Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Empal gentong merupakan makanan khas Indonesia yang legendaris tapi tetap eksis. Sekilas empal gentong terlihat seperti gulai. Perbedaannya hanya pada acara memasaknya saja. Empal gentong ini sangat enak sekali disajikan dengan menggunakan nasi atau lontong.

Baca Juga: Menggigitnya Keuntungan Beberapa Menu Makanan Yang Terbuat Dari Jagung

Dengan banyaknya yang menyukai empal gentong,  memberikan kesempatan bagi anda untuk membuka sebuah usaha makanan empal gentong. Peminat dari makanan yang satu ini sangat banyak. Bahkan semua kalangan menyukainya. Karena empal gentol sendiri memiliki rasa yang khas dan enak.

Peluang Usaha

Dilansir dari www.detikfinance.com bahwa seorang juragan menyatakan bahwa ia memproduksi empal gentong minimal 600 porsi hingga 800 porsi dalam waktu sehari. Omzet perharinya mencapai 12 juta. Pernyataan ini berarti bahwa empal gentong sangat diminati oleh kalangan masyarakat.

Waktu penjualan empal gentong terbilang cukup singkat. Dan cukup untuk memberikan keuntungan yang tak terduga bagi pelaku usaha yang mau menjalaninya.

Peluang usaha yang cukup lebar ini perlu dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain membuka peluang usaha, juga membudidayakan makanan khas Indonesia.

Untuk permodalan membuka usaha empal gentong tak begitu membutuhkan modal yang banyak. Dan cara pembuataan yang begitu sederhana, karena masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal baik empal gentong.

Memulai Usaha Empal Gentong yang Baik dan Benar

Kita tahu bahwa empal gentong merupakan makanan lokal, namun masih tetap juara dihati masyarakat. Bahkan hingga saat ini empal gentong masih tetap menjadi makanan okal tefavorit dihati masyarakat. Jadi, jika Anda ingn memulai usaha kuliner dengan menu yang satu ini, maka anda perlu bertindak dengan melakukan langkah-langkah berikut.

Buat Sebuah Daftar Kebutuhan

Cara mudah dalam memulai usaha empal gentong adalah dengan melakukan langkah awal, yakni membuat daftar kebutuhan. Daftar yang dibutuhkan seperti daftar alat dan bahan, daftar atau daftar yang lainnya yang anda butuhkan. Dengan pembuatan daftar kebutuhan operasional usaha berjalan efektif dan efisien.

Persiapkan Modal Usaha Anda

Permodalan untuk usaha empal gentong tak membutuhkan biaya yang banyak. Namun untuk mengantisipasi harga pasar yang kadang-kadang melonjak naik, dan kadang turun, maka anda perlu menyediakan dana tak terduganya.

Buatlah Konsep Usaha Yang Menarik

“Gagal merencanakan sama halnya merencanakan kegagalan”. Kalimat yang harus ditanamkan dalam setiap diri pengusaha kuliner. Seperti halnya strategi memulai usaha yang lain, anda harus menentukan konsep usaha secara matang dan menyeluruh sebelum menetapkan usaha anda.

Melakukan Promosi

Mempromosikan usaha merupakan langkaha awal menuju sukses. Semakin banyaknya yang mengenali usaha empal gentong anda, semakin membuka lebar peluang sukses untuk anda. Jadi, sebarkanlah dari segala  media usaha empal gentok produksi milik anda.

Optimis Dan Bekerja Keras

Sikap pesimis merupakan hal-hal yang menghalangi kesuksesan menghampiri anda. Oleh karena itu, sikap optimis dan bekerja keras sangat penting untuk anda yang ingin memulai usaha kuliner ini. Karena dua sikap ini sangat menentukan kesuksesan anda untuk masa yang akan datang.

Ketahui Dulu Kelebihan Dan Kekurangan Usaha Empal Gentong Anda

Sebelum melangkah lebih jauh  anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan usaha anda. Hal ini berguna untuk  meningkatkan usaha anda. Selain itu, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan anda dapat melakukan inovasi-inovasi baru.

Mempertahankan Usaha Tak Semudah Memulai Usaha?

Mempertahankan usaha tak semudah memulai usaha?? Kok bisa? Jawabannya karena, jika anda gagal mempertahankan usaha, sama hal nya anda telah mengecewakan para pelanggan. Kekecewaan pelanggan yang membuat anda sulit mempertahankan usaha.

Baca Juga:Menu Andalan Yang Mudah Ditiru Namun Laku keras Di Pasaran

Demikian ulasan mengenai memulai usaha empal gentong yang patut anda cobakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses dalam menjalaninya. Terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 1