Bisnis Kuliner 2018

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis kuliner 2018 – Ternyata bukan hanya dunia fashion saja yang memiliki tren, menu-menu kuliner pun juga ada masa-masanya. Anda pasti sering mendengar istilah kekinian bukan? Istilah tersebut digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang ngetren saat itu, seperti misalnya “makanan atau minuman kekinian”. Kini, kuliner kekinian makin berkembang mengikuti selera pasar. Berbagai inovasi diciptakan, tidak sedikit bahkan memiliki tampilan dan rasa yang aneh dan nyeleneh.

Alih-alih tidak diminati konsumen, makanan dan minuman dengan konsep demikian malah membuat orang tertarik untuk mencobanya. Makanya tidak sedikit restoran sampai usaha kuliner rumahan mengadopsi kuliner yang unik untuk mendapatkan perhatian konsumen. Untuk menemukan makanan atau minuman apa yang bisa jadi tren di tengah masyarakat, banyak pelaku usaha yang mengadopsi kuliner yang sedang hits di negara lain atau dengan memodifikasi makanan tempo dulu atau menu khas daerah.

Baca Juga: 10 Bisnis Kuliner Jajanan Sekolah Yang Sehat dan Menguntungkan

Nah, bicara soal menu makanan yang sedang tren, Anda pasti ingin tahu bukan apa saja kuliner yang sedang populer saat ini? Berikut ini beberapa menu yang mungkin bisa Anda jadikan ide untuk peluang usaha kuliner Anda.

Jus mangga dengan topping buah mangga dan whipcream

Minuman jus dengan buah mangga memang biasa saja. Namun, entah mengapa minuman seperti ini bisa jadi tren di tanah air.  Senpat tenar di media sosial minuman asal Thailand ini menjadi sangat laku dibeli oleh pemburu kuliner. Cara membuat minuman ini pun sama saja seperti membuat jus mangga biasanya. Hanya saja minuman ini ditambah topping whipped cream sehingga membuat tampilannya kian manis.

Makanan olahan aci

Jajanan dengan bahan dasar aci sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Dahulu, makanan asal Jawa Barat ini sering kali kita temukan di lingkungan sekolahan dan pinggiran jalan karena target pasarnya sendiri adalah anak-anak sekolahan dan masyarakat kelas bawah. Namun, sekarang cemilan ini bisa dengan mudah kita temukan di mall-mall bahkan restoran. Beberapa sajian aci yang saat ini sedang tren adalah cireng rujak, cilok, cilor, cimol, dan bakso aci.

Es krim gulung

Es krim adalah salah satu kuliner yang cukup banyak peminatnya. Dari sekian banyak sajian es krim, yang saat ini sedang populer adalah es kirm roll atau es krim gulung. Kudapan yang manis dan dingin ini pertama kali dikenal di Thailand dengan sebutan Stif-fried Ice Cream. Cara membuat es krim ini harus menggunakan mesin khusus, bahan-bahannya sendiri menggunakan adonan es krim ditambah dengan buah atau biscuit. Lalu es krim disajikan dengan topping sesuai selera bisa dengan whipcream, buah, kue, sprinkles, atau remahan biscuit.

Pisang nugget dengan banyak varian rasa

Inilah kudapan yang saat ini sedang hangat-hangatnya jadi pembicaraan masyarakat dunia maya. Pisang nugget adalah salah satu sajian olahan pisang goreng dengan tekstur yang hampir menyerupai pisang pasir. Hanya saja pisang goreng nugget dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dan disajikan dengan topping yang unik dan menggugah selera. Kebanyakan penjualan cemilan ini membandrol harga mulai dari Rp 22 ribu hingga Rp 50 ribu per box dengan isi kurang lebih sekitar 10 potong pisang nugget.

Sate Taichan

Tren makanan saat ini yang diprediksi akan populer menjadi bisnis kuliner 2018 berikutnya adalah Sate Taichan. Untuk kuliner satu ini sudah sangat terkenal di kalangan anak muda. Tahukah Anda dari mana asal Sate Taichan? Ternyata sate ini bukan makanan khas suatu daerah tertentu, melainkan hasil “iseng-iseng” WNA yang berkunjung ke salah satu tempat jualan sate di bilangan Senayan. Sate Taichan memiliki ciri khas yaitu dagingnya berwana putih, tidak kecoklatan seperti sate pada umumnya. Cara membuat sate ini pun sangat sederhana, sate ayam dilumuri dengan garam, jeruk nipis dan penyedap rasa. Setelah itu dibakar 3-5 menit dan diberikan sambal dan jeruk nipis. Rasa dan tampilannya yang unik menggugah selera masyarakat untuk mencobanya. Maka tak mengeherankan kalau usaha ini mulai bermunculan di mana-mana, bahkan ada yang membuka cabang dengan konsep kemitraan.

Thai Tea

Bila Anda sering main ke mall, pasti sering melihat booth minuman teh Thailand contohnya Dum Dum atau Nong Poy Cha. Tidak tahu bagaimana caranya minuman satu ini bisa jadi kuliner favorit di Indonesia. Mungkin karena tampilannya yang menarik dibandingkan minuman blend lainnya atau mungkin rasanya yang berbeda. Namun, sepengalaman penulis sendiri rasanya hampir sama seperti teh tarik yang bisa dibeli di warung kopi atau tempat makan yang menyajikan menu-menu Indonesia. Thai Tea sendiri terbuat dari seduhan teh yang dicampur dengan susu kental manis atau susu evaporasi. Setelah itu, campuran teh yang masih hangat tersebut dicampurkan ke dalam segelas es batu.

Salted Egg Chicken

Sajian ini terdiri dari potongan ayam yang digoreng dengan tepung. Setelah itu pada bagian luar ayamnya disaram dengan saus telur asin yang gurih dan nikmat. Menu ini cukup populer, bahkan sempat menjadi viral di media sosial. Salted egg chicken biasanya disajikan sepaket dengan nasi putih dan telur mata sapi. Rata-rata menu ini dijual dengan harga Rp 40 ribu sampai 50 ribu.

Jus Detox

Gaya hidup sehat rupanya mempengaruhi tren makanan dan minuman sebagian orang. makanya mulai bermunculan menu yang mengedepankan manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya Jus detox atau yang dikenal juga cold pressed juice. Minuman ini dikenal berguna untuk menyerap dan membuang racun-racun akibat polusi dan konsumsi yang tidak sehat di dalam tubuh. Cara membuatnya memang tidak mudah karena perlu tahu komposisi dan cara pengolahan yang tepat agar khasiat dari bahan-bahannya bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Frozen Yogurt

Bukan hanya jus detox, menu kuliner yang bermanfaat bagi tubuh, mengkonsumsi frozen yogurt juga dipercaya bisa menjaga tubuh Anda dari dalam. Usaha frozen yogurt yang saat ini sedang booming adalah Sour Sally. Mereka menawarkan berbagai varian rasa froyo, namun yang saat ini yang paling terkenal adalah froyo Sakura. Ini adalah frozen yogurt yang menggunakan ekstak koral yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh.

Cupcake di dalam Toples

Cupcake dengan toping karakter atau macam-macam frosting yang unik sering kali kita jumpai di kedai kue dan mall. Namun, beda dengan sajian yang satu ini. Agar tidak mudah rusak, ada yang menciptakan cupcake dalam toples kaca. Dibuatnya kue ini bertujuan supaya makanan ini memungkinkan untuk dikirim kemana-mana tanpa harus khawatir tampilan kue jadi rusak. Soal rasa, di pasaran tersedia rasa red velvet, oreo cheese, cookies and cream, milo, cheese cake, greentea.

Silky Puding

Sudah pernah merasakan enaknya silky pudding? Kalau belum Anda bisa temukan ini di mall-mall di daerah perkotaan. Untuk rasa yang ditawarkan cukup beragam seperti strawberry, mango, coklat, milo, greentea, bubblegum, taro dan lainnya. Sajian ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang nga terlalu manis sehingga cocok untuk dijadikan makanan pembuka.

Demikian beberapa tren kuliner saat ini yang bisa dijadikan ide bisnis kuliner 2018 yang profitable. Kalau Anda ingin mencoba mulai usaha kuliner tersebut, tawarkanlah sesuatu yang dapat membedakan sajian Anda dengan sajian yang sudah ada agar lebih bervariasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

69 − = 68