Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis makanan dan minuman ternyata sering digeluti banyak pengusaha. Sayangnya, hanya beberapa yang bertahan karena kebanyakan pengusaha makanan atau minuman tidak menggunakan strategi bisnis yang bertahap atau yang hanya ber-mindset uang dan keuntungan bukan memperluas pasar. Mengapa harus memperluas pasar?

Biasanya, cara memperluas pasar yang digunakan oleh pengusaha makanan dan minuman adalah dengan membuka cabang atau dengan membuka sistem reseller saja. Padahal, ada lagi cara yang lebih menguntungkan salah satunya adalah dengan mengikuti cara memulai bisnis franchise makanan dan minuman Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Bisnis Franchise Minuman Cocok Untuk Pelaku Usaha Pemula

Mengapa harus Franchise? Apa itu Franchise?

Pengertian franchise adalah hak-hak untuk menjual sebuah produk ataupun jasa yang perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak manfaat atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemua dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu umbalan berdasarkan persyaratan yang sudah ditetapkan menurut Wikipedia.org.

Membuka franchise akan sangat berguna untuk memperluas pasar Anda. Terutama bisnis franchise makanan dan minuman dengan skala kecil. Mengapa demikian? Berikut beberapa manfaat franchise yang bisa Anda dapatkan sebagai seoarang franchisor atau pemilik franchise.

Manfaat Membuka Bisnis Franchise Makanan dan Minuman bagi Franchisor

Bekerjasama membangun Bisnis dengan Menggunakan Modal dari Pihak Lain

Ingin membuka cabang baru tapi tidak punya modal? Membuka franchise tentunya bisa menjadi solusi Anda. Dengan sistem kerjasama ini, tentunya Anda mendapatkan untung bersama dengan pembeli franchise. Karena franchisee atau pembeli franchise akan memberikan modal Anda dengan timbal balik franchisee akan membantu menjualkan produk bisnis Anda.

Lebih Cepat dan Mudah Memperluas Usaha Sendiri

Selain modal, Anda juga dapat memperluas usaha Anda. Karena franchisee akan memperjualkan produk Anda di tempat yang Anda inginkan. Tentunya yang dekat dengan calon pembeli franchise Anda karena ia yang memberikan modal untuk membuka bisnis Anda.

Membangun Manejemen Usaha Sendiri

Sebelum membuka franchise, pastinya Anda harus mengikuti beberapa kriteria serta ciri yang telah ditetapkan pemerintah sebagai pemilik franchise. Berikut cara lengkapnya yang bisa Anda gunakan sebelum membuka usaha franchise makanan dan minuman Anda.

Cara Membuka Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Dilansir dari franchise-expo.co.id, sesuai dengan PP No. 42 Tahun 2007, sebuah bisnis yang bisa dijadikan waralaba adalah peluang bisnis yang mempunyai kriteria sebagai berikut,

Terbukti telah Memberikan Keuntungan bagi Pelaku Usaha

Untuk membuka usaha waralaba, pastikan bisnis makanan dan minuman Anda telah mempunyai keuntungan yang sudah terbukti. Mengapa demikian? Karena ini adalah salah satu cara untuk membuktikan kepada pihak franchisee. Selain menyakinkan pembeli franchise, ini juga merupakan salah satu kriteria penting sebelum membuka waralaba.

Memiliki Standar Operasional Pelayanan yang akan ditawarkan

Standar Operasional Pelayanan atau SOP merupakan hal penting sebelum membuka usaha. Anda bisa perhatikan restoran besar atau semacamnya. Pastinya mereka mempunyai SOP sendiri yang tentunya sudah direncanakan sendiri

Usaha mudah diajarkan dan diaplikasikan

Sebelum membuka sebuah waralaba, pastikan Anda bisa mengajarkan serta meberikan pengarahan kepada pembeli franchise agar usaha franchise makanan dan minuman Anda bisa langsung dibuka dalam waktu dekat.

Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Terdaftar menjadi Bisnis Waralaba yang mendapat Ijin dari Pemerintah

Anda belum mempunyai ijin dari Dinas Perdagangan? Pastikan langkah ini sudah Anda lakukan setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya. Untuk membuka sebuah franchise, Anda harus memiliki surat ijin dari Dinas Perdagangan, BPOM, dan MUI sebelum beroperasi.

Baca Juga: Waralaba Minuman Cokelat yang Menguntungkan

Menyiapkan Prospektus Penawaran Waralaba

Sebelum mendapatkan ijin waralaba, menyiapkan prospekterus penawaran waralaba merupakan hal penting yang harus Anda susun Setidaknya, prospectus penawaran franchise makanan dan minuman ini meliputi informasi sebagai berikut,

  • Data Identitas Waralaba,
  • Bukti Legalitas Usaha yang dijadikan Waralaba,
  • Sekilas Latar Belakang tentang Bisnis yang Anda waralabakan,
  • Mencantumkan Struktur Organisasi Pemilik Waralaba,
  • Informasi tentang jumlah Usaha Waralaba Makanan dan Minuman yang telah berjalan,
  • Lampiran Laporan Keuangan minimal laporan pada 2 bulan terakhir,
  • Lampiran Daftar Franchise yang sudah berjalan,
  • Memberikan Penjelasan secara jelas tentang hak dan kewajiban franchisee maupun franchisor.

Untuk mengembangkan sebuah usaha, memang tidak cepat karena semua membutuhkan proses. Semoga dengan cara memulai usaha franchise makanan dan minuman ini akan mempercepat serta memperluas usaha Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here