Bisnis Online Makanan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Punya rencana bisnis online makanan dalam waktu dekat? Kalau di antara Anda ada yang berencana ingin bisnis demikian sudahkah Anda menyusun strategi atau rencana bisnis online ke depannya? Bila belum tidak ada salahnya untuk simak pembahasan cara bisnis makanan online berikut ini untuk tambah wawasan dan mungkin bisa diterapkan ke dalam bisnis Anda nantinya. Namun sebelum kami berikan beberapa tips menjalankan bisnis makanan dengan cara online, mari kita sama-sama memperdalam apa itu bisnis online dan kenapa bisnis ini disebut-sebut peluang usaha yang menguntungkan.

Sebenarnya banyak manfaat dan kemudahan apabila Anda menjalankan bisnis online yang menguntungkan ini. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan meskipun Anda masih berstatus sebagai karyawan. Hal ini karena bisnis ini dapat dikerjakan dimanapun, bahkan sambil melakukan pekerjaan lainnya. Tidak hanya itu saja alasan mengapa usaha online menguntungkan, berikut beberapa alasan lainnya.

Baca Juga: 8 Usaha Franchise Makanan Murah dan Unik untuk Pemula

Pemasaran Anda bisa lebih luas.

Jika Anda memulai bisnis secara offline itu artinya pembeli harus mengunjungi tempat usaha Anda untuk dapat membeli produk. Itu artinya antara pembeli dan penjual nasi dibatas dengan wilayah geografis. Namun jika Anda berbinsis secara online, Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas, bahkan mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan jangkauan internet Anda juga bisa memasarkan produk Anda ke luar negeri sekalipun.

Anda bisa mulai usaha dengan modal yang sangat terbatas.

Bisnis online termasuk bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar. Kenapa? Sebab hanya bermodal komputer atau laptop lengkap dengan internet, Anda sudah bisa menjalankannya. Lain halnya bila Anda membuka store atau toko offline, Anda perlu bayar biaya sewa tempat dan tagihan lainnya.

Sudah banyak platform jualan online yang bisa digunakan.

Berjualan online Anda tidak hanya berjualan di satu tempat saja, namun dibanyak portal online. Kini sudah tersedia marketplace online yang mewadahi pelaku usaha untuk melakukan pemasaran, contohnya Tokopedia, Bukalapak, Ralali, Shopie dan lainnya. Selain itu hadirnya sosial media juga dapat dimanfatkan oleh pengusaha untuk memasarkan produknya. Jadi tidak ada kata bingung ingin jualan di mana.

Memberikan perbandingan harga dengan lebih cepat untuk konsumen.

Sudah sewajarnya kalau konsumen membandingkan produk satu dengan produk lainnya dari sisi harga dan kualitasnya. Nah, dengan berjualan online Anda dapat lebih cepat membandingkan harga produk dari satu toko online dengan banyak toko online lainnya sehingga harga yang Anda tawarkan bisa lebih kompetitif. Tidak hanya harga, Anda juga bisa membuat kualitas produk Anda jauh lebih baik dari kompetitor dengan cara mengadaptasi dan memperbaiki apa keselahan yang dilakukan oleh mereka. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan daya saing produk Anda.

Bisa mendapatkan pelanggan baru dengan search engine.

Dengan memulai bisnis online, Anda tidak perlu melakukan pemasran secara langsung. Konsumen akan dengan mudah menemukan produk Anda hanya dengan bantuan search engine, Google. Untuk itu Anda perlu memaksimalkan situs Anda dengan SEO atau Search Engine Optimization, yaitu cara untuk mengoptimlisasikan situs toko online agar dapat meningkatkan traffic dan posisi situs pada halaman pencarian Google.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berbisnis dengan cara online. Bila Anda berniat untuk mencobanya, tidak ada salahnya mulai dari sekarang. Memang Anda tidak akan langusng mendapatkan keuntungan besar, untuk itu makanya dibutuhkan komitmen. Bila Anda sudah komit diimbangi dengan kerja keras, maka kesuksesan pasti akan datang pada waktunya.

Nah, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara jalankan bisnis online makanan yang dapat menarik banyak konsumen. Banyak cara agar Anda bisa sukses di bisnis kuliner online, salah satunya adalah dengan menyediakan produk yang unik.

Bukan hanya itu saja hal yang harus Anda lakukan, berikut ini langkah atau cara untuk memasarkan produk makanan melalui online.

Produk Anda harus punya keunikan tersendiri.

Produk yang memiliki ciri khas pasti lebih mudah diingat oleh konsumen, tidak terkecuali produk makanan. Contoh nyatanya kita bisa belajar dari Chocodot, cokelat satu ini berbeda dari produk cokelat kebanyakan karena bahan yang digunakan unik, yaitu perpaduan cokelat dengan dodol. Cemilan asal Yogyakarta ini pun dikemas lucu, dengan memadukan tulisan-tulisan yang menarik, misalnya Coklat Anti Galau, Cokelat Enteng Jodoh, Cokelat Rasa sayang dan lain-lain.

Meskipun tidak bertatap muka, tetap ada etika dalam menghadapi costumer.

Sabar dan keramahtamaahan adalah satu faktor yang dinilai oleh pelanggan. Meskipun tidak bertatap muka kedua hal ini harus Anda terapkan di saat menjawab pertanyaan atau order konsumen. Karena pasalnya kalau kita memperlakukan konsumen dengan baik, maka kepercayaan dan loyalitas pelanggan ke toko online kita pasti bertambah.

Buat tampilan makanan menggungah selera.

Tidak hanya rasa, makanan dengan tampilan yang menarik juga jadi penentu. Memang tampilan bukan jadi patokan enak tidaknya rasa makanan tersebut, namun setidaknya dari tampilan yang menarik konsumen akan pensaran dengan rasa yang makanan tersebut.  Tapi bukan berarti tampilan yang terpenting dibanding rasa, Anda juga perlu mengedepankan kualitas agar pembeli tidak kecewa.

Baca Juga: Usaha Makanan Khas Korea Terlaris di Indonesia

Masukan detail bahan atau komposisi makanan pada deskripsi makanan.

Konsumen pastinya tidak ingin membeli produk tanpa mengetahui spesifikasi atau komposisi dari barang yang dia beli, apa lagi produk itu untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyertakan detail komposisi makanan yang detail pada setiap menu makanan. Seperti bahan dasar dan tambahannya sehingga pengunjung toko bisa mengira-ngira rasanya.

Pastikan layanan pengiriman Anda tepat waktu.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah proses pengiriman. Bila Anda menggunakan jasa pengiriman atau kurir informasikan ke konsumen berapa lama barang akan diterima oleh konsumen, serta kirimkan tanda resi agar konsumen bisa menlacak sudah di mana pesanan mereka berada.

Nah, itu dia tadi beberapa cara jalankan bisnis online makanan untuk Anda yang berencana ingin menjalankannya. Hal yang terpenting adalah pastikan kualitas produk, pelayanan dan ketepatan waktu pengiriman untuk memuaskan konsumen Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 1