pelatihan kewirausahaan desa (BUMDes) sebagai upaya persiapan SDM Demi meningkatkan kesejahteraan desa

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Pelatihan Kewirausahaan BUMDes – BUMDes merupakan Badan Usaha Milik Desa. Badan ini yang mana sebagaian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Bahkan sudah terbukti bahwa hasil desa sangat menguntungkan. Namun sayang, hasil desa sulit disalurkan atau dipasarkan karena kurang memadai dan kurang lengkap akses dan fasilitas untuk mendapatkan informsi dalam pemasaran.

Lembaga ini digadang-gadang sebagai kekuatan yang dapat mensejahterakan  dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa dengan berdasar pada ragam potensi yang dimiliki desa. Potensi ini dapat dimanfaatkan demi mewujudkan pembangunan Indonesia, yakni dengan cara memperkuat daerah dan desa.

Baca Juga: Pelatihan Cara Membuat Yoghurt, Pada Kursus Membuat Yoghurt Untuk Menjalani Bisnis Yoghurt

Namun yang menjadi masalahnya adalah, mengapa BUMDes memanfaatkan dana desa hanya untuk pembangunan infrastruktur saja. Idealnya dana desa dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia demi perkembangan dan kelancaran tujuan  suatu daerah.

Bentuk Pelatihan Pegembangan Kewirausahaan

Bentuk pelatihan BUMDes berupa program pelatihan dan program pemberdayaan. Kedua program memiliki fokus kegiatan yang akan diberikan saat pelatihan.

Program Pelatihan pengembangan Kewirausahaan

Program pelatihan pengembangan kewirausahaan dapat dikategorikan dengan dua kategori, yakni kategori hard skill dan soft skill.

Kategori program Hard skill,

Kategori program  hard skill akan fokus dalam mengasah ketermpilan dan kemampuan dalam menciptakan dan menghasilkan suatu produk, baik di bidang kuliner maupun non-kuliner.

Program Pelatihan  kuliner:

Program Non-Kuliner:

  • Workshop Coffee roasting
  • Workshop Make-Up Artist
  • Workshop Sabun olahan
  • Workshop Souvenir
  • Workshop Management catrering
  • Workshop Craft
  • Workshop Packaging

Baca Juga: Workshop Coffee Brewing, Kursus Barista Kopi untuk Buka Coffee Shop di Jakarta

Kategori Program Soft Skill

Program soft skill biasanya diberikan setelah program hard skill telah matang. Program soft skill ini diberikan untuk memiliki keterampilan  dan mampu menjadi peluang usaha. Program pelatihan soft skill  akan mendukung untuk memulai membuka suatu usaha.

Program Pelatihan Soft skill

  • Materi permodalan
  • Materi pemasaran online
  • Materi untuk perijinan usaha
  • Dan lain-lain

GoUKM Training Center

GoUKM Training Center merupakan sebuah lembaga pelatihan kewirausahaan. Adanya lembaga ini dapat membantu masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berdikari dalam dunia bisnis.

Dalam penyelenggaraan pelatihan usaha desa, GoUKM juga mengadakan pelatihan baik hard skill maupun soft skill. Kategori program hard skill juga mencakup program kuliner dan non-kuliner.

Tak hanya itu,  pada pelatihan ini, GoUKM juga memberikan beberapa benefit kepada peserta yang berpartisipasi pada penyelenggaraan pelatihan. GoUKM menyediakan fasilitas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer.

Program Pemberdayaan Pengembangan Kewirausahaan

Tujuan diberikan program pemberdayaan adalah supaya dapat membantu dalam mengembangkan usaha yang akan dijalani setelah mendapatkan hasil dari program pelatihan pengembangan kewirausahaan BUMDes.

Program pemberdayaan untuk pengembangan kewirausahaan, seperti Building community, brand inkubasi, mentoring, digitalisasi, mitra Industri.

Pelatihan yang diberikan berbasis kewirausahaan supaya bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, dapat membantu kesiapa masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan  ekonominya dan juga suau daerah tertentu.

Segala upaya yang dilakukan diharapakan dapat bersaing didunia industri dengan pelaku usaha luar dan dapat membuka peluang usaha baru.

Baca Juga: 5 Usaha Pensiunan Yang Mudah, Murah Dan Menguntungkan Untuk Mempersiapkan Masa Pensiun

Informasi lengkap mengenai pelatihan kewirausahaan bersama GoUKM Training Center, Anda bisa hubungi salah satu kontak berikut 0813 8831 9900 (Vira) / 0812 2060 0100 (Suci) / 0813 1000 9410 (Ripal) Email : goukmid@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 5 =