis pisang tersebut.

Selain itu, pilihlah pisang yang matang atau kematengan. Tanda pisang sudah matang adalah kulitnya berwarna kuning tua dan teksturnya padat berisi. Ketika disentuh, pisang matang akan terasa lebih lunak dari pisang muda.

Salah satu keuntungan dari penggunaan pisang yang matang ini adalah sebagai perekat. Karena tekstur pisang ini bisa merekatkan semua bahan, sehingga tidak memerlukan telur.

Pakai Tepung Panir Berwarna Jingga

Nugget pisang umumnya dilapisi dengan tepung panir agar lebih renyah. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik dan cantik, pakailah tepung panir berwarna jingga agar hasilnya lebih cerah setelah digoreng.

Selain tepung panir, Anda juga bisa pakai tepung roti seperti nugget pada umumnya, tapi hasil gorengan akan cenderung kuning kecoklatan dan pucat.

Bahan Pelengkap Lainnya:

Selain pisang dan tepung panir, untuk membuat adonan pisang nugget diperlukan beberapa bahan berikut ini. Margarin, gula pasir, garam, tepung terigu, susu cair full cream atau susu bubuk, tepung maizena, vanili dan air.

Dan untuk toppingnya, Anda bisa menggunakan nutella, meises, keju parut, sringkle, kacang almond, lelehan coklat atau coklat warna warni, selai nanas, greentea, susu kental manis, oreo, tiramissu dan lainnya sesuai selera.

Baca Juga: Informasi Usaha Tren Jajanan Terbaru Tahun 2018

Setelah bahan terkumpul semua, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan pisang nugget.

Cara Membuat Pisang Nugget

Berikut cara pembuatan pisang nugget yang kini sedang populer di kota Bandung.

  • Hancurkan pisang dengan garpu atau gelas sampai benar-benar hancur hampir lembut.
  • Tambahkan tepung terigu, susu, gula pasir, garam dan telur, aduk rata.
  • Selanjutnya masukkan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah di oles minyak dan dilapisi plastik, kukus kurang lebih selama 25 menit atau sampai matang.
  • Angkat, lalu tunggu sampai dingin. Bisa masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu kemudian di potong-potong sesuai selera.
  • Selanjutnya celupkan potongan nugget ke dalam adonan tepung terigu dan air, lalu gulingkan ke dalam tepung panir. Ulangi sampai semua adonan habis.
  • Goreng dalam minyak panas dengan mengunakan api sedang sampai kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
  • Langkah terakhir adalah gunakan topping. Topping yang digunakan bisa berbagai macam seperti coklat, keju, kacang, oreo, dan sebagainya.

Itu dia resep pisang nugget yang saat ini populer di kota kembang Bandung. Bisnis pisang nugget ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan yang patut Anda coba. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 52 = 62