Bisnis Kuliner Online

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bagaimana cara memulai bisnis kuliner online untuk dapat keuntungan besar? Dewasa ini segalanya sudah bisa dilakukan secara online. Beli barang, membayar tagihan sampai memesan transportasi sudah bisa menggunakan smartphone. Jadi, tidak perlu kaget bila lama-kelamaan teknologi ini akan merambat ke seluruh kehidupan manusia.

Hampir semua orang pasti pernah menggunakan layanan dengan teknologi internet. Bahkan menurut Keminfo, saat ini pengguna internet di Indonesia sudah menyentuh angka 112 juta orang. Melihat tingginya pengguna tersebut tentunya membuat ranah dunia maya menjadi pasar yang potensial untuk bisnis.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner dengan Modal Kecil di Tahun 2018

Meski menjanjikan namun untuk peluang bisnis kuliner secara online juga termasuk usaha yang cukup sulit dijalankan. Apalagi sekarang ini makin banyak kompetitor yang bermunculan. Oleh karena itu, agar bisa meraup untung yang banyak di bisnis ini, Anda perlu tambah pengetahuan Anda tentang cara berbisnis kuliner online.

Cara bisnis kuliner online menguntungkan

Sudahkah Anda tentukan produk makanan yang ingin dijual?

Namanya berjualan sudah pasti Anda harus memiliki produk yang ingin ditawarkan. Tidak jarang hal ini jadi persoalan tersebesar yang dihadapi calon pengusaha, tidak terkecuali pengusaha di bidang kuliner. Untuk menentukan produk apa yang ingin ditawarkan caranya mudah, Anda bisa melihat permintaan pasar atau  membuat produk sendiri. Jika Anda ingin membuat produk kuliner sendiri pertimbangkan juga ketahannya dan cara penyimpannya.

Pilih gunakan toko online website atau marketplace online

Untuk jualan online sebenarnya banyak platform yang bisa Anda gunakan, contohnya website dan e-commerce. Bila Anda memutuskan untuk membuat situs jualan, saran kami jangan membuat toko online yang punya bermacam-macam fitur. Ini bertujuan agar konsumen bisa dengan mudah mengorder barang Anda. Tapi kalau Anda punya puluhan produk, berjualan dengan sistem ecommerce akan jadi lebih mudah. Hal ini karena platform e-commerce sudah terintegrasi dengan sistem keranjang belanja, pembayaran, pengiriman, inventory, dan lainnya.

Gunakan sosial media untuk mendatangkan konsumen ke toko online

Cara memulai bisnis kuliner online untuk menghasilkan banyak konsumen berikutnya adalah dengan menggunakan social-media. Sebagai penjual kita tentu perlu mengajak konsumen untuk mengunjungi toko. Inilah salah satu fungsi social-media sebagai tempat promosi. Tapi jangan sama artikan hal ini sebagai tempat jualan utama Anda ya. Beberapa social-media yang umum digunakan sebagai sarana pemasaran, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan lainnya.

Buat konten yang berhubungan

Banyak yang sudah menyadari fungsinya social-media untuk bisnis. Namun, sedikit orang yang mengerti cara memaksimalkan kegunaan sosial media. Alhasil, kontennya tidak berhubungan dengan bisnis yang mereka jalankan. Lalu bagaimana cara membuat konten media sosial untuk usaha yang benar? Karena sebagian besar orang yang ada di internet ingin mendapatkan informasi maka buatlah konten berupa informasi tidak hanya promosi.

Berikan diskon saat tertentu

Pemberian diskon adalah cara umum yang digunakan untuk menarik konsumen, Meskipun berjualan secara online banyak pelapak dunia maya memberikan diskon yang tidak tanggung-tanggung dengan batas waktu tertentu. Taktik ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan keinginan konsumen membeli barang, bahkan untuk barang yang tidak terlalu penting sekalipun. Karena pembeli seringkali memutuskan membeli barang dengan satu alasan yaitu mumpung sedang ada diskon.

Berikan penawaran member

Apa gunannya member? Bagi konsumen, kartu member bisa digunakan untuk mendapatkan promo-promo yang ditawarkan toko hanya untuk anggota member. Dengen memiliki kartu tersebut, para pelanggan akan tergoda untuk datang kembali ke toko online kita dan berbelanja lebih banyak demi mendapatkan promosi dan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Makanan untuk Pengusaha yang ingin Terjun Ke Bisnis Kuliner

Tata Letak produk di website

Bila Anda punya produk yang cukup beragam, pastikan produk yang sering dibeli, unggulan dan sedang ada promo berada di halaman depan website. Langkah selanjutntya buat menu navigasi yang terorganisir dengan baik. Melakukan kedua hal tersebut membantu pembeli menemukan apa yang mereka inginkan dengan mudah.

Buat foto produk Anda lebih menarik

Banyak usaha kuliner online yang memiliki konsep dan rasa menarik namun sayangnya visualnya tidak mendukung. Sehingga ini membuat konsumen pun ragu ingin membeli makanan dan minuman yang dijual. Untuk itu solusinya kita harus mengerti bagaimana membuat produk kita jadi lebih menarik. Anda juga harus mengerti cara pengambilan foto produk, seperti bagaimana pencahayaannya dan cara mengambil angle gambarnya. Memotret produk juga harus didampingi dengan pengemasan produk yang menarik juga ya.

Pahami teknik copywriting

Cara memulai bisnis kuliner online selanjutnya adalah memahami teknik copywriting. Copywriting adalah teknik penulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan.  Teknik ini dibutuhkan untuk membuat tulisan deskripsi produk dan promosi. Bahasanya bisa disesuaikan dengan target pembeli agar bisa lebih menarik. Jadi maksudnya Anda tidak hanya memberikan pelanggan informasi yang mereka butuhkan, tapi juga mengajak mereka untuk mengklik atau melakukan pembelian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − = 11