Cara Memasarkan Bisnis

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Cara memasarkan bisnis – Salah satu bisnis yang paling sering dijalankan ialah bisnis kuliner. Mengapa? Manusia tak akan mampu bertahan hidup tanpa adanya makanan. Hal tersebutlah yang akhirnya menjadi dasar bahwa bisnis kuliner akan laku karena makanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Entah itu bisnis makanan ringan atau makanan berat, keduanya sama-sama menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Apalagi jika bisnis makanan yang Anda kelola memiliki cita rasa yang khas.

Baca Juga : Jangan Asal Buka Bisnis Makanan, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Tentunya, keuntungan tersebut tak akan Anda dapatkan jika Anda tidak mengelola bisnisnya dengan benar. Salah satu kunci suksesnya ialah dengan menerapkan cara pemasaran yang tepat. Berikut tips jitu cara memasarkan bisnis kuliner :

Buat Menu Makanan yang Lebih Bervariasi

Usahakan untuk membuat menu makanan yang lebih bervariasi agar laju pertumbuhan bisnis kuliner Anda tidak bergerak lambat. Selain itu, pelanggan pasti bosan jika Anda hanya menawarkan menu yang itu-itu saja.

Oleh karena itu buatlah menu yang lebih bervariasi. Jika Anda menggeluti bisnis kuliner, maka hal wajib Anda lakukan adalah membuat menu masakan yang lebih menarik dimata konsumen.

Ciptakan Menu Makanan Unik

Jika Anda tidak menginginkan penjualan menurun, maka ciptakanlah menu yang unik. Sesuatu yang unik tidak hanya bisa disajikan dari segi rasa saja, tapi Anda juga bisa membuatnya dengan menciptakan kemasan atau tampilan yang unik dan berbeda dari menu makanan kebanyakan.

Tampilan atau Kemasan yang Menarik

Saat ingin menyajikan makanan, buatlah tampilan yang menarik dan menggugah selera. Hal ini juga berlaku, jika Anda menjual makanan dengan kemasan. Kemasan yang menarik biasanya dapat membuat pembeli tergugah dan merasa tertarik sehingga tergugah untuk membeli.

Jual Makanan Kepada Orang Terdekat Terlebih Dahulu

Sebelum menjualnya kepada orang lain, tak ada salahnya jika Anda menawarkannya kepada orang terdekat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan kritikan yang membangun sebelum akhirnya mampu menjualnya kepada orang banyak.

Dengan menjual kepada orang terdekat, Anda memiliki kesempatan untuk mengoreksi dan memperbaiki kekurangan yang ada pada produk makanan yang Anda jual.

Sikap Sopan Santun kepada Pelanggan

Sikap sopan dan santun harus Anda terapkan kepada siapa saja, terutama kepada pelanggan. Anda ingatkan dengan slogan “Pembeli adalah raja”? Di dunia bisnis, pelanggan merupakan kunci kesuksesan.

Bersikap sopan santun tidaklah sulit, cukup berikan senyuman setiap kali pelanggan tiba. Sambutlah dengan hangat dan ahukan pertanyaan dengan wajar agar pelanggan merasa betah untuk berlama-lama.

Baca Juga : Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Buka Usaha Kuliner Pinggir Jalan

Beri Diskon atau Promo Khusus

Pelanggan manapun pasti suka dengan diskon dan promo khusus. Masyarakat Indonesia cenderung tertarik dengan sesuatu yang memiliki harga murah. Adanya disko atau promo khusus tentu akan menarik perhatian masyarakat sehingga tertarik untuk membelihnya.

Membangun Jaringan Bisnis

Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya. Pertumbuhan bisnis cenderung lambat jika hanya dimonitori satu orang saja. Anda membutuhkan partner agar lebih bisa mengembangkan bisnis. Jalinlah hubungan dengan pebisnis, yang bisnisnya masih berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Kesuksesan dalam berbisnis tidak akan bisa didapatkan jika Anda tidak serius dalam menjalaninya. Oleh karena itu, lakukanlah bisnis Anda dengan serius agar bisa menghasilkan pendapatan sesuai dengan yang diinginkan. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

30 − 25 =