bisnis coffee shop

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Saat ini minum kopi tidak lagi menjadi kegiatan minum biasa. Minum kopi sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentu menjadi salah satu alasan mengapa bisnis coffee shop banyak bermunculan.

Minuman kopi juga merupakan favorit semua kalangan. Mulai dari remaja sampai dewasa , hingga kalangan menengah atas maupun ke bawah. Melihat banyaknya penikmat minuman kopi, tertarikkah Anda untuk membuka usaha kedai kopi?

Baca Juga : Tertarik Buka Usaha Tengah Malam? Ini dia 10 Usaha Kuliner di Malam Hari

Memulai sebuah bisnis memang bukanlah hal mudah. Apalagi jika bisnis ini merupakan bisnis pertama Anda. Tak perlu khawatir karena berikut adalah beberapa langkah untuk memulai bisnis coffee shop :

Buat Rancangan Konsep

Sebelum membangun coffee shop, pastikan Anda telah membuat rancangan konsep secara matang terlebih dahulu, Rancangan konsep terdiri dari :

Target Pasar yang Ingin dituju

Siapa yang target pasar yang ingin Anda tuju? Apakah masyarakat biasa, kalangan menengah dan atas, atau pun kalangan mahasiswa hingga pegawai kantoran. Penentuan target pasar ini akan memudahkan Anda untuk merancang konsep selanjutnya.

Tipe Coffee Shop

Jika Anda sudah menentukan target pasar yang ingin Anda capai, selanjutnya ialah tentukan tipe coffee shop apa yang ingin Anda buat. Apakah kedai kopi sederhana, atau kedai kopi untuk kalangan menengah dan atas yang biasanya berada di pusat perbelanjaan.

Strategi yang Akan dilakukan

Anda juga perlu merancang strategi yang nantinya akan dilakukan saat bisnis ingin berjalan. Mulai dari strategi menghadapi pelanggan, strategi mendapatkan bahan baku dengan kualitas tinggi, hingga strategi saat menghadapi daya beli masyarakat yang menurun.

Rencana Masa Mendatang

Buatlah rencana untuk masa yang akan datang. Mulai dari rencana untuk membuat inovasi dalam menu yang Anda sajikan sampai cara menghadapi persaingan ketat pada bisnis coffee shop.

Modal yang Cukup

Hal yang tak kalah pentingnya ialah modal. Ketika ingin mendirikan bisnis coffee shop, tentu modal yang Anda butuhkan tidaklah sedikit. Apalagi jika Anda ingin memiliki tempat sendiri, sehingga modal yang perlu dikeluarkan juga cukup banyak. Belum lagi dengan alat dan bahan-bahan utuk menyajikan kopi.

Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa membuka usaha coffee shop. Siasati dengan cara mengurangi peralatan dan bahan yang tidak terlalu dibutuhkan. Atau Anda juga bisa menggunakan peralatan yang Anda miliki dirumah terlebih dahulu. Cara tersebut cukup efektif karena Anda bisa meminimalisir modal.

Lokasi

Tak hanya modal, lokasi juga hal yang paling menentukan dalam sebuah bisnis. Pilihlah lokasi yang strategis dan akses yang mudah dijangkau agar bisnis coffee shop Anda mudah ditemukan.

Misalnya dengan memilih tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan, kampus, dan juga perkantoran.

Pilih Distributor Bahan yang Tepat

Membuka bisnis coffee shop artinya Anda harus bisa memilih distributor kopi yang tepat. Pemilihan distributor yang tepat pastinya akan mempengaruhi rasa dan kualitas kopi yang Anda sajikan.

Jika memiliki modal lebih, Anda bisa mendatangi langsung lokasi tempat kopi berkualitas dihasilkan. Namun jika modal Anda terbatas, sebaiknya cari saja informasi-informasi melaui teman, kerabat, ataupun internet untuk mendapatkan kontak distributor kopi yang terpercaya.

Peralatan

Dalam berbisnis coffee shop, Anda membutuhkan banyak sekali peralatan. Pilihlah peralatan yang berkualitas namun tetap terjangkau harganya. Misalnya seperti mesin grinder, ketel pemanas, moka pot dan peralatan lainnya.

Bukan hanya peralatan untuk membuat kopi saja, namun Anda juga membutuhkan perlengkapan pendukung yang wajib dimiliki. Seperti meja, kursi, cangkir, sampai hiasan ruangan sebagai pelangkap dan penarik perhatian.

Variasi Menu

Meskipun Anda berbisnis kedai kopi, bukan berarti Anda hanya menyajikan kopi saja sebagai menunya. Tak lengkap rasanya jika meminum kopi tanpa didampingi camilan atau menu lain. Anda bisa menambahkan menu nusantara seperti gorengan atau kue basah, atau menu internasional seperti nachos, pasta, chicken wings dan lainnya.

Strategi Pemasaran

Keberhasilan sebuah bisnis tentu tak pernah luput drai adanya strategi pemasaran. Strategi pemasaran bertujuan agar Anda memiliki banyak pelanggan hingga dapat menghasilkan pendapatan yang lebih.

Baca Juga : Lima Strategi Sukses Bisnis Kuliner Khusus Untuk Pemula

Banyak strategi yang bisa Anda lakukan. Mulai dari membuat iklan, aktif dalam bazar, hingga mengoptimalkan media sosial sebagai media untuk melakukan pemasaran.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat memulai bisnis coffee shop. Selain mengikuti langkah-langkah tersebut, pastikan juga bahwa Anda melakukannya dengan konsisten dan serius. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 1 =