Produk Olahan Mie

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Peluang usaha produk olahan mie di Indonesia masih sangat terbuka lebar bagi para calon pebisnis. Mie sudah menjadi makanan pokok kedua atau alternative pengganti nasi bagi masyarakat tanah air. Maklum, tak hanya penyajiannya praktis, mie juga memiliki tekstur lembut dan rasa yang lezat.

Tak heran, jika belakangan ini usaha produk olahan mie kian menjamur dan selalu ramai diserbu para konsumen. Nah bagi Anda yang ingin membuka usaha produk olahan mie, delapan resep jitu berikut ini bisa menjadi strategi efektif untuk memajukan bisnis Anda.

Baca Juga: Ingin Belajar Buat Mie Ayam? Yuk, Ikuti Kursus Mie Ayam GoUKM Training Center

Ciptakan Produk Olahan Mie yang unik

Salah satu poin penting dalam berbisnis di bidang kuliner adalah berani berinovasi. Artinya menyajikan produk olahan mie yang berbeda dari sajian jenis mie pada umumnya. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat banyak pengusaha yang telah membuka bisnis produk olahan mie.

Keunikan produk makanan Anda tidak hanya dilihat dari segi jenisnya saja. Namun, juga dari segi rasa, packaging, promosi, dan harga. Produk makanan yang unik biasanya menarik minat konsumen karena mereka penasaran cita rasa dan bentuk dari makanan tersebut.

Bergabung dengan Layanan Delivery Online

Layanan delivery order sering kali dipilih masyarakat, terutama mereka yang padat dengan aktivitas dan harus pintar-pintar membagi waktu. Praktis dan cepat menjadi nilai tersendiri dari layanan ini, mereka tidak perlu repot-repot mengatri atau jauh-jauh berkendara untuk mendapatkan produk makanan yang diinginkan.

Menggandeng layanan delivery online ini bisa menjadi salah satu strategi bisnis Anda untuk menggaet banyak pelanggan. Tidak hanya itu, layanan ini juga sangat menguntungkan bagi Anda, terutama bagi para pengusaha UMKM. Anda tidak perlu meng-hire atau menggaji SDM untuk delivery.

Syaratnya pun cukup mudah, tinggal bekerja sama dengan penyedia jasa delivery online sehingga menu atau produk kuliner yang dijual bisa masuk ke dalam menu pilihan di fitur penyedia jasa tersebut.

Membuat Nama Brand atau Merk yang Menarik

Sebuah nama brand sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis. Sebelum membuat nama brand, perlu dilakukan analisa terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar nama brand yang Anda pilih mampu memberikan identitas terbaik bagi kelancaran bisnis Anda dalam jangka panjang.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin membuka usaha produk olahan mie. Meski menu yang ditawarkan relatif sama, contohnya mie ayam. Gunakanlah nama yang unik yang diyakini dapat mencuri perhatian pasar dan mejadi identitas sekaligus pembeda dari usaha mie ayam lain-nya.

Promosikan Produk Anda pada Orang Terdekat atau Komunitas

Memanfaatkan orang-orang terdekat juga termasuk strategi pemasaran jitu. Apalagi jika mereka merupakan sanak saudara, pasti mau membantu bisnis yang Anda geluti. Caranya sangatlah mudah.

Anda cukup menawarkan produk olahan mie yang dijual kepada orang terdekat.Mintalah pendapat mereka tentang cita rasa makanan yang Anda buat.

Apabila mereka suka, jangan lupa minta bantuan mereka untuk mempromosikan bisnis kuliner kepada teman-temannya di kantor.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa merangkul berbagai komunitas dalam melakukan penetrasi pemasaran. Orang Indonesia biasanya sangat antusias melakukan aktivitas bersama dalam sebuah kelompok atau komunitas. Peluang ini sering kali dimanfaatkan dalam menawarkan atau menyebarkan informasi produk. Dengan demikian, bisnis yang Anda geluti bisa menjadi lebih populer dan banyak diminati.

Memanfaatkan Penggunaan Media Sosial atau Medsos

Sekarang ini, tak sedikit dara para pengusaha yang menggunakan medos sebagai bagian dari strategi marketing mereka. Media sosial sendiri merupakan fasilitas komunikasi dalam jaringan (daring) atau online yang bertujuan mempermudah komunikasi.

Tingginya ongkos untuk membayar iklan di sejumlah media konvensional menjadi salah satu alasan kuat bagi para pengusaha untuk menggunakan medsos sebagai media pemasarannya. Berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter, terbukti telah dijadikan ruang dalam pengembangan peluang usaha.

Baca Juga: Belajar Buat Macam Makanan untuk Buka Usaha Sendiri dengan Kursus Makanan GoUKM Training Center

Membuat Konten Iklan yang Menarik dan Unik

Semakin unik, lucu atau aneh sebuah iklan makan promosi akan semakin menarik perhatian calon konsumen. Dan iklan pun kian menarik perhatian jika ditampilkan dengan public figure atau seleb, yang seringkali disebut endoser.

Anda juga dapat mencantumkan promo diskon untuk menggaet calon konsumen. Harga merupakan unsur paling penting saat memutuskan untuk membeli barang. Masyarakat Indonesia cenderung tertarik untuk membeli produk saat harganya murah. Adanya diskon khusus tentu akan menarik perhatian masyarakat untuk membeli.

Diskon yang ditawarkan tidak selalu harus gila-gilaan, apalagi untuk bisnis makanan. Cukup berikan potongan diskon untuk jumlah pembayaran tertentu.

Gunakan Endoser

Jasa endorser menjadi salah satu satu sarana promosi yang  paling dilirik saat ini. Endorser adalah orang terkenal yang dibayar untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Umumnya mereka adalah artis atau tokoh publik, termasuk seleb di media sosial. Promosi memanfaatkan fans atau follower mereka di media sosial.

Gunakan Bahan Baku Terbaik

Penggunaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangatlah penting dalam bisnis produk olahan mie, dimana nantinya akan sangat mempengaruhi hasil produk olahan yang dihasilkan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah tepung terigu yang menjadi salah satu bahan pokok dalam pembuatan mie.

Meraih kesuksesan dalam berbisnis tidaklah mudah. Ada tahap jatuh bangun yang harus dilewati sebelum bisnis bisa sukses. Selain usaha, semangat, dan kerja keras, jangan lupa untuk melakukan delapan tips jitu berbisnis produk olahan mie di atas yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + = 17