Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Olahan pangan hasil laut– Indonesia memiliki laut yang sangat luas dibandingkan daratan dan bahkan dengan hasil laut yang beranekaragam.  Luas laut Indonesia berpotensi untuk menghasilkan hasil laut yang cukup besar. Mengnsumsi perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budi daya sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan gizi proteinnya sangat tinggi.

Baca Juga: Lezatnya Choco Banana Pie, Begini Peluang Usahanya

Ikan segar merupakan salah satu komodii yang mudah mengalami kerusakan. Kerusakan yang disebabkan bisa jadi karena biokimiawi dan aktivitas mikrobiologi. Kandungan air hasil perikanan pada umumnya tinggi sehingga memungkinkan terjadinya reaksi-reaksi biokimiawi oleh enzim yang berlangsung pada tubuh ikan segar.

Kerusakan secara mikrobiologis disebabkan oleh mikroorganisme terutama bakteri yang mudah merusak. Kandungan protein pada ikan ternyata menyebabkan ikan mudah rusak bila tidak segera dilakukan pengolahan atau pengawetan. Salah satu upaya pengawetan adalah dengan cara pengalengan dengan suhu tinggi.

Beberapa Menu Olahan Hasil Laut Berpeluang Bisnis

Semua yang dikandung dalam laut memiliki manfaat, bahkan isi laut memiliki arti lebih dari sekedar hal itu. Misalnya hasil laut sebagai sumber pangan, usaha atau bisnis, karya seni, dan lain-lain.  Ada banyak sekali menu olahan hasil laut selain sebagai pangan juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Abon ikan merupakan menu makanan hasil laut yang seringkali menjadi incaran pebisnis kuliner yang harus dijalankan. Kenapa demikian? Hasil laut melimpah ruah, diolah menjadi sebuah menu yang enak, yakni abon ikan. Selain dari abon ikan masih banyak lagi hasil laut yang diolah menjadi berbagai macam kuliner yang enak dan menyehatkan.

Ada beberapa olahan hasil laut yang sangat maju ditengah pasar, baik pasar nasional maupun pasar internasional, yakni nugget ikan, bakso ikan,otak-otak, pempek, kecap ikan, makanan siap saji ikan kalengan, terasi, frozen food, seafood (udang, kepiting, kerang-kerangan, tripang, cumi-cumi dan lain-lain).

Beberapa makanan diatas hampir setiap hari dikonsumsi oleh semua orang didunia.  Selain dari enak dan lezat, olahan makanan dari hasil laut sangat diincar karena memiliki berbagai manfaat yang tiada terkira mulai dari untuk penyembuhan berbagai penyakit dan berbagai manfaat lainnya.

Manfaat Ikan Dan hasil Lautnya Bagi Kesehatan Manusia

Semua jenis ikan memiliki manfaat sesuai kandungan gizi pada masing-masingnya. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air asin. Ikan merupakan salah satu makanan  yang kaya akan sumber proteinnya. Ikan mengandung Omega 3 yang mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak, artinya bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Tidak hanya untuk meningkatkan kecerdasan otak, ikan dan hewan laut lainnya memiliki manfaat yang lebih dari itu. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

 Ikan Laut Bernutrisi Tinggi

Meski ikan air tawar memiliki beberap[a manfaat, namun ikan air asin atau ikan laut lebih memiliki kandungan gizi  yang jauh lebih banyak. Ikan laut mampu mempertahankan  suhu tubuhnya. Fungsinya agar lemak tubuh tetap cair meski berada di dalam air laut, sehingga meningkatkan kandungan omega 3 pada ikan.

Ikan laut Mampu Mengatasi Masalah pencernaan

Protein pada ikan berbeda dengan protein pada daging  sapi, ayam, atau kambing.  Serat yang dikandung pada ikan lebih pendek sehingga memudahkan penyerapan dan memudahkan pencernaan pada usus halus. Bahkan ketika mengalami gangguan pencernaan disarankan untuk mengonsumsi ikan, dana man untuk bayi.

Merangsang Atau Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan mengandung protein, didalm protein terdapat zat taurine yang berfungsi untuk menrangsang sel otak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, seperti balita, namun tidak terkecuali juga untuk orang dewasa.

Selain dari zat tersebut, ada beberapa zat lain yang juga ikut membantu merangsang otak, yakni asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA). Karena sebagian besar otak manusia mengandung Omega 3  yang dipercaya untuk membantu perkembangan sel otak. Menurut penelitian, ternyata minyak ikan dapat meningkatka daya ingat.

Mengontrol Kolesterol

Salah satu yang membantu proses pertumbuhan adalah lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menjaga ketahanan tubuh  agar tetap tetap fit.  Kandungan zar EPA dan DHA  dapat mengontrol kolestrol dalam tubuh  agar tetap normal.

Meningkatkan Sistem Imunitas Manusia

Banyak faktor yang dapat menyebabkan penurunan imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem imun paling rendah dan sangat rentan pada bayi. Asam lemak Omega 3 yang banyak dalam ikan laut mampu membantu metabolisme dalam tubuh. Antioksidan pada ikan dipercaya untuk mengatasi masalah penyakit degenerative.

Baca Juga:Makanan Yang Cocok Untuk Anak Berumur 1-2 Tahun, Ini Dia Peluang Usahanya

Penyakit degneratif adalah penyakit yang muncul pada usia tua, misalnya jantung coroner, penyebabnya adalah kolestrol yang tidak terkontrol.

Ikan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dan B kompleks yang dikadung pada ikan mampu menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah kebutaan pada anak-anak.

Nah, beberapa manfaat ikan  diatas perlu Anda ketahui  dan bahkan  masih banyak lagi manfaat ikan lainnya. Mari tingkatkan kecerdasan anak bangsa dengan cara mengonsumsi ikan.

Cara Menyimpan Ikan Agar Tetap Sehat Dan Segar

Ikan menjadi sumber dari berbagai macam gizi mikro dari protein, Omega 3,  hingga zat besi yang sangat baik untuk tubuh, namun dibalik berbagai manfaat ikan, ternyata ikan juga dapat menyebabkan  penyakit jika cara penyimpanannya tidak tepat.

Ikan atau hasil laut sebaiknya simpan dalam freezer  dengan suhu minus 13⁰ C agar mikroa penyebab penyakit tidak mudah masuk. Memisahkan ikan dengan daging yang lain juga perlu untuk mencegah terjadinya kontaminasi.

Ikan yang disimpan dalam temperature normal justru akan menyebabkan perkembangan mikroba 1000 kali lipat dalam waktu satu jam. Penyimpanan ikan pada suhu ruangan tidak diperkenankan  sama sekali. Simpan ikan pada suhu minus 13⁰ C, karena pada  suhu tersebut ikan bisa tahan hingga 6 bulan penyimpanan.

Peluang Usaha Aneka Olahan Hasil Tangkapan Laut

Memanfaatkan aneka hasil tangkapan laut merupakan suatu hal yang harus dilakukan. IKan segar hasil tangkapan  merupakan peluang bisnis  hasil laut yang paling banyak diminati. Terutama pada pasar tradisional  warga pesisir. Karena ikan cepat rusak pada suhu normal, maka ikan diawetkan hingga tetap bertahan lama.

Dengan cara diawetkan ikan bisa bertahan hingga  berbulan-bulan. Dengan begitu ikan bisa  dikirimkan ke daerah-daerah yang jauh dari laut seperti daerah pegunungan. Selain dalam bentuk ikan segar, ikan bvisa diolah menjadi berbagai macam menu olahan yang sangat dimintai dan bahkan ramai dipasaran.

Seperti beberapa halnya olahan abon ikan tuna, kerupuk ikan atau cumi,  dan sosis, dan selain dari ikan seperti tumbuhan rumput laut bisa diolah menjadi agar-agaratau carreegenan untuk bahan pengenyal , pengemulsi, dan pengental.

Bisnis olahan hasil laut bisa mendatangkan keuntungan   dibidang transportasi. Pengiriman ikan segar ke seluruh daerah membutuhkan transportasi. Selai itu, peluang bisnis untuk hasil laut sangat terbuka lebar. Dengan mengolah hasil laut menjadi menu olahan yang kezat dan sehat  Anda sudah bisa menjalankan bisnis kuliner. Hasil laut mampu memajukan perkonomian Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai usaha olahan hasil laut yang kian mewarnai pasar tradisional dan pasar modern. Mulai dari sekarang tingkatkan produksi olahan hasil laut supaya semakin majunya ekonomi Indonesia serta meningkatkan kecerdasan otak anak-anak bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 2