Bisnis Makanan Kecil

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Untuk membuka bisnis makanan kecil, memang terdengar sangat mudah. Makanan kecil atau biasa disebut cemilan adalah sebuah makanan sampingan yang biasanya hanya berguna sebagai pengisi perut sementara. Cara membuatnya pun mudah karena makanan kecil tidak memakan bahan yang terlalu banyak seperti makanan utama.

Selain mudah, makanan kecil ini juga mempunyai profit yang cukup tinggi jika dibuat bisnis. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips-tips sukses berbisnis makanan kecil supaya laris untuk tahun 2018 nanti.

Baca Juga: Membuka Usaha Kuliner Khas Jepang dengan Modal Kecil

Tips-tips Sukses Membuka Bisnis Makanan Kecil

Ingin mempunyai bisnis makanan kecil yang sukses? Selain niat, memang diperlukannya beberapa strategi berikut ini.

Kenali Tujuan Pasarnya

Mengapa harus tujuan pasar? Generasi anak muda sekarang telah melek teknologi. Sebagian besar dari mereka bisa mengetahui informasi satu sama lain dengan cara yang cepat yaitu menggunakan social media. Selain anak muda, orang dewasa pun juga mulai mengikuti zaman. Itulah mengapa Anda harus mengetahui pasar mana yang paling menjanjikan untuk bisnis makanan kecil Anda.

Berbisnis Tidak Perlu Membuka Toko

Dengan teknologi yang semakin canggih, sekarang Anda tidak perlu lagi membuka toko atau menyewa tempat untuk  menjajalkan usaha Anda. Seperti pada poin sebelumnya, Anda bisa memasarkannya secara online lewat social media ataupun website. Gunakan strategi marketing online agar pasar Anda semakin bisa tertuju dengan cepat dan tepat.

Selalu Berpikir “Out of the Box”

Apa itu “Out of the Box”? Out of the Box berarti Anda harus berpikir kreatif. Seperti dilansir dari cemati.com, Anda bisa membuat produk bisnis dengan inovasi baru. Jangan samakan produk Anda dengan orang lain. Buatlah produk yang original dari Anda sendiri. Buatlah sesuatu yang pasti bisa akan terkenal karena sesuatunya yang tidak didapatkan di bisnis makanan kecil lainnya. Misalnya, Anda bisa merubah rasa dengan menambahkan rasa-rasa internasional seperti barbeque, rumput laut, atau lainnya.

Macam Bisnis Makanan Kecil yang akan laris di tahun 2018

Chocolate in a Jar (botol)

Siapa yang tidak suka coklat? Makanan kecil ini bisa dijadikan bisnis populer di kalangan anak muda. Bagaimana cara membuatnya? Anda hanya perlu menyiapkan coklat yang sudah dilelehkan lalu masukkan ke dalam Jar sedang dan dinginkan. Mudah bukan?

Setelah didinginkan, Anda bisa menambahkan topping yang sesuai Anda mau. Tambahkan topping yang menurut Anda bisa menambahkan selera makanan kecil ini. Contohnya seperti buah atau bola-bola kecil nyam-nyam agar mendapatkan rasa cruncy ketika memakannya.

Dimana Anda bisa membeli Jar-nya? Anda bisa membelinya di tempat yang menjual gelas atau piring. Pilihlah Jar yang unik dengan tutup agar bisa menarik perhatian para pelanggan. Perlu diingat karena setiap detail itu perlu diperhatikan. Jika perlu, tambahkan kreasi Anda dengan menambahkan gambar artis atau tokoh kartun terkenal sebagai pelengkap Jar Anda.

Sosis Lapis Telur

Jika Anda perah mencoba sosis yang digulung telur, itu sudah biasa. Bagaimana dengan sosis yang dilapisi satu telur seperti telur isi sosis? Nah, untuk membuat ini, Anda perlu menggunakan mesin khusus untuk membuatnya.

Walaupun masih jarang yang menjualnya, sepertinya di tahun mendatang sosis lapis telur ini akan melambung. Tentunya karena konektifitas kita yang semakin mudah, bisnis makanan kecil ini akan membawa usaha Anda dengan profit yang menguntungkan.

Cara membuatnya pun mudah. Masukkan sosis Anda ke dalam mesin yang sudah ditusuk oleh tusukan sate. Lalu, masukkan telur seutuhnya dan biarkan mesin tersebut yang melakukan proses selanjutnya. Yang unik adalah mesin ini akan tahu jika sosis kita sudah matang dan juga akan kembali masuk jika sosis yang kita buat belum matang. Mudah bukan?

Nasi Gulung Isi

Anda pernah memakan sushi sebelumnya? Tentunya, ini akan sama dengan makanan tersebut. Mengapa disebut nasi gulung isi? Karena didalamnya terdapat isi daging ataupun sayur yang matang yang digulung dengan nasi dan rumput laut.

Sama seperti sushi, bisnis makanan kecil ini sangat mudah cara pembuatannya yaitu dengan cara digulung dengan gulungan sushi. Nah, Anda bisa menggunakan kemasan khusus agar tahan lama dan bisa dibawa kemana saja. Hal ini mempermudah pelanggan untuk membeli produk Anda secara offline maupun secara online.

Nasi gulung ini bisa Anda isi dengan berbagai macam tipe sayur dan daging. Daging yang bisa Anda gunakan yaitu bisa seperti daging ayam atau ikan. Sayurnya Anda bisa isi dengan ketimun atau wortel supaya menambah warna. Jangan lupa, nasi ini berbeda karena isinya semuanya matang jadi lebih awet ketimbang sushi yang disajikan secara mentah.

Baca Juga: 5 Olahan Usaha Kuliner Kecil Kecilan Serba Seribu Rupiah

Takoyaki

Sebagai makanan kecil asli dari Jepang, Takoyaki memang dianggap bisnis makanan yang kini masih bisa bertahan. Mengapa demikian? Kebanyakan pedagang ataupun pengusaha yang menjualkan Takoyaki menjajankan dagangannya ke anak-anak kecil dengan harga terjangkau. Ini bisa diakali dengan pemilihan isi atau adonan takoyaki yang lebih terjangkau dari pada takoyaki biasanya.

Sama seperti jajanan telur-telur-an atau telur yang digoreng dan dibagi2 menjadi bagian kecil di pedangang-pedagang kaki lima sekitar sekolahan. Dengan mengambil Takoyaki, pelanggan lebih ingin membelinya ketimbang hanya pedagang kaki lima biasa.

Bagaimana cara membuat takoyaki ini ke level yang lebih tinggi? Caranya adalah menggunakan resep takoyaki asli dari Jepang. Selain tempat, ternyata menggunakan resep aslinya juga menarik perhatian pelanggan lebih banyak karena Anda bisa mendapatkan pelanggan dari orang dewasa yang dimana lebih melihat kemasan atau cara pembuatan yang original tentunya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba bisnis makanan kecil ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here