Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis kuliner modal kecil merupakan suatu bentuk peluang bisnis dan usaha yang paling sesuai untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM). Namun dalam pengembangannya diperlukan kreatifitas, strategi dan pasar yang tepat agar dapat bersaing ditengah gencaran era ekonomi global seperti saat ini. Seperti yang kita tahu memilih untuk berada di sektor usaha kecil dan menengah akan lebih baik jika kita sudah memiliki pasar yang dituju. Sehingga bisnis yang dirintis bisa lebih cepat mencapai sasaran.

Untuk itu, usaha makanan modal kecil bisa jadi akan sangat menguntungkan bila dijalankan dengan serius dan tentunya menggunakan produk yang kreatif. Dalam kata lain meski modal yang kita miliki minim, namun dari modal tersebut kita bisa ciptakan produk yang menarik, bermanfaat dan berbeda. Nah, bila Anda ingin usaha makanan dengan modal minim berikut beberapa contoh usaha atau bisnis kuliner kecil-kecilan yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi bisnis Anda.

Baca Juga:  10 Bisnis Kuliner Jajanan Sekolah Yang Sehat dan Menguntungkan

Menjajal usaha jajanan SD

Usaha makanan unik dengan modal kecil pertama adalah jual jajanan SD, seperti kue cubit, cilok, cilor dan cakwe. Jangan pernah remehkan usaha satu ini. Usaha kudapan ringan ini sebenarnya sangat menguntungkan sebab modal dan biaya oprasional yang dibutuhkan sangat minim.

Peralatan yang dibutuhkan untuk berjualan pun terbilang sederhana. Cukup gerobak dorong, peralatan memasak, dan lainnya, nah untuk membelinya modal yang dibutuhkan sangat terjangkau. Bagaimana keuntungannya? Dari sekian banyak penjual jajanan SD yang pernah kami tanya, mereka mengatakan cukup mudah untuk bisa meraih keuntungan 3 x lipat dari modal belanja bahan.

Buka warung kopi

Bisnis kuliner modal kecil berikutnya adalah buka usaha warung kopi. Usaha ini rupanya cukup menguntungkan dan tidak membutuhkan modal besar. Kami pernah berbincang dengan beberapa pemilik kedai kopi sederhana, rata-rata mereka mengatakan kalau mulai usaha kedai kopi itu mudah, modalnya pun hanya 2 kopi dan air panas. Kalaupun ingin pakai alat racik manual yang sederhana, hanya cukup modal Rp 1 juta untuk beli alatnya dan bahan baku.

Kendati demikian, buka usaha warung kopi tidak bisa dirintis dengan sembarangan karena saat ini sudah banyak kedai kopi yang mulai bermunculan. Sehingga persaingannya semakin ketat. Maka dari itu, seperti yang sudah kami katakana Anda harus lebih kreatif untuk menarik minat calon pelanggan.

Jual gorengan

Bagi Anda yang memiliki modal kecil, jualan makanan gorengan juga cocok untuk Anda coba jalankan. Usaha ini  semakin menguntungkan sebab semakin luasnya pangsa pasarnya. Meski prospek usahnya sudah menjanjikan, Anda juga butuh strategi khusus agar bisa bersaing dengan kompetitor. Caranya Anda bisa kreasikan gorengan buatan Anda dengan sesuatu yang tidak biasa. Misalnya membuat gorengan dengan isian daging, tuna, telur, bebek, jamur atau lainnya. Selain isian gorengan, Anda pun bisa kreasikan bumbu-bumbu gorengan agar dapat menarik perhatian konsumen.

Aneka keripik sayur

Keripik merupakan salah satu cemilan yang banyak sekali peminatnya sebab harganya murah. Di pasaran sudah banyak produk keripik dengan bahan utama buah dan umbi-umbian. Sayang masih sedikit yang tahu bahwa sayur juga bisa diolah menjadi keripik yang enak, seperti keripik bayam, wortel, asparagus, buncis dan lain sebagainya. Namun dalam pembuatannya Anda perlu mengetahui cara membuatnya, jangan sampai keripik Anda yang buat malah jadi pahit dan tidak ada rasanya.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner dengan Modal Minim Untuk  Tahun 2018

Menjual minuman kekinian

Bisnis kuliner modal kecil terakhir adalah usaha jualan minuman kekinian seperti teh Thailand, ice blend hingga minuman kopi dalam kemasan. Bila Anda ingin memulai usaha ini Anda bisa membuka usaha franchise yang sudah ada. Buatlah gerai kecil di depan rumah. Namun memiliki usaha waralaba, Anda perlu sesuaikan produk yang ingin dijual dengan target pasar. Bila di lingkungan Anda kebanyakan anak-anak, maka pilih usaha waralaba yang menyediakan menu minuman rasa buah-buahan. Jangan malah Anda pilih usaha minuman berkafein. Untuk harga minumannya Anda bisa tetapkan mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 10 ribu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here