Bisnis Kuliner Bakso

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Setiap orang punya cara memulai bisnis kuliner bakso sendiri-sendiri. Ada yang memilih bisnis bakso dengan model kaki lima, gerobak, lesehan pinggir jalan, buka resto atau tempat makan, dan ada yang rintis usaha bakso online. Beragamnya cara berjualan membuat persaingan usaha ini semakin ketat. Dengan begitu, pengusaha harus bisa menarik minat masyarakat akan produknya.

Meski orang bilang bakso merupakan makanan yang memiliki banyak penggemar, tapi kenyataannya ada saja yang usahanya sampai harus gulung tikar. Penyebabnya bisa karena pemasarannya yang salah atau tidak mampu berinovasi.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Rumahan Cilok Bakso Aci Colok

Nah, pada artikel kali ini, UsahaKuliner.id akan membagikan tips dan cara berbinsis makanan bakso mungkin akan membantu Anda untuk mencapai kesuksesan dalam waktu yang tidak lama.

Cara memulai bisnis kuliner untuk pemula

Coba jualan online

Cara bisnis kuliner online adalah cara pemasaran yang paling sering dipilih oleh pengusaha untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tapi tidak semua makanan bisa dijual secara online. Untuk jualan produk makanan secara online pertimbangkan terlebih dahulu ketahanan makanan, cara pengirimannya dan pengemasannya. Jangan sampai produk makanan Anda malah rusak saat proses pengiriman.

Bisnis cemilan online misalnya bisnis ini bisa dipasaran secara online karena ketahannya cukup lama dan distribusinya mudah. Lalu apa bakso bisa dijual secara online? Tentu bisa, namun Anda harus sudah pertimbangkan soal ketahanan produk, kemasan dan pengirimannya.

Manfaatkan media sosial sebagai promosi gratis

Mau apapun usahanya, promosi sangat dibutuhkan baik dalam bisnis seperti jualan bakso maupun jasa. Tapi agar promosi tepat sasaran dibutuhkan promosi yang efesien agar tidak ada modal yang Anda gelontorkan tidak terlalu gemuk. Umumnya orang yang usaha tempat makan bakso akan promosi menggunakan media seperti spanduk atau banner. Cara ini masih terus dipakai. Bahkan kini saking kreatifnya pengusaha ada yang promosi dengan kata-kata yang provokatif sehingga dapat menarik orang untuk mencobanya.

Tidak hanya menggunakan spanduk atau banner saja, iklan digital juga perlu Anda lakukan. Manfaatkan media sosial seperti Facebook, twitter dan Instagram untuk memperkenalkan produk Anda ke masyarakat dunia maya. Langkah lainnya Anda bisa menggunakan iklan digital berbayar seperti Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

Buat inovasi pada produk Anda

Dengan semakin banyaknya pesaing memberikan sesuatu yang berbeda akan membantu usaha Anda dikenal oleh konsumen. Untuk itu, bila Anda ingin terjun ke bisnis ini Anda harus bisa menyiasati hal ini. Tidak hanya rasa saja, tapi juga tampilan, bentuk, bahkan kemasan. Contohnya, bila target konsumen Anda adalah pengunjung mall, maka gunakanlah wadah berupa mangkuk agar konsumen bisa mudah membawa dan mengkonsumsi makanan Anda.

Menyiapkan modal

Meski banyak peralatan yang dibutuhkan, tapi usaha bakso masih bisa dirintis oleh pengusaha dengan modal yang terbatas. Banyak cara untuk menyiasati besarnya pengeluaran. Contohnya untuk kebutuhan peralatan memasak, Anda bisa gunakan alat dapur yang Anda miliki alih-alih membeli peralatan baru. Selain itu, tempat usaha, Anda bisa manfaatkan halaman atau depan rumah Anda untuk jadi tepat usaha. Meskipun bisa dikali, modal usaha harus tetap Anda persiapkan ya.

Agar tidak overbudget buatlah rencana bisnis yang jelas. Hal pertama yang perlu direncanakan adalah konsep jualan Anda. Apakah ingin buka kedai makan kaki lima atau dengan gerobak? Sebab beda cara pemasaran, modal yang dibutuhkan pun berbeda. Untuk itu, mau tidak mau harus menghitung berapa modal yang cukup untuk membangun dan menjalankan usaha tersebut.

Gunakan modal Anda sebaik mungkin

Nah, bila sudah ada modal langkah Anda selanjutnya adalah mengalokasikan danannya untuk keperluan bisnis Anda. Pada tahap ini Anda harus membagi modal yang dimiliki sesuai kebutuhan. Hal pertama yang diperlukan adalah tempat usaha.

Bila Anda ingin buka kedai atau tempat makan, anggaran untuk menyewa tempat atau membeli kios usaha cukup menguras kantong. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih lokasi usaha yang sesuai dengan target pasar yang ingin Anda tuju. Selanjutnya modal dialokasikan untuk peralatan, sebaiknya pilihlah peralatan dan perabotan yang berkualitas karena ini adalah investasi jangka panjang di bisnis Anda.

Jenis usaha bakso modal kecil

Tidak hanya bakso dengan daging ayam dan sapi, kini sajian bakso sudah banyak variasinya. Ada yang menggunakan bahan dasar ikan, bakso isi keju, telur, urat, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dilakukan pengusaha agar dapat bersaing dengan kompetitor yang semakin ramai bermunculan. Berikut ini beberpa sajian bakso yang mungkin bisa Anda jadikan referensi.

Usaha bakso urat

Sajian bakso urat salah satu jenis bakso yang paling banyak diminati. Hampir setiap warung bakso di Indonesia menyajikan menu ini. Menu bakso ini terbuat dari irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar yang dicampur dengan adonan daging sapi dan ayam. Anda juga bisa berkreasi dengan citra rasa lain, misalnya menambahkan gilingan cabe rawit.

Usaha bakso bakar

Umumnya bakso disajikan bersama kuah yang gurih, tapi satu ini tidak. Jenis bakso ini disajikan dengan cara diolesi bumbu bakaran dan disediakan bersama bumbu kacang. Sajian ini cocok di makan untuk cemilan saat bersantai.

Baca Juga: Peluang Usaha Frozen Food Bisa Dijual Di Rumah Untung Besar

Usaha bakso goreng

Bakso goreng jadi cemilan yang sedang nge-tren saat ini. Terbuat dari campuran adonan bakso dan daging ayam bakso ini disajikan dengan cara digoreng. Rasa bakso goreng yang lembut di dalam dilengkapi dengan kulit luarnya yang super gurih.

Usaha bakso aci

Bakso aci dikenal dengan tekturnya yang kenyal dan berwarna lebih bening dibanding bakso biasa. Berbeda seperti bakso biasanya, bahan utama untuk membuat bakso ini adalah tepung kanji dan gilingan daging ayam. Bakso aci umumnya disajikan dengan saos, kuah atau bumbu kacang.

Usaha bakso ikan

Ternyata daging yang diolah untuk dijadikan bakso bukan hanya ayam dan sapi saja, tapi juga ada bakso daging ikan bahkan cumi. Bakso dengan bahan dasar tersebut memiliki warna dan terktur yang berbeda. Kebanyakan bakso ikan adonannya lebih halus dari pada daging sapi dan ayam. Selain itu, warnanya pun putih bukan becoklatan. Untuk rasanya, bakso ini pun tidak kalah gurih apa lagi disajikan bersama kuah bakso yang hangat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here