bisnis kuliner di bulan ramadhan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Saat memasuki bulan Ramadhan, bisnis kuliner di bulan Ramadhan biasanya menjadi sepi. Hal ini karena umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa dan tidak diberbolehkan untuk makan dan minum.

Para pelaku usaha biasanya menyesuaikan dengan jam buka puasa umat muslim. Anda mungkin mengira jika usaha kuliner yang dijalankan di bulan ramadhan akan mengalami penurunan keuntungan. Nyatanya hal tersebut justru tidak berlaku.

Baca Juga : Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan, Untung Besar Sebelum Lebaran

Saat bulan Ramadhan, permintaan masyarakat akan makanan justru semakin bertambah. Kenapa? Memasuki bulan Ramadhan biasanya ibu rumah tangga akan jarang memasak.

Akhirnya, banyak keluarga yang lebih memilih membeli dibandingkan harus repot-repot memasak. Lalu bagaimana agar bisnis kuliner di bulan Ramadhan yang Anda jalankan bisa mendapat keuntungan berlipat? Berikut tipsnya :

Tampilan Visual Hidangan yang Menarik

Selain rasa, Anda juga harus memperlihatkan tampilan hidangan yang menarik. Tampilan yang menarik akan membuat pelanggan Anda menjadi lebih tertarik akan makanan yang Anda buat.

Lakukan Promosi dengan Nuansa Ramadhan

Khusus di bulan Ramadhan, buatlah konsep promosi dengan nuansa islami. Misalnya dengan memberikan hiasan dengna ornamen-ornamen Ramadhan. Berikan promosi-promosi menarik menjelang waktu berbuka puasa agar konsumen semakin tertarik.

Tambahkan Kuliner Khas Ramadhan

Jika sebelumnya Anda tak pernah menyajikan makanan khas Ramadhan, tak ada salahnya jika Anda menambahkan menu Ramadhan selama bulan puasa. Misalnya seperti ketupat, aneka kolak, sup buah, atau kurma. Produk-prosuk tersebutlah yang nanti akan menambah penghasilan Anda.

Umumnya, saat menjelang waktu berbuka puasa aneka makanan tersebut akan diburu oleh pelanggan. Jadi sebaiknya Anda mempersiapkannya dalam jumlah banyak agar tidak kewalahan saat melayani pembeli yang ingin memesan menu Ramadhan tersebut.

Promosi Secara Online

Promosi online bisa menjadi solusi efektifuntuk meningkatkan omset penjualan. Saat siang hari di bulan puasa, kegiatan mengakses internet cukup meningkat secara signifikan. Melihat hal itu Anda tentu tidak ingin melewatkan peluang tersebut.

Karena meningkatkannya masyarakat yang mengakses internet pada siang hari, maka promosi secara online secara otomatis juga akan berlipat efeknya.

 Lakukan Promosi di Event Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, biasanya banyak event-event yang secara khusus digelar. Anda bisa memanfaatkan moment tersebut untuk melakukan promosi khusus. Event Ramadhan biasanya diadakan di pusat perbelanjaan dengan menggunakan sistem seperti bazar.

Daftar Juga : Kursus Membuat Kue, Persiapan Lebaran dan Bisnis Kue

Membuat Paket Bundling di Bulan Ramadhan

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menambah keuntungan ialah dengan cara membuat paket bundling selama bulan Ramadhan. Satukan dua atau tiga produk kuliner dan berikan harga khusus. Jangan lupa untuk memberi pengumuman kepada pelanggan bahwa paket tersebut hanya ada saat bulan Ramadhan saja.

Itu dia tips agar bisnis kuliner di bulan Ramadhan Anda mendapatkan banyak keuntungan. Selain melakukan beberapa tips diatas, Anda juga harus bisa melihat peluang dan memanfaatkanya agar bisa mengahasilkan keuntungan seperti yang diharapkan. Selamat mencoba.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 6 =