Bisnis Jualan Makanan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Perlu ide bisnis jualan makanan? Anda bisa saja membuka usaha makanan kecil seperti gorengan, kue donat, atau semacamnya. Tetapi, jika itu saja yang akan Anda jual, mungkin keuntungan masih sedikit atau kurang. Bagaimana cara menaikkan untungnya? Tentunya Anda harus berinovasi, salah satunya dengan menjual makanan khas Jepang.

Siapa yang tidak tahu negara Jepang? Kuliner di negara maju ini mempunyai banyak rekomendasi tuk bisnis jualan makanan Anda. Seperti sushi. Anda bisa membuat bisnis jualan makanan sushi dengan harga yang murah dan tentunya dengan modal yang sedikit. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Berbagai Ide Peluang Usaha Makanan Korea Yang Unik

Tips-tips membuka Bisnis Jualan Makanan Jepang

Sebelum Anda membuka bisnis jualan makanan khas Jepang ini, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut.

Analisis Keuangan Anda

Walaupun terdengar mudah, tetapi soal keuangan itu juga penting untuk diperhatikan. Karena pengeluaran dan pemasukkan pun harus seimbang. Harus sesuai juga dengan modal yang kita punya. Maka dari itu, buatlah pembukuan detail tentang usaha Anda. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa memasukkannya di fasilitas hitung menghitung di komputer seperti Microsoft Excel.

Menilik Bahan-bahannya

Bahan-bahannya harus diteliti? Mengapa demikian? Selain melihat harganya, tentunya Anda juga harus memperhatikan bahan-bahan yang akan Anda beli. Ini karena pencitraan negara Jepang yang selalu menjaga kesegaran makanannya. Seperti sushi contohnya. Dengan daging yang segar, sushi akan terasa juicy dan tentunya manis menyegarkan.

Ketahui Kemana Tujuan dan Lokasi Penjualannya

Makanan apa yang ingin Anda jual? Apakah Anda sudah tahu kemana Anda akan mempromosikannya? Nah, disini Anda harus menelitinya terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena target penjualan kita ditujukan agar kita mengetahui kemana kita akan menjual produk kita. Supaya target kita tertuju dan jelas, sehingga kita tidak perlu pusing lagi kemana produk kita harus dijual.

Selain target, lokasi penjualan atau usaha Anda juga penting. Menurut bisnis.liputan6.com lokasi usaha juga harus dibandingkan dengan modal yang kita punya. Jangan sampai lokasi strategis membuat modal kita semakin terkuras. Carilah lokasi strategis yang lebih murah seperti di sekolah-sekolah atau lingkungan perkantoran.

Jangan lupa mengedepankan “Jepang” pada usaha Anda

Slogan atau logo biasanya sangat berpengaruh dalam berbisnis, terutama bisnis jualan makanan Jepang ini. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menyukai sesuatu yang menarik. Maka dari itu, Anda perlu mempromosikan kata Jepang pada produk Anda. Selain memang khas Jepang, Anda bisa menarik perhatian banyak pelanggan untuk membeli ke tempat ala Jepang Anda.

Jenis-jenis Bisnis Makanan Jepang

Kuliner Makanan Nasi Gulung, Sushi

Sebagai makanan khas Jepang, Sushi bisa menjadi bisnis jualan makanan idaman Anda. Selain populer, Anda juga bisa membuat sushi dengan cara yang sangat mudah. Speerti dilansir dari menu-tokyo.jp, sushi adalah makanan yang menggunakan ikan mentah dan digulung menggunakan rumput laut.

Baca Juga: Menilik Usaha Jualan Makanan yang Laris Manis

Ada banyak tipe sushi yang bisa dibuat menjadi bisnis jualan makanan Anda. Salah satunya adalah memjual sushi dengan daging matang. Mengapa harus matang? Karena masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui tentang sushi. Maka dari itu, cobalah untuk menggabungkannya dengan rasa lidah orang Indonesia.

Salah satu bisnis yang menggunakan sushi matang yaitu Sushi Rakyat. Bisnis kuliner ini telah lama dan telah sukses menjalankan makanan ala Jepang ini dengan sistem penjualan deliver online dan pick up order. Sushi Rakyat saja bisa, mengapa Anda belum?

Bisnis Kacang Kedelai Jepang, Edamame

Seperti dilansir dari brilio.net, Edamame merupakan kedela yang dikukus atau direbut yang ditaburi garam sebagai penambah rasa. Biasanya, kita bisa mendapatkan ini di penjual-penjual kaki lima yang menjual kacang tanah dan jagung rebus.

Nah, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mencari ide baru supaya menaikkan tingkat kemewahan kacang kedelai ini. Sudah mencoba memagangnya? Atau menggorengnya? Cobalah bermain dengan cara memasak dan memberikan rasa-rasa baru. Sudah mulai terbayang? Ayo lakukan sekarang juga.

Usaha Bola-bola Takoyaki

Sudah pernah mencoba takoyaki? Ya, bola-bola kecil dengan isi yang bermacam-macam ini bisa menjadi rekomendasi bisnis jualan makanan ala Jepang. Selain terkenal di kalangan anak muda, pembuatan takoyaki ini pun sangat mudah. Anda hanya bermodalkan cetakan khusus beserta bahan-bahannya yang simple seperti terigu, telur, dan isi-isian yang Anda inginkan.

Contoh bisnis jualan makanan Jepang ini adalah Daddys Takoyaki. Bisnis ini mempunyai 4 varian takoyaki dengan isi yang berbeda beda. Selain bervariasi, bisnis ini juga menawarkan usaha dengan sistem franchise dimana pihak pertama akan menawarkan semua perlengkapan beserta bahannya  dan pihak kedua akan memberikan modal sesuai perjanjian pihak pertama. Menarik bukan?

Membuka Bisnis Jualan Makanan Martabak ala Jepang, Okonomiyaki

Martabak ala Indonesia biasanya memakai topping coklat atau keju sebagai pelengkap. Nah, bisnis makanan ini biasanya menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Okomomiyaki atau martabak Jepang adalah makanan campur aduk yang mempunya komposisi makanan laut seperti kepiting atau gurita, sayuran, dan bahan pelengkap lain yang dicampur dengan tepung terigu dan telur menurut yuktravel.com.

Bisnis kuliner makanan ini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat terutama kalangan anak-anak muda. Dengan pelengkap sausnya yang khas, okonomiyaki bisa menjadi ide peluang usaha yang menguntungkan. Mengapa demikian? Anda hanya perlu mengganti bahannya ke bahan yang lebih murah seperti daging ikan atau ayam. Cari juga tempat yang banyak anak muda seperti di sekolah atau universitas terdekat.

Bisnis Mie dengan Mie Ramen khas Jepang

Tentunya Anda pernah mencoba mie ramen ini bukan? Makanan berbahan dasar mie ini merupakan makanan yang bisa Anda jadikan bisnis jualan makanan khas Jepang. Banyak orang Jepang yang memakan mie dengan sebab karena mie adalah makanan yang dapat memperpanjang umur orang yang memakannya.

Sama dengan takoyaki, Anda bisa merubah toppingnya dengan bahan yang lebih murah seperti telur setengah matang dengan smoke beef sapi yang murah. Raciklah bumbu yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Anda bisa mencoba sendiri dengan mie instant dulu untuk mengetahui bumbu atau pelengkap yang enak. Mudah bukan?

Baca Juga: Kerjasama Peluang Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

Usaha Makanan Camilan Nasi Isi Onigiri

Nasi kepal ala Jepang ini merupakan salah satu makanan khas jepang yang berisi daging ikan atau ayam yang dibungkus dengan nori atau rumput laut menurut yuktravel.com. Di Indonesia, kita bisa mengenal sejenisnya seperti bacang atau nasi bungkus daun pisang yang berisi daging. Hampir sama dengan sushi, onigiri sendiri disajikan secara matang denga isi yang bervariasi.

Apa yang membuat onigiri menjadi bisnis jualan makanan yang murah? Anda bisa mengakalinya dalam penyajian isinya yang bervarian. Anda tidak perlu memikirkan kesegaran bahan karena onigiri diolah secara matang. Anda juga bisa memakai kemasan yang menarik untuk menarik perhatian para pelanggan seperti ditambahkan gambar ikan atau ayam sesuai dengan bahan yang Anda jual.

Bagaimana? Banyak bukan bisnis jualan makanan khas Jepang yang murah? Selain murah, Anda juga bisa membuatnya dengan mudah karena hanya memakai beberapa bahan yang biasa dijual di pasaran. Sudah ingin mulai mencoba?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here