Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Makanan Kalengan merupakan makanan yang dikemas dengan metode pengalengan. Wadah tertutup  dan kedap udara tujuannya agar tidak dimasuki oleh mikroba penyebab makanan  cepat basi.  Cara ini justru membuat makanan lebih tahan lama dan awet tanpa pengawet.

Simak Informasi Mengenai Pengemasan Makanan Kaleng

Proses pembuatan makanan kaleng ini pun sangat sederhana. Caranya, makanan yang siap diolah dimasukkan kedalam kaleng atau botol yang sudah direbus lama. Botol tersebut ditutup dengan penutup gabus yang longgar lalu direbus lagi sampai mendidih agar udara yang masih terperangkap dalam udara keluar semua. Setelah itu, kencangkan penutup gabus hingga rapat agar udara tak masuk lagi.

Metode pengalengan ini termasuk metode pengawetan maknan secara alami. Dijamin sehat selama proses fermentasi kaleng dilakukan secara efisien.

Jangan  Tunggu Lama-Lama Untuk Memulai Usaha Makanan Kaleng

Memulai usaha makanan  kaleng dengan berbagai kemudahannya, jangan sampai Anda lewatkan kesempatan ini. Berikut ada beberapa cara yang harus Anda lakukan dalam memuali usaha makanan kaleng.

Lokasi Usaha Yang Strategis?

Bisnis apapun itu lokasi usaha merupakan salah satu faktor pendukung dalam memulai suatu bisnis. Namun, untuk usaha makanan kalengan ini, lokasi usaha yang strategis tidak begitu diharuskan. Yang terpenting adalah bagaimana cara pemasaran yang efektif, dan dengan cara tersebut justru akan membawa konsumen untuk datang dengan sendirinya.

Perhitungkan Modal Yang Pas Untuk Usaha Anda

Sebelum memulai bisnis makanan kalengan  ini ada baiknya Anda memperhitungkan modal usaha. Jika belum memiliki modal namun ingin memulai bisnis, Anda bisa mengajukan proposal kewirausahaan kepada pemerintah, swasta atau yang biasa juga mengikuti event kewirausahaan.

Desain Kemasan Kaleng Dengan Semenarik Mungkin

Saat ini sudah banyak yang berjualan makanan kaleng. Selain rasanya yang utuh, awet alami dalam kemasan namun tetap sehat, maka buatlah usaha makanan kalengan Anda semenarik mungkin agar tidak kalah saing oleh kompetitor lainnya.

Bagaimana Cara Pemasaran Makanan Kaleng?

Pemasaran merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalani usaha makana kaleng. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin sering melakukan pemasaran, maka semakin besar peluang sukses untuk usaha Anda.

Memang usaha makanan kaleng ini tak begitu berpengaruh mengenai lokasi usahanya. Yang terpenting adalah pemasaran yang efisien dan sesering mungkin. Agar makanan kaleng produksi Anda cepat habis, Anda bisa lakukan pemasaran dengan cara membangun jaringan bisnis seperti bekerja sama dengan beberapa pusat pembelanjaan seperti, indomaret, alfamart, alfamidi, atau toko makanan yang sejenis lainnya.

Lalu Bagaimana Peluang Usaha Makanan  Kaleng?

Melihat dari kesibukan dan banyaknya aktivitas dari semua orang, makanan kaleng sangat dibutuhkan. Faktor lain yang memicu tinggiunya permintaan pasar terhadap makanan kaleng seperti, rindunya orang rantau dengan makanan tanah kelahirannya, dan masih banyak lagi mengapa makanan kaleng menjadi solusi dari segala permasalahan yang muncul.

Semua permasalahn yang muncul solusinya adalah makanan kaleng. Artinya peluang usaha makanan kaleng sangat lebar sekali. Selain dari awet alami, sehat, mudah dan praktis sekali.

Selain dari melihat permintaan pasar yang sangat tinggi, mudah dan menguntungkan dalam menjalaninya juga menjadi salah satu alasan bagi para pelaku usaha untuk menjalani usaha ini.

Apa Saja Keuntungan Dalam Menjalani Usaha Makanan Kalengan?

Banyak sekali keuntungan yang Anda raih dalam menjalani usaha makanan kalengan ini. Mau tahu? Simak ulasan  berikut.

Modal Yang Dibutuhkan Tak Banyak

Menjalani usaha makanan kalengan ini cukup menggunakan modal hanya sekali. Setelah itu, Anda hanya akan meraup untung terus menerus. Mengapa bisa demikian? Karena ketahanan dan keawetan dari makanan kaleng ini memberi Anda cukup waktu untuk mengumpulkan keuntungan terlebih dahulu. Penghasilan yang didapatkan jangan dianggap remeh, besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Kemudahan Dalam Proses Produksi

Produksi makanan kaleng ini sama halnya seperti produksi makanan yang lain. Namun untungnya makanan yang Anda produksi akan lebih tahan lama karena melalui proses fermentasi kaleng.

Bahan dan alat tergantung menu makanan yang Anda olah. Tentukan makanan yang Anda olah tersebut yang banyak disukai dan digemari oleh konsumen. Seperti halnya makanan tradisional yang lekat dengan lidah Indonesia.

Kemudahan Dalam Pemasaran

Pemasaran yang dilakukakan sangat mudah, Anda cukup menjalin kerja sama bersama beberapa usaha dengan sistem penghasilan sesuai kesepakatan Anda dengan mitra kerja lain. Pemasaran yang dilakukan seperti Anda bisa menitipkan produk Anda di kios mereka, atau di toko mereka, hasil penjualan beberapa persen bisa Anda berikan kepada mitra kerja tersebut.

Beberapa Makanan Tradisional Kemasan Kaleng Yang Bisa Anda Jalani

Sebenarnya ada banyak sekali menu makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan kalengan. Namun, ada baiknya makanan kaleng yang Anda produksi berdasarkan menu makanan tradisional Indonesia.

Mengapa menu makanan tradisional Indonesia? Alasannya mudah dalam produksi, alat dan bahan hingga pemasaran. Dan pastinya selera masayarakat Indonesia yang sangat melekat dengan makanan khas ini.

Keumamah Makanan Khas Aceh Super Lezat

Keumamah merupakan makanan khas Aceh dengan bahan dasar ikan tongkol. Ikan tongkol sebelumnya dibersihkan dahulu melalui beberapa tahap sebelum pengemasan dengan kaleng. Olahan makanan dengan ikan tongkol ini sangat lezat disantap kapan saja.

Keumamah sendiri dulunya adalah makanan yang dijadikan sebagai bekal bagi para pejuang Aceh yang sering kali melakukan peperangan dalam kurun waktu yang cukup lama. Pada zaman sekarang, keumamah cocok sekali dijadikan sebagai simpanan makanan.

 

Gudeg, Makanan Lokal Yang Mengglobal

Siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Tentunya semua orang mengenali makanan ini. Gudeg merupakan makanan tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Penyajian gudeg ini biasanya didalam kendil, namun karena permintaan pasar ingin makan gudeg dimana saja, maka muncullah ide pengemasan gudeg dalam kaleng.

Gudeg kaleng ini sehat, karena tidak mengandung MSG  dan bahan pengawet berbahaya. Metode pengalengan gudeg sudah cukup membuat gudegawet dan tahan lama.

Rendang, Jawaranya Kuliner Indonesia

Duniapun tahu, bahwa rendang merupakan salah satu makanan dari 50 makanan ternak didunia. Banyak konsumen yang ingin makan rendang, murah awet, dan gak ribet. Maka muncullah ide bahwa makanan rendang yang sungguh nikmat ini dikemas dalam kaleng.

Rendangpun akan tetap awet dalam kaleng, namun sebelum dikonsumsi, ada baiknya rendang kalengan ini dimasak lagi. Karena makan rendang akan lebih nikmat jika masih dalam keadaan panas setelah dimasak.

Kari Tempe dengan Cita Rasa Yang Gurih

Kari tempe merupakan menu sederhana berbahan dasar tempe. Tapi cita rasanya tak kalah lebih gurih dari menu makanan yang lain. Rempah-rempahan yang digunakan dalam pembuatan kari tempe ini sangat terasa dan bahkan bikin ketagihan.

Banyak orang yang menginginkan makanan kaleng dengan menu ini. Maka itulah mengapa kari tempe menjadi salah satu makanan kalengan yang sangat dicari oleh konsumen untuk persediaan makanan mereka dirumah atau saat berpergian jauh.

Mangut Lele Kuah Santan Dan Aroma Yang Menggoda

Mangut lele merupakan makanan tradisional yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. Cita rasa dan aromanya yang begitu menggoda membuat semua orang ingin menyantapnya kapan saja dan dimana saja. Karena kesulitan untuk mendapatkannya, maka mangut lele dikemas dalam kemasan kalengan agar lebih awet dan tahan lama.

Bandeng Mercon Mengandung Omega3 Yang Tinggi

Bandeng merupakan ikan air tawar yang memiliki kandungan omega3 yang tinggi. Enak dan juga menyehatkan merupakan alasan mengapa konsumen sangat ingin mengonsumsi bandeng mercon. Rasanya yang nikmat dengan pedas meledak-ledak seperti mercon menjadi daya tarik tersendiri dilidahnya konsumen.

Gurihnya Gulai Ikan Patin Dengan Sensasi Rasa Yang Luar Biasa

Gulai ikan patin dengan cita rasanya yang gurih, luar biasa enaknya menjadi sorotan bagi konsumen. Apalagi jika dimakan selagi panas bersama nasi putih. Gulai ikan pati dikemas dalam kalengan agar konsumen dapat menikmati gulai ikan patin kapan saja. Tapi dengan catatan, ikan patin boleh disantap selama batas waktu yang telah ditentukan.

Opor Ayam Dalam Kalengaan Lebih Awet Hingga Satu Tahun

Semua orang sudah pasti tahu dengan makanan opor ayam ini. Opor ayam biasanya disantap kala musim lebaran saja. Namun, tidak lagi untuk zaman sekarang. Makanan opor ayam dapat disantap kapan saja dan dimana saja. Bahkan dapat disimpan untuk persediaan makanan dirumah.

Itulah beberapa menu makanan yang bisa dikemas dalam kalengan. Anda bisa cobakan dan produksi sesuai kehlian dan permintaan pasar.

Bagaimana? Anda masih ragu untuk menjalani usaha kuliner dengan pengemasan menggunakan kaleng ini? Dengan penghasilan terbilang sangat besar, modal cukup kecil, dan berbagai kemudahan saat produksi. Maka Anda harus memanfaatkan kesempatan ini.

Demikianlah mengenai usaha makanan kalengan yang bisa Anda jalani. Semoga artikel diatas dapat berguna bagi Anda untuk dijadikan sebagai referensi dan rekomendasi dalam menjalankan usaha.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 5 =