bisnis makanan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis makanan memang tengah menjadi idaman bagi para pelaku bisnis. Selain dibutuhkan banyak orang, berbisnis makanan terbilang menghasilkan banyak keuntungan karena di mana pun dan kapan pun makanan pasti akan selalu dicari.

Meskipun begitu, membuka usaha kuliner bukanlah hal yang mudah. Banyak pengusaha kuliner yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak adanya persiapan yang matang. Padahal, bisnis kuliner tidak hanya seputar tentang rasa makanan yang enak saja.

Baca Juga : Cara Sukses Usaha Makanan Ringan Unik ala Top Ittipat

Perlu adanya hal-hal yang harus diperhatikan agar bisa meraup keuntungan serta membuat usaha Anda menjadi semakin dikenal oleh masyarakat.

Jika Anda tertarik membuka usaha kuliner, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha kuliner

Riset Pasar

Untuk mengetahui reaksi pasar, Anda perlu melakukan riset pasar. Hal tersebut dilakukan agar Anda mengetahui keadaan pasar saat Anda memperkenalkan usaha kuliner yang Anda miliki, selain itu riset pasar berguna untuk mengetahui seberapa kuat kompetitor dan bagaimana cara mengatasinya.

Perencanaan

Setelah melakukan riset, sebaiknya Anda mmebuat perencanaan secara detail dan matang. Persiapkan konsep usaha, jenis usaha kuliner apa yang akan Anda jalankan, persiapkan juga inovasi-inovasi apa yang akan Anda keluarkan.

Modal untuk Awal Usaha

Siapkan modal untuk membuka usaha kuliner Anda. Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, Anda dapat meminjam bantuan modal dari pemerintah yang bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Mikro (UMi), serta beberapa situs yang memberikan pinjaman modal secara online untuk pelaku UKM.

Lokasi

Carilah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Pemilihan lokasi yang strategis akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pelanggan. Namun, Anda juga harus memperhitungkan modal yang Anda miliki, karena biasanya lokasi usaha yang strategis memiliki harga jual atau harga sewa yang cukup tinggi.

Andalan Menu

Cari tahu jenis kuliner apa yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Usahakan menu andalan yang Anda tawarkan bukanlah menu yang sudah banyak beredar dipasaran. Lakukalah inovasi pada usaha kuliner Anda dengan membuat rasa atau bentuk yang unik.

Pasokan Bahan Baku

Pastikan Anda telah memiliki pemasok bahan baku yang tepat waktu setiap harinya. Pasokan bahan baku yang terlambat akan membuat proses produksi menjadi tidak lancar. Carilah pemasok bahan baku yang terpercaya dan bisa diandalkan saat Anda mengalami keadaan sulit. Usahakan juga untuk memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif jika salah satu pemasok bahan baku tidak bisa menyiapkan permintaan Anda.

Sumber Daya Manusia

Jika Anda berniat untuk merekrut karyawan, pilihlah karyawan yang bisa diandalkan dan dapat membantu pekerjaan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Promosi Usaha

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi. Dengan memperkenalkan usaha kuliner Anda kebeberapa orang terdekat pun, Anda sudah termasuk melakukan promosi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai tempat Anda berpromosi seperti Facebook dan Instagram.

Promosi juga memegang peranan penting dalam sebuah usaha kuliner. Terkadang, lokasi usaha yang tidak strategis pun bisa mendapatkan banyak pelanggan karena strategi promosinya yang sangat baik

Perizinan Usaha

Demi kemanan dan kenyamanan usaha, Anda harus mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintah atau pihak yang berwenang. Apalagi, jika usaha kuliner Anda semakin berkembang dan besar, sebaiknya Anda mengurus NPWP, perizinan ke Kementerian Kesehatan, serta mengurus sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Baca Juga : Izin Usaha Kuliner yang Perlu Diketahui Pengusaha

Pelayanan

Penting sekali untuk menjaga sikap dan prilaku di depan pelanggan. Berikan pelayanan seperti sapa, senyum, dan tidak salah dalam mencatat menu. Jika Anda ramah dan sopan, maka pelanggan Anda akan merasa nyaman dan senang. Biasanya, pelayanan yang baik membuat pelanggan tertarik untuk datang lagi.

Kualitas Rasa

Berbicara soal bisnis kuliner, maka kualitas rasa adalah fokusnya. Jangan sampai rasa makanan yang Anda berikan terkesan asal-asalan, apalagi jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan rasa yang diberikan. Kualitas rasa juga bisa Anda dapatkan dari pemilihan bahan yang baik dan segar.

Banyak orang yang akhirnya menggeluti dunia bisnis, terutama bisnis makanan. Bisnis kuliner diminati karena dianggap memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Bagi Anda yang baru memulai usaha kuliner, Anda harus siap dengan persaingan karena banyaknya usaha kuliner yang bermunculan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 2 =