Peluang Usaha Makanan Ringan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Peluang usaha makanan ringan adalah salah satu usaha yang dinilai tidak memerlukan modal yang besar. Tapi jangan salah bisnis rumahan ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Mengingat banyak sekali peminatnya. Maka, tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan ini sering kali kebanjiran pembeli.

Terdapat berbagai macam bisnis makanan ringan unik yang sudah bermunculan, seperti misalnya siomay pink, keripik maicih, dan masih banyak lainnya. Hadirnya berbagai macam jenis makanan ringan tersebut didorong dengan keinginan pasar yang semakin meningkat. Selain itu, semakin beragam keinginan konsumen menjadi alasan mengapa pelaku bisnis di bidang kuliner ini harus sering coba berinovasi.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Makanan Kecil Kecilan Serba Seribu

Kendati banyak permintaan konsumen yang aneh-aneh, jual makanan ringan pun tidak semudah buka usaha asongan. Produk yang ditawarkan tidak hanya harus enak saja tapi juga harus memiliki keunikan agar bisa menarik perhatian konsumen. Selain makanan ringan yang sudah disebutkan tadi, apa lagi menu makanan ringan yang paling laris lainnya?

5 jenis peluang usaha makanan ringan yang menguntungkan

Bisnis Jualan takoyaki

Usaha rumahan makanan ringan pertama yang banyak dipilih oleh pengusaha adalah usaha makanan takoyaki. Makanan yang berasal dari Jepang ini memiliki peminat yang sangat tinggi, maka tidak mengherankan jika usahanya mulai menjamur di mana-mana. Takoyaki memiliki rasa yang cukup otentik dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Itulah mengapa makanan ringan ini cepat populer di tengah ketatnya persaingan di bisnis kuliner. Bila Anda ingin memulai usaha ini, Anda bisa tawarkan produk sendiri atau membeli usaha franchise yang sudah terkenal.

Pancake Durian

Bentuknya seperti bantal, ketika digigit rasa manis dan kulit daging durian yang lembut akan sangat nikmat di mulut. Yup tak salah lagi ini adalah pancake durian! Belakangan cemilan satu ini mulai tenar di masyarakat. Tapi tahukah Anda bahwa pancake durian adalah makanan khas kota Medan. Dikenal dengan kota penghasil buah durian terenak, menginspirasi masyarakatnya mengolah buah durian menjadi makanan yang unik dan enak. Terciptalah pancake buah durian. Cara membuat dan bahan-bahan pembuat cemilan ini pun sederhana.

Jual onde-onde dan pismol mini

Siapa yang tidak menyukai makanan berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung beras baertabur biji wijen serta diisi kacang hijau. Jajanan khas Indonesia ini masih banyak peminatnya hingga saat ini. Untuk membuat cemilan ringan ini memang mudah tapi memerlukan perhatian khusus agar hasilnya kenyal dan isinya lembut. Selain onde-onde biasanya pengusaha menambahkan pilihan yang lain seperti pismol mini. Kedua makanan ringan ini bisanya dijual dengan harga Rp 500 per buah. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, waktu yang paling efektif untuk menjual onde-onde dan pismol adalah sore hari dan di lingkungan taman bermain.

Jual bakso bakar

Peluang usaha makanan ringan selanjutnya adalah bakso bakar. Saat ini usaha ini tengah populer di kalangan pengusaha. Hal ini karena produk bakso bakar memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sehingga penggemar makanan ringan tersebut pun tidak terbatas. Untuk mulai bisnis Anda apa saja yang dibutuhkan? Bila Anda ingin mencobanya, cobalah jual di tempat yang ramai, misalnya pasar, tempat rekreasi atau tempat wisata.

Jual aneka macam keripik

Untuk jenis usaha yang satu ini cukup menjanjikan, melihat banyak sekali peminat keripik. pengusaha pun banyak yang mengkreasikannya dengan membuat keripik dari berbagai bahan, seperti sayuran, buah, ubi-ubian bahkan yang paling ekstrim keripik dengan bahan dasar serangga. Untuk membuat jenis kreipik yang dapat diingat Anda bisa coba tawarkan keripik dengan rasa yang lebih beragam agar konsumen Anda tidak akan bosan mencoba rasa yang itu-itu saja.

Berikut tadi adalah beberapa macam makanan ringan yang menjanjikan yang bisa Anda jadikan ide usaha. kebanyakan pengusaha yang sukses dalam bisnis ini adalah pengusaha yang telah lama berjualan lama. Tapi bukan berarti bagi Anda yang baru memulai tidak bisa berkembang. Kunci utama untuk sukses di bisnis ini adalah kreatifitas dan rasa produk yang enak.

Baca Juga: Tips Menjalani Bisnis Makanan Beku di Rumah untuk Pengusaha Pemula

Selain kedua hal itu, sebenarnya ada berbagai macam hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang menjalankan bisnis ini. Berikut hal lain yang mempengaruhi seseorang berhasil menjalankan bisnis makanan rumahan.

  • Kualitas sangat penting bila Anda menawarkan produk makanan. Mulai dari pemilihan bahan, hingga pengolahannya harus tepat dan higenis. Tidak hanya itu saja, pengemasan juga perlu diperhatikan. Karena jika Anda salah dalam pengemasan, pasti akan mengubah tekstur dan rasa produk Anda.
  • Buat strategi pemasaran yang tepat agar langsung mencapai apa yang Anda targetkan. Selain itu, tugas Anda juga harus bisa membaca pasar dengan baik untuk menjangkau konsumen yang potensial.
  • Jangan lupa untuk mencari pemasok bahan untuk memperlancar produksi Anda. Bila Anda sudah mendapatkan pemasok tetap selain akan mendapatkan harga relatif lebih murah, Anda pun akan menjadi prioritas jika suatu saat bahan yang Anda gunakan sulit didapatkan.
  • Demi kenyamaan Anda berjualan, pastikan Anda mengurus surat izin usaha, seperti izin SIUP, perizinan kementerian kesehatan bahkan sertifikasi halal dari MUI. Pengurusan izin ini bertujuan agar nantinya Anda bisa lebih mudah mengembangkan bisnis Anda.

Peluang usaha makanan ringan di atas tentunya memiliki tantangannya masing-masing. Tapi hal ini jangan membuat diri Anda tidak berani mencobanya. Sebab tidak sedikit juga pelaku usaha di bidang kuiner yang akhirnya sukses meskipun saat pertama kali memulainya hanya dengan modal yang kecil. Nah, kalau sudah punya tekad untuk memulai, cobalah peluang usahanya sekarang juga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here