Ide Jualan Makanan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Ide jualan makanan dari makanan ringan sampai makanan berat telah banyak diperjualbelikan. Dari yang ringan seperti keripik, atau berat seperti mie ayam. Semuanya mempunyai keunikan masing-masing. Cara menjualkannya pun berbeda. Ada yang keliling dengan gerobak, mempunyai tempat dengan menyewa tempat, atau lainnya.

Cara penjualan makanan ini biasanya terbagi menjadi dua yaitu secara online dan offline. Dan keduanya sama-sama mempunyai keunggulan masing-masing. Dengan era teknologi yang kian canggih ini, seharusnya para pedagang atau pengusah mulai menajajankan produk mereka secara online. Selain mudah, berjualan online juga mencakupi daerah yang luas sehingga Anda mempunyai profit yang menguntungkan nantinya.

Baca Juga: Inpirasi Peluang Usaha Makanan khas Korea

Lalu, selain luas jangkauannya, apalagi keuntungan menjual makanan online ini? Berikut beberapa manfaat jika Anda menjual makanan rumahan secara online.

Manfaat Jualan Makanan Rumahan Online

Tidak Perlu Sewa atau Kontrak

Siapa bilang semua usaha harus punya tempat usahanya dulu? Dengan berjualan online, Anda tidak perlu lagi menyewa atau mengontrak tempat usaha. Mengapa demikian? Karena tempat usaha Anda sudah ada secara online.

Maksud secara online adalah Anda sudah mempunyai usahanya di internet. Salah satunya di website atau sosial media. Anda tidak perlu membayar juga karena sudah banyak tempat-tempat berjualan yang menawarkan kerjasama secara online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan tempat lainnya.

Terhubung dengan Pembeli

Anda sulit menghubungi konsumen Anda? Tidak perlu khawatir. Karena jika Anda menawarkan ide jualan makanan Anda secara online, maka pembeli akan selalu stay in touch dengan Anda. Anda tidak perlu repot dalam mencari pelanggan karena pelanggan akan mencari Anda.

Apalagi jika Anda menambahkan social media atau aplikasi chat seperti Whatsapp atau BBM. Anda juga bisa memasarkan ke teman-teman Anda beserta keluarga. Dengan ini, Anda bisa mempromosikannya ke banyak orang.

SDM yang Optimal

Dilansir dari bisnis.liputan6.com, Sumber Daya Manusia yang Anda gunakan dalam menjalankan bisnis online tentunya lebih sedikit dan lebih optimal pengerjaannya. Hal ini bisa Anda atur sendiri di tempat yang Anda inginkan dan Anda bisa membuat kantor sendiri sebagai pusat perdagangan Anda.

Macam Ide Jualan Makanan Rumahan Online

Untuk berjualan online, hanya beberapa makanan atau minuman saja yang bisa diperjualbelikan. Ide jualan makanan ini ditujukan untuk ibu-ibu rumah tangga atau pengusaha yang ingin berjualan di sekitar rumah. Berikut beberapa ide jualan makanan online terlaris khusus untuk pengusaha pemula rumahan.

Membuka Usaha Makanan Ringan Untuk Semua Kalangan

Sudah pernah mencoba bisnis makanan ringan seperti keripik, kue kering, atau lainnya? Ya, ide bisnis jualan makanan ini juga mempunyai profit yang lumayan jika Anda tekuni sungguh-sungguh. Salah satu makanan ringan favorit itu seperti makaroni kering, keripik, dan stik. Mereka sama-sama mempunyai keunggulan yang sama yaitu awet dan tahan lama. Tertarik untuk mencobanya?

Lalu, bagaimana cara menjualkannya secara online? Yang Anda perlukan adalah mengambil gambar produk Anda dari proses pembuatan sampai tahap penyelesaian sebagai pembuat yakin para konsumen. Jangan lupa tambahkan promo seperti diskon atau buy 1 get 1 sebagai pengangkat rating produk Anda.

Bisnis Jualan Makanan Beku atau Frozen Food

Seperti dilansir dari goukm.id, makanan beku atau frozen food juga bisa dijadikan ide jualan makanan Anda. Ini karena makanan beku lebih awet dan tentunya lebih tahan lama daripada makanan yang langsung jadi. Beberapa contohnya yaitu seperti sosis, nugget, bakso, dan lain sebagainya.

Selain tahan lama, frozen food juga bisa Anda jualkan kepada penjual atau agen lainnya untuk memperluas jaringan Anda. Luaskan jaringan Anda dengan membuka reseller per-kabupaten misalnya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk membuka bisnis jualan makanan secara online ini.

Baca Juga: Usaha Frozen Food yang Bisa Dijalankan Di Rumah, Apakah Menguntungkan?

Usaha Makanan Kaleng Tahan Lama

Makanan kaleng juga bisa dijadikan ide jualan makanan rumahan online Anda. Mengapa demikian? Sama dengan makanan beku, makanan kaleng identik dengan tahan lama daripada makanan tanpa pelindung apapun. Maka dari itu, makanan kaleng sangat bagus untuk Anda yang mempunyai makanan yang ketahanan lama yang sebentar.

Makanan kaleng bisa mencakup makanan apapun dari ringan maupun berat. Walaupun banyak pendapat negatif tentang makanan ini, tetapi makanan kaleng bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mempunyai makanan langsung tanpa banyak proses lagi. Inilah yang menjadikan makanan kaleng sebagai rekomendasi untuk ide usaha makanan rumahan online Anda.

Dengan adanya website sampai sosial media, pengusaha maupun pelanggan diharapkan dapat mudah bersosialisasi terutama dalam hal jual beli. Sudah banyak pula website yang menjalankan promosi produk dengan cuma-cuma atau gratis. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk menemukan inspirasi usaha Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here