bisnis kue kering

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis Kue kering. Salah satu bisnis yang paling banyak digandrungi saat bulan Ramadhan hingga menjelan lebaran. Berbisnis kue kering memang cukup menjanjikan, mengingat banyaknya masyarakat yang enggan repot-repot membuatnya sendiri.

Kue kering sendiri telah menjadi makanan yang wajib hadir saat hari lebaran tiba. Meski hari lebaran masih lama, banyak masyarakat yang sudah sibuk dengan urusan kue kering. Baik itu membelinya atau pun membuatnya sendiri dirumah.

Baca Juga : Ini dia Kursus Masak dan Kursus Membuat Kue di Beberapa Kota

Bagi Anda yang berbisnis kue kering, justru saat-saat seperti inilah yang menjadi peluang untuk Anda agar bisa meningkatkan pendapatan. Lalu bagaimana agar bisnis kue kering Anda diminati dan memiliki banyak orderan? Berikut tipsnya

Tentukan Jenis Kue Kering yang Ingin dibuat

Jika usaha kue kering yang Anda jalankan baru dimulai, tidak masalah jika hanya membuat satu jenis kue saja. Hal ini dilakukan agar Anda tetap fokus dengan pembuatan kue tersebut.

Selain agar fokus Anda tidak terganggu, cara ini dilakukan agar kue kering yang Anda buat tidak terbuang sia-sia. Ada baiknya jika tidak terburu-buru dan menunggu hingga kue kering yang telah dibuat laku terjual.

Menjual beragam kue kering diawal usaha, dikhawatirkan akan membuat Anda kewalahan daslam menanganinya. Apalagi jika Anda masih mengerjakan semuanya sendiri dan belum memiliki pegawai. Usahakan untuk melakukan semuanya secara bertahap.

Gunakan Resep Terbaik

Kue yang memiliki rasa enak pasti akan disukai pelanggan. Oleh karena itu, gunakan resep terbaik yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menguji coba resep terlebih dahulu agar rasanya tidak mengecewakan.

Jika Anda tidak memiliki resep yang diciptakan sendiri, Anda bisa mencari kumpulan resep dari berbagai macam sumber seperti internet, buku, ataupun dengan menanyakan kepada keluarga dan teman.

Gunakan Bahan yang Berkualitas Baik

Resep tanpa dibarengi dengan bahan berkualitas tidak akan menghasilkan kue yang enak. Menggunakan bahan yang asal-asalan hanya akan membuat pelanggan Anda kabur dan merasa kecewa.

Jadi sebaiknya gunakablah bahan-bahan berkualitas. Mulai dari terigu, telur, hingga bahan-bahan pelengkap seperti keju dan cokelat. Selain memberikan rasa yang enak, pemakaian bahan berkualitas akan membuat kue menjadi tahan lama dan tidak cepat kadaluwarsa.

Berikan Inovasi pada Kue Kering

Memberikan inovasi pada sebuah bisnis memang harus dilakukan. Inovasi akan membuat bisnis Anda menjadi mampu untuk bersaing. Pada bisnis kue kering, Anda bisa melakukan inovasi seperti mengubah tampilan bentuk dan warna.

Semakin unik bentuk yang Anda buat, maka akan semakin menarik minat beli masyarakat. Oleh karena itu, tingkatkan kreatifitas yang Anda miliki agar menghasilkan kue kering yang lebih menarik dari sbeelumnya.

Selain inovasi pada bentuk, Anda juga bisa mengubah rasa dengan menambahkan topping atau mengganti isian kue kering, serta menggunakan kemasan yang unik.

Beri Harga yang Sesuai

Menentukan harga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Penentuan harga yang salah akan membuat Anda merugi. Buatlah perincian modal seperti alat dan bahan, hingga ongkos angkutan umum untuk berbelanja keperluan bisnis.

Jika Anda sudah menghitung semua pengeluaran, penentuan harga akan lebih mudah ditetapkan. Namun jangan sampai juga Anda menentukan harga yang terlalu mahal. Tetapkanlah harga secara wajar.

Promosi

Tidak ada bisnis yang bisa dilakukan tanpa adanya promosi. Promosi sangat berpengaruh pada penjualan sebuah bisnis. Berikut tahapan dalam menjalani promosi.

Door to Door

Langkah ini merupakan cara paling efektif, terutama untuk Anda yang baru saja menjalankan usaha. Tawarkan langsung kepada rekan, teman, dan keluarga. Jangan lupa untuk meminta saran dan testimoni agar Anda dapat mengetahui kekurangan yang ada pada kue kering Anda.

Daftar Juga : Kursus Membuat Kue Kering untuk Hari Lebaran dan Bisnis Kue

Siapkan Tester

Persiapkan tester agar pelanggan yang Anda tawarkan dapatkan mencicipinya terlebih dahulu. Selain itu, tester juga memudhakan pelanggan dalam menentukan jenis kue apa yang ingin mereka beli.

Beri Harga Khusus

Berikan harga khusus agar pelanggan merasa tertarik. Jangan ragu untuk memberikan harga khusus, karena cara tersebutlah yang akan membuat pelanggan tidak ragu untuk membeli lagi.

Usaha apapun tidak akan berhasil jika Anda tidak serius dalam menjalankannya. Oleh karena itu, lakukanlah dengan tekun dan serius agar dapat meraih hasil sesuai dengan yang Anda harapkan. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

40 − = 36