Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Ide Bisnis Sampingan – Usaha kuliner memang punya daya tarik tersendiri bagi para pebisnis. Baik yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, maupun para pebisnis pemula. Apalagi, makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Hal tersebutlah yang membuat kuliner menjadi salah satu bisnis paling laris untuk dijalankan.

Menjalankan bisnis kuliner pun bisa bermacam jenisnya. Ada yang berupa rumah makan atau restoran, café, bahkan food truck. Di Indonesia sendiri, jenis usaha kuliner yang paling banyak dijalankan ialah café dan resto. Café dan resto cukup menguntungkan karena trend perkembangan konsumen yang terus meningkat. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang lebih memilih makan diluar ketimbang dirumah.

Baca Juga : Bisnis Co-Working Space Cafe : Sewa Ruang Berkonsep Ala Cafe

Strategi Berbisnis Restoran dan Rumah Makan

Banyak resto atau warung makan di Indonesia membuat para pengusaha harus lebih berhati-hati dalam menyusun strategi dan perhitungan yang tepat. Selain membutuhkan modal yang cukup besar, banyak persiapan-persiapan lainnya yang harus Anda penuhi, diantaranya :

SDM dalam Lingkungan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting sekali untuk mencari SDM yang berkualitas. SDM yang terampil merupakan sebuah aset penting saat menjalankan bisnis. Pada resto dan rumah makan, Anda harus mencari SDM seperti koki atau chef.

Relasi dan Jaringan Kerjasama

Siapa bilang jika bisnis resto dan rumah makan tidak membutuhkan relasi? Misalnya saja relasi dengan distributor bahan baku yang sangat berperan dalam menunjang bisnis yang dijalankan. Bayangkan jika relasi yang Anda miliki sangat sedikit, tentu akan berpengaruh perkembangan bisnis yang sedang Anda bangun.

Tentukan Menu dan Harganya

Menu menjadi komponen utama jika Anda membuka bisnis rumah makan, resto, dan café. Pelanggan tentu akan mempertimbangkan menu yang Anda tawarkan. Jika Anda berada di lokasi yang strategis dan pendapatan penduduknya cukup tinggi, maka Anda bisa menetapkan harga yang lebih tinggi karena bisa membantu meningkatkan permintaan.

Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis yang mudah terlihat akan menarik perhatian pelanggan. Hal tersebut dikarenakan pelanggan cenderung lebih sering datang ke lokasi yang mudah terlihat. Untuk memudahkan lokasi bisnis terlihat dapat dengan cara memberikan banner yang menarik dan memiliki tatanan yang unik sehingga bisa mendatangkan pelanggan serta meminimalisir biaya untuk promosi.

Mudahnya Menjalankan Bisnis Sampingan Lain

Siapa bilang jika Anda hanya bisa menjalankan bisnis sampingan rumah makan. Justru, Anda bisa menjalankan bisnis lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus menarik pegunjung. Bagaimana caranya?

Menjalankan Bisnis Catering

Daripada hanya menjalankan usaha rumah makan, ada baiknya jika Anda melebarkan saya di dunia catering. Masih sama-sama bergerak di bidang kuliner tentu akan membuat Anda lebih mudah untuk menjalankannya. Mulailah usaha catering secara kecil-kecilan terlebih dahulu dan jangan tergesa-gesa.

Menjual Makanan Beku

Seiring berkembangnya teknologi, bisnis makanan beku atau frozen food semakin banyak dicari. Anda bisa menjual makanan beku ini di resto atau rumah makan. Makanan beku diminati karena termasuk ke dalam makanan yang cukup praktis dan tidak sulit untuk dimasak.

Camilan Ringan

Segala jenis makanan ringan pasti disukai segala usia. Salah satu camilan yang paling populer adalah keripik. Anda bisa mengembangkan jenis keripik mulai dari bentuk, bahan utama, hingga tingkatan rasa pedas yang saat ini sedang trend.

Menjadi Mitra Penyedia Internet WiCo 2.0

Bisnis ini menjadi bisnis yang paling mudah untuk dijalankan karena Anda tak memerlukan banyak modal. Anda akan menjadi mitra penyedia layanan internet WiCo 2.0 untuk umum. Anda hanya perlu menyiapkan lokasi yang terjangkau fiber optik Telkom, memiliki izin usaha, badan usaha, badan hukum, dan npwp. Serta membayar joining fee sebesar 500.000 yang dikompensasi dengan voucher untuk dijual kepada pengguna internet.

Baca Juga : Bisnis Melenial : Peluang Usaha Baru dengan Manfaatkan Koneksi Internet

Tak hanya itu, Telkom juga menyediakan Voucher Management System untuk memudahkan Anda membuka usaha wifi corner dan menjual layanan internet kecepatan tinggi kepada pengunjung yang datang. Selain beberapa keuntungan diatas, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat, diantaranya :

  • Meningkatkan daya tarik tempat usaha dengan layanan akses internet kecepatan tinggi
  • Koneksi internet wifi.id 7 x 24 jam dan bebas biaya bulanan
  • Desain lokasi dan branding yang bebas
  • SSID sesuai dengan nama lokasi WiCo, dan hanya bisa diakses melalui pembelian voucher dari mitra WiCo di lokasi tersebut
  • Harga jual ditentukan oleh mitra WiCo 2.0
  • Mendapatkan fee dari penjualan voucher

Jadi, sudah tau mau menjalankan bisnis sampingan yang mana? Apapun bisnis yang Anda jalankan nantinya, tetaplah konsisten agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan tidak berakhir sia-sia. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

52 + = 59