Cara Memulai Usaha Kuliner

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Usaha Kuliner. Pernahkah terpikir di benak Anda menjadi seorang pengusaha sukses dan memiliki banyak karyawan? Mungkin banyak di antara kita ingin sekali menjadi seorang pengusaha karen selain memiliki banyak uang juga bisa memberdayakan orang di sekitar kita yang tidak memiliki pekerjaan.

Dalam kata lain menjadi seorang pengusaha adalah menjadi bos. Sering kita mendengar istilah “sekecil apapun bisnis yang kita jalani, kita adalah bosnya”. Memang benar, dengan membuka usaha sendiri artinya seluruh kegiatan usaha yang dijalano sepenuhnya Anda yang mengendalikan.

Baca Juga: Raup Keuntungan Bisnis di Akhir Tahun dengan Berjualan Makanan Sehat

Namun bagai mana jika Anda adalah seorang pekerja atau Anda yang belum berpengalaman sama sekali di dunia bisnis? Tenang, untuk memulai bisnis memang mudah, yang sedikit sulit adalah cara kita mempertahankan usaha tersebut agar tidak gulung tikar.

Bagaimana Menjadi Seorang Pengusaha di Bidang Kuliner?

Ternyata tidak sulit untuk memulai usaha kuliner. Jika Anda tidak memiliki cukup banyak uang untuk modal usaha, Anda bisa tetap memulai usaha dari yang paling kecil. Sebelum Anda memulai usaha kuliner, sebaiknya Anda mengasah keahlian terlebih dahulu.

Memang jika kita banyangkan terlihat lebih mudah. Tapi Anda juga harus tau kelebihan dan kekurangan usaha kuliner. Pengetahuan ini sangat penting agar Anda mempertimbangkan usaha apa yang cocok sebelum memulainya.

Kelebihan Usaha Kuliner

Pola pikir yang harus ditanamkan yang pertama sebelum memulai usaha kuliner adalah setiap orang akan selalu membutuhkan makan. Meskipun beberapa bisnis di bidang lain mengalami kebangkrutan, bisnis kuliner akan tetap dibutuhkan.

Besar kecil keuntungan dalam bisnis ini tergantung dari seberapa maksimal usaha yang Anda lakukan. Anda harus kreatif dan berinovasi sehingga bisnis kuliner yang Anda jalani dilirik banyak orang dan memiliki ciri khas. Anda juga bisa mengambil keuntungan sampai dengan 100 persen.

Kekurangan Usaha Kuliner

Selain banyak kelebihan dalam memilih usaha kuliner, tentu bisnis ini pun tidak terlepas dari kekurangan. Ada beberapa kelemahan seperti banyaknya pesaing. Saking mudahnya membangun usaha kuliner, orang-orang berbondong-bondong memilih usaha ini. Dari mulai pedagang kaki lma sampai dengan restoran.

Mungkin banyak pertimbangan lain yang membuat Anda semakin ragu untuk memulai usaha ini. Lalu bagaiman Agar tidak ragu-ragu dalam memulai usaha kuliner?

Anda Harus Komitmen Bahwa Anda Memang Niat Membuka Usaha Kuliner

Sebelum Anda memulai usaha, tentu Anda harus berkomitmen bahwa Anda niat untuk membuka usaha. Komitmen adalah modal utama dalam memulai usaha kuliner. Ketika Anda sudah berkomitmen membuka usaha maka Anda harus benar-benar menjalankan usaha yang Anda bangun.

Persiapkan Dana Awal Sesuai dengan Kebutuhan Usaha Kuliner yang Akan Anda Buat

Dana awal merupakan salah satu poin yang sangat penting. Besar kecilnya modal awal akan memengaruhi usaha kuliner yang Anda buat. Namun bukan berarti modal besar akan sukses dan modal kecil tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

Tapi yang menjadi pertimbangan orang ketika akan membuka usaha adalah tidak percaya diri dengan modal kecil. Kurangnya modal membuat sebagian orang terkendala memulai usaha kuliner. Tidak sedikit di antara kita yang kesulitan mendapatkan modal.

Jika modal awal yang Anda miliki masih kurang, Anda bisa meminjam kepada keluarga, kerabat atau rekan. Alternatif lainnya adalah melakukan pinjaman ke bank. Cara ini memang sedikit sulit karena harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Tentukan Konsep Usaha yang Menarik

Menentukan konsep usaha yang menarik juga sangat penting sebelum memulai usaha kuliner. Tujuannya adalah untuk usaha kita mampu bersaing dengan pasar. Usahakan untuk tidak meniru dengan usaha kuliner orang lain yang sudah ada.

Dalam menentukan konsep Anda dituntut untuk sekreatif mungkin dalam membuat ide bisnis. Anda bisa memaksimalkan produk yang dijual atau dari dekorasi tempat. Anda juga harus jago memahami permintaan pasar.

Target Pasar Wajib Anda Tentukan Sebelum Memulai Bisnis

Mau memilih jenis usaha apapun, Anda harus menentukan target pasar seperti segmentasi produk Anda akan dijual untuk kalangan menengah ke atas atau menengah kebawah. Anda bisa menyesuaikan dengan modal awal Anda.

Jika terbatas dengan modal, Anda bisa membuat usaha kecil-kecilan untuk usaha kecil menengah. Segmentasinya pun  harus ditentukan apakah untuk anak-anak, remaja atau semua umur. Menentukan hal ini sangat penting agar usaha Anda fokus.

Memulai Usaha dan Menentukan Strategi Bisnis termasuk Cara Penjualan

Setelah menentukan konsep dan mempertimbangkan secara matang, saatnya Anda memulai usaha dengan cara-cara yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika sudah pada tahap ingin memulai, Anda harus memiliki strategi penjualan yang bagus.

Baca Juga: Mau Tau Usaha Kecil-Kecilan Untungnya Tak Terbayangkan? Ini Dia Usaha Tahu Bakso

Pikirkan secara matang untuk penjualan seperti promosi. Selain itu, Jika Anda menjualnya secara offline atau memiliki tempat, Anda bisa menyebarkan brosur dan memberikan promo menarik. Jika produk yang Anda jual hanya secara online, Anda bisa memaksimalkan strategi penjualan online seperti berjualan di marketplace.

Beberapa poin di atas hanya sebagai acuan untuk Anda yang masih ragu-ragu dalam memulai usaha kuliner. Semuanya akan terasa mudah jika diimbangi dengan niat yang kuat dan usaha yang maksimal. Sukses tidaknya usaha Anda tergantung usaha Anda dan tidak selalu mengacu pada poin di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 1 =