Bisnis Makanan Ringan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Ingin mendalami bisnis makanan ringan ? Cobalah dengan singkong. Salah satu bahan yang berasal dari umbi-umbian ini ternyata juga bisa meraup keuntungan yang lumayan besar, terutama jika dijadikan keripik. Lalu bagaimana caranya mengolah singkong ini ya?

Tentunya Anda tahu dengan bahan singkong bukan? Ya, bahan dari tanaman yang sejenis dengan kentang ini ternyata bisa Anda kembangkan menjadi beberapa makanan unik yang bisa Anda jadikan bisnis makanan terutama bisnis makanan ringan. Berikut adalah beberapa ulasan tentang bisnis makanan ringan dari singkong.

Baca Juga: 8 Usaha Franchise Makanan Yang Murah dan Unik

Keripik Singkong

Anda pasti sudah pernah mencoba keripik singkong bukan? Keripik singkong merupakan salah satu makanan ringan yang telah banyak beredar di Indonesia ini. Dengan berbagai rasa dan bentuk, keripik singkong juga bisa menjadi salah satu bisnis makanan ringan Anda juga.

Selain kerenyahannya yang menggoda, keripik singkong biasanya mempunyai khas yang berbeda-beda seperti rasa dan bentuknya. Ada keripik singkong yang mempunyai rasa pedas, manis, sampai rasa keju dan lainnya. Bentuknya pun bervariasi. Ada yang berbentuk bulat pipih dan ada juga bentuk lonjong.

Bagaimana cara mendapatkan pasarnya? Kuncinya kembali lagi dalam rasa dan bentuk keripik singkong yang akan jual. Kreativitas Anda diasah disini karena hanya beberapa keripik yang survive dalam bisnis makanan ringan ini. Tentukan rasa terbaik Anda karena Anda tidak tahu siapa yang tahu dan siapa yang akan makan nantinya.

Singkong Rebus atau Goreng

Singkong rebus atau goreng termasuk olahan singkong paling mudah tentunya. Bumbunya yang sedikit dan mudah cara membuatnya bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk berbisnis makanan ringa. Apakah Anda sudah mencoba membuka usaha dengan singkong rebus atau goreng ini?

Singkong rebus biasanya sangat nikmat jika dibarengi dengan kopi yang masih hangat. Biasanya bisnis kita akan temui di tempat-tempat yang mempunyai suhu yang rendah. Sebenarnya, Anda hanya perlu menambahkan rasa yang bervariasi agar banyak yang membeli singkong rebus Anda. Apakah Anda tertarik?

Biasanya, singkong goreng dibuat oleh para ibu rumah tangga sebagai camilan murah meriah yang bisa dikreasikan sendiri. Olahan singkong yang seperti ini masih jarang yang menjualnya karena proses yang mudah. Sayangnya, belum ada olahan singkong goreng atau rebus dengan kemasan menarik atau bentuk yang unik.

Tape atau Peuyeum

Tape. Salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat ini ternyata terbuat dari singkong. Jika Anda pernah ke Bandung, jangan sampai Anda melewati ikon makanan ini. Siapa tahu Anda berminat untuk mencoba membuat bisnis makanan ringan dengan tape atau peuyeum bukan?

Sayangnya, cara pembuatan tape atau peuyeum ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dari pada pembuatan keripik singkong atau singkong rebus atau goreng. Seperti yang dilansir dengan infopeluangusaha.org untuk pembuatan tape ini ternyata membutuhkan waktu 2 malam lebih.

Cara pembuatannya tape atau peuyeum ini menggunakan sistem fermentasi ragi. Pertama-tama, singkong direbus hingga matang. Lalu, singkong tersebut dikukus dengan campuran ragi dan yang selanjutnya langsung dipendam selama 2 malam.

Comro dan Misro

Seperti yang dilansir Wikipedia.org, makanan khas Sunda ini ternyata terbuat dari olahan singkong juga lho. Comro dan Misro terlihat sama persis. Lalu, apa bedanya comro dan misro?

Comro sendiri adalah camilan yang berisi oncom. Camilan berbentuk lonjok seperti telur ini biasanya banyak dijual oleh pedagang kaki lima di sekitar jalan raya. Anda bisa menemukannya ketika Anda terjebak macet atau ketika Anda sedang berada di pasar.

Misro juga mempunyai bentuk yang sama dengan comro. Bedanya terdapat pada isinya. Isi dari misro adalah gula jawa sehingga ketika Anda memakannya gula jawa tersebut akan lumer di dalam mulut Anda.

Comro dan Misro keduanya memiliki harga jual yang hampir sama. Sayangnya, bisnis makanan ringan ini hanya ada dalam lingkup kecil seperti pedagang kaki lima. Belum ada penjual atau pebisnis yang berani memasarkan ini ke makanan yang lebih high class. Apakah Anda ingin mencoba memulainya?

Baca Juga: Menilik Bisnis Makanan Ringan Unik dan Menguntungkan

Donat Singkong

Donat adalah salah satu makanan yang tergolong dalam kelas roti yang biasanya berbahan dasar dari tepung terigu. Sekarang, sudah mulai banyak donat yang mempunyai bahan dasar yang bervariasi. Salah satunya adalah singkong.

Seperti yang dilansir kompasiana.com, pembuatan donat singkong hampir sama dengan pembuatan dengan donat biasa. Yang dibutuhkan hanya tambahan bahan singkong dalam adonannya. Selain unik, donat singkong dinilai lebih menyehatkan daripada donat biasa.

Nah, sudah banyak kan referensi bisnis makanan ringan yang terbuat dari singkong ini? Apakah Anda sudah tertarik tuk memulainya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 9 = 1