Ide Usaha Kuliner

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Menyambut tahun baru yang tinggal beberapa bulan lagi ada baiknya Anda mulai mencari referensi ide bisnis yang gencar dicari di tahun 2018. Di tahun yang akan datang kami prediksikan mulai banyak orang yang merintis ide usaha kuliner. Kenapa? Sebab sektor usaha yang satu ini terbilang menjanjikan. Ditambah banyaknya artis yang menjajal bisnis ini, sehingga lama-kelamaan bisnis ini pun akan menjadi tren di masyarakat. Bisnis kuliner apa saja kira-kira yang akan booming di tahun 2018? Berikut kami rangkum 10 usaha kuliner 2018 yang menguntungkan.

Bisnis Kuliner Serba Pedas

Kuliner dengan cita rasa pedas memang sudah lama dikenal oleh masyarakat tanah air. Namun, penikmatnya tidak kunjung berkurang. Anda pasti sudah tahu tempat makan Mie Abang Adek? Tempat makan dengan menu andalan mie goreng super pedas itu sampai sekarang masih sering dikunjungi oleh masyarakat meskipun sudah lama berdiri. Makanya bisa diprediksi bisnis dengan menu yang pedas-pedas tetap jadi primadona bisnis kuliner 2018.

Baca Juga: Ide Peluang Bisnis Makanan Korea Yang Menjanjikan

Minuman Sehat Smoothie

Bisnis kuliner yang menguntungkan berikutnya adalah dessert sehat yaitu smoothie. Belakangan ini banyak sekali kalangan muda yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Banyak diantara mereka yang memanfaatkan waktu luang untuk berolahraga agar badan tetap bugar. Namun tidak semua orang bisa meluangkan waktu ditengah jadwal mereka yang begitu padat. Sehingga alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi santapan yang sehat.

Ada yang senang menikmati salad sayuran maupun buah, dan ada juga yang memilih menu minuman seperti smoothie. Smoothie adalah minuman campuran buah-buahan segar yang bisa menggungah selera penikmatnya. Minuman ini sering disajikan di atas mangkuk dengan toping yang sehat pula, seperti oat, buah-buahan, yogurt atau es krim.

Makanan dengan Lelehan Keju Mozarela

Keju mozzarela jadi salah satu bahan makanan yang sangat digandrungi saat ini. Bahan ini sering sekali jadi pendukung makanan contohnya di sajian ayam barberque, keju mozarela acap kali jadi saus atau topping. Selain itu, keju yang berasal dari Italia ini dijadikan layer pada sandwich dan burger yang akan membuat makanan ini tambah gurih saat digigit. Nah, jadi kalau Anda berencana buka usaha kuliner di tahun depan coba saja tambahkan keju mozzarella pada menu makanan Anda.

Bisnis Kuliner Kue Kekinian

Bisnis kue kekinian mulai diperkenalkan oleh para artis Indonesia. Kue brownies kukus ini disebut kekinian karena pilihan rasanya yang beragam, seperti rasa mocca, cappuccino, pisang, ubi ungu dan lainnya. Peluang usaha kue kekinian ini menjadi viral karena banyak artis yang menjalankan bisnis serupa dengan membawa nama daerah asal mereka. Contohnya, Syahrini yang memperkenalkan bisnis kue kekinian khas daerah Bandung dengan nama Bandung Princess Cake.

Usaha Kuliner Asianan Rambutan

Asinan yang dikenal sebagai kuliner khas Banjarmasin akhir-akhir ini sedang ramai di soial media Instagram. Seperti namanya asinan buah satu ini bukan menggunakan buah kedondong atau mangga muda, melainkan rambutan. Rasanya sangat unik perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam dijamin akan membuat mata penikmatnya kembali segar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cemilan ini, yaitu daging rambutan dicampur cabai, jeruk nipis, gula, garam dan air dingin. Selain bisa dimakan langsung, sajian ini ternyata juga cocok disantap sebagai pelangkap menu olahan berbahan dasar seafood loh. Karena rasa segar yang dihasilkan dari asinan ini diyakini bisa menetralisir bau amis dari makanan laut tersebut. Nah, buat Anda yang punya bisnis makanan seafood bisa tambahkan sajian ini ke dalam daftar menu tempat makan Anda.

Bisnis Kuliner Castella Cake

Kue Castella atau Kasutera adalah kue bolu khas Jepang yang mulai banyak digandrungi para pemburu makanan manis di tanah air. Kue Jepang ini adalah jenis sponge cake yang terbuat dari tepung, telur, gula dan disiram dengan madu atau lelehan butter di permukaan kuenya. Cara membuatnya pun sangat mudah dan kurang lebih hampir sama seperti membuat kue bolu pada umumnya.

Bisnis Kuliner Pie Buah

Pie adalah salah satu kuliner yang cukup popule, khususnya di kota Bali. Hidangan manis yang dipanggang ini selalu pas dinikmati saat kapan pun, baik sedang bersantai maupun berkumpul bersama keluarga besar. Untuk itu permintaannya pun tidak pernah sepi. Besarnya minat konsumen, banyak para pelaku usaha pastry and bakery rumahan memilih menekuni usaha tersebut.

Berbagai modifikasi dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut. Kutomisasi tersebut mencakup rasa, toping, ukuran pie hingga tingkat kematangannya apakah mau yang crunchy, moist atau keduanya. Nah, di tahun depan kemungkinan usaha kuliner ini akan ikut booming sebab penikmatnya sendiri terus bertambah.

Baca Juga: Membuka Bisnis Makanan Cepat Saji (Fast Food) yang Menguntungkan

Makanan yang “Fotogenik”

Makanan dengan tampilan cantik pastinya akan menarik siapapun sehingga ingin mencobanya. Untuk itu, bila anda ingin mulai usaha kuliner, buatlah menu makanan yang tidak hanya enak tapi juga memiliki konsep menarik. Misalnya buat kue dengan toping bunga edible seperti gambar di atas. Bunga yang digunakan sebagai hiasan ini biasanya adalah Chrysanthemum, Chamomile, dan bunga melati sebagai bahan-bahan pembuatan salad dan pewarna makanan natural.

Usaha Gorengan Seafood

Pada umumnya gorengan identik dengan bakwan, tahun, tempe atau cireng. Namun kali ini, makanan seafood seperti cumi, tempura, dan udang juga bisa dijadikan jajanan pinggir jalan. Gorengan kekinian ini bakal memuaskan pencinta sajian seafood karena selain rasanya enak, juga lebih mudah disantap dan harganya lebih murah.

Makanan Berbahan Dasar Arang (Activated Charcoal)

Usaha kuliner dengan menjajalkan makanan berbahan dasar arang ditahun depan juga bisa jadi sangat menguntungkan. Loh memang arang aman untuk dikonsumsi? Bahan arang yang kami maksud bukan arang umumnya digunakan untuk membakar makanan ya. Jenis arang atau disebut juga activated charcoal ini aman untuk dikonsumsi. Bahkan bahan Charcol ini bermanfaat untuk membantu detoksifikasi racun-racun dan zat kimia di dalam pencernaan. Bahan campuran makanan ini sering digunakan untuk membuat es krim, waffle, roti, frozen yogurt, bahkan mie loh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 8 =