Bisnis Kue Oleh-Oleh Khas

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Berkunjung ke sebuah daerah, rasanya tidak afdol tanpa membawa oleh-oleh atau buah tangan yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Peluang ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa artis dengan membuat usaha kuliner untuk dijadikan bisnis kue oleh-oleh khas Indonesia.

Salah satu produk oleh-oleh khas yang ditawarkan adalah kue. Gak dapat dipungkiri, beberapa tahun terakhir ini bisnis yang dirintis oleh para artis tersebut berhasil memikat hati masyarakat Tanah Air dan menciptakan tren bisnis baru dikalangan para artis. Perkembangan yang semakin pesat dengan omset yang sangat menjanjikan, membuat sejumlah artis mulai milirik bisnis tersebut dan membuka gerai di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Inspirasi Usaha Kuliner dari Artis-artis Indonesia

Lalu, Apa Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis Para Artis?

Salah satu strategi promosi yang dilakukan oleh para artis yaitu dengan memanfaatkan popularitas mereka di kalangan masyarakat. Tentunya tidak hanya popularitas, ada beberapa faktor lain yang menjadi kunci kesuksesan mereka dalam merintis oleh-oleh khas kekinian. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Kejelian Melihat Potensi Pasar

Kejelian melihat peluang memang diperlukan dalam segala bidang bila ingin maju. Tak terkecuali dalam bisnis kuliner atau produk makanan olahan.

Indonesia sebagai negara kepulauan jadi potensi yang besar untuk penggunaan slogan oleh-oleh. Nah, artis yang berkecimpung di bisnis ini pastinya sadar bagaimana sebuah kata oleh-oleh dalam penamaan dan promosi sangat berpengaruh. Sehingga rasanya gak afdol berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, tanpa membawa pulang kue sang idola.

Membangun Rasa Penaran

Apa yang membuat orang tergerak untuk membeli kue kekinian para artis yang berada di kota berbeda, tetapi memiliki bentuk dan rasa yang itu-itu saja atau terbilang hampir sama? Rasa penasaran adalah jawabannya. Dorongan untuk sekedar mencicipi berhasil dilakukan bisnis kue kekinian tersebut.

Memanfaatkan Media Sosial

Menurut data 2018, Indonesia menduduki posisi ketiga negara yang paling banyak menggunakan Instagram, yaitu sebanyak 57 juta orang. Kebayang kan potensi besar yang dimiliki Instagram dan seberapa besar pengaruhnya ke bisnis?

Media sosial jadi kunci besar suksesnya artis memasarkan tart atau sponge milik mereka. Artis dengan follower  jutaan ini berhasil menarik antusias masyarakat. Media sosial memang memiliki potensi pasar yang sangat tinggi dengan hanya bermodal kouta.

Tim yang Kuat

Dua tahun terakhir terungkap bahwa ternyata beberapa bisnis kue artis berada di bawah naungan perusahaan yang sama. Salah satu perusahaan yang menaungi bisnis ini adalah Jannah Corp. Sekitar kurang lebih 13 artis telah bergabung bersama Jannah Corp. Hal ini semakin menguatkan pemasaran mereka.

Jadi biasanya setiap artis akan saling mendukung usaha satu sama lain. Caranya bisa dengan postingan media sosial atau pun bentuk dukungan dengan mengunjungi gerai secara langsung. Memiliki tim yang kuat jadi salah satu kunci menghadapi persaingan pasar.

Inovasi yang Selalu Kreatif

Para artis sepertinya sadar betul tentang kondisi masyarakat yang mudah bosan terhadap suatu produk. Hal ini membuat munculnya berbagai inovasi baru di bisnis kue kekinian itu sendiri. Misalnya saja yang dilakukan artis Prilly Latunconsina dan Laudya Chyntia Bella.

Keduanya telah memiliki gerai kue di kota yang berbeda. Namun, mereka membuka gerai baru dengan inovasi rasa dan bentuk kue yang baru.

Popularitas yang Dimiliki Para Artis Turut Menentukan

Tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas mampu membangun kesuksesan bisnis para artis ini. Mereka kembali ke daerah dan menyapa para penggemarnya melalui bisnis kue kekinian. Membeli kue sang idola menjadi bentuk dukungan yang dilakukan oleh para fans. Meski pada akhirnya rasa kue jadi penentu.

Itu dia rahasia kesuksesan bisnis oleh-oleh khas kekinian para artis yang bisa Anda pelajari saat akan membuka bisnis makanan.

Tertarik Ikutan Tren Bisnis Oleh-Oleh?

Untuk bisa sukses berbisnis di bidang ini tak perlu harus jadi artis agar berhasil. Dengan menerapkan sejumlah tips yang jitu, bisnis oleh-oleh yang dirintis akan ramai pengunjung dengan sendirinya. Berikut tips-nya:

Hadirkan Sentuhan Moderen pada Produk Anda

Coba lihat sejumlah bisnis oleh-oleh khas daerah yang baru-baru ini ramai dibicarakan, kebanyakan mereka mengubah konsep oleh-oleh khas menjadi produk yang lebih modern.

Inilah tantangan yang mesti Anda jawab yakni memberi sentuhan modern pada produk yang khas daerah. Caranya bisa dengan mengemas secara lebih menarik atau memberi sentuhan rasa atau gaya yang kekinian.

Bekerjasama dengan Jasa Tur dan Travel

Salah satu penyumbang terbesar bisnis oleh-oleh adalah penumpang transportasi umum milik tur dan travel. Memang, ini merupakan trik lama yang sudah diketahui banyak pebisnis oleh-oleh.

Namun, bukan berarti cara ini sudah tak menarik lagi. Untuk itu, upayakan bekerja sama dengan travel dan tur terbesar yang beroperasi di kota Anda.

Gunakan Jasa Konsultan Bisnis

Anda punya ide yang segar tapi tak tahu bagaimana mengeksekusinya dengan cantik. Bila kondisinya seperti ini Anda butuh bantuan profesional. Gunakan konsultan bisnis yang bisa memberi masukan tepat mengenai bisnis Anda.

Nantinya, mereka akan membantu Anda baik dalam hal branding, manajemen usaha dan pemasaran. Untuk menggunakan jasa konsultan memang dibutuhkan kocek lebih dalam. Untuk itu, Anda harus menyiapkan modal yang cukup.

Baca Juga: Usaha Kuliner Modal Kecil untuk Pelaku Usaha Pemula

Lokasi yang Tepat dan Layanan yang Ramah

Outlet atau toko oleh-oleh harus berada di lokasi yang strategis. Meskipun harga sewa lokasi di tempat yang strategis tergolong mahal, anggap saja sebagai modal untuk meraih kesuksesan.

Hindari merepotkan konsumen dengan lokasi yang sulit dijangkau. Hal penting lainnya adalah pelayanan yang ramah agar konsumen tak sungkan untuk kembali lagi.

Itu dia hal-hal yang bisa Anda pelajari dari kesuksesan bisnis oleh-oleh khas para artis. Semoga bermanfaat  dan selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

37 + = 45