Bisnis ole-oleh makanan khas daerah

Pelatihan dan Kursus Online Memulai Makanan, Minuman, aneka Roti dan kue Solusinya KLIK KURSUS ONLINE USAHA KULINER >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis oleh-oleh makanan khas daerah saat ini menjadi tren yang dipilih banyak orang. Selain itu ada juga beberapa artis yang mengikuti tren ini seperti Dude Harlino yang memiliki toko oleh-oleh khas Jogja Scrummy atau Bandung Makuta milik Laudya Chintya Bela.

Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis kuliner, membuka usaha oleh-oleh tradisional sagat cocok. Saat ini peluang usaha oleh-oleh makanan sangat menjanjikan terutama bagi Anda yang tinggal di daerah wisata.

Baca Juga: Tips Membuat Bisnis Kuliner yang Kekinian dan Instagramable

Indonesia sebagai negara yang sangat luas dan beragam budayanya memiliki aneka makanan khas yang unik. Keunikan ini yang bisa menarik minat wisatawan untuk mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi sehingga usaha makanan oleh-oleh memiliki peluang yang bagus.

Namun bagaimana jika Anda yang tinggal di kota besar namun ingin membuka usaha makanan oleh-oleh khas daerah, apakah bisa? Jawabannya tentu sangat bisa karena memiliki peluang yang bagus.

Usaha Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah Cocok Untuk Anda yang Tinggal di Perkotaan

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan tentu sangat bisa membuka usaha makanan oleh-oleh khas daerah. Kelebihan membuka usaha buah tangan daerah di kota-kota besar bisa menjual lebih banyak oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan profit lebih banyak.

Untuk mengetahui macam-macam oleh-oleh dari berbagai daerah, Anda bisa mencari referensinya di google. Anda juga bisa mencari toko online penjual makanan khas daerah yang bisa melayanai pengiriman luar daerah.

Untuk keuntungannya Anda bisa mendapatkan lebih banyak, misalnya untuk harga keripik tempe yang dijual Rp10 ribu per bungkus di daerah, Anda bisa menjualnya sampai dengan Rp20 ribu per bungkus. Keuntungan yang sangat menjanjikan bukan?

Selain itu kelebihan jualan makanan oleh-oleh khas daerah Anda bisa mengenalkan makanan daerah lebih luas. Orang-orang yang menggemari makanan dari satu daerah tidak harus pergi ke tempat asal makanan tersebut. Mereka jadi terbantu.

Tips Membuka Usaha Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha makanan oleh-oleh khas daerah. Berikut ini adalah tips membuka usaha makanan oleh-oleh khas daerah.

  1. Produk yang Dijual Harus Original Sesuai Daerahnya

Penting bagi Anda yang akan membuka usaha makanan oleh-oleh khas daerah untuk selalu mengutamakan keaslian makanan yang dijual. Jika Anda menjual makanan khas daerah misalnya dodol Garut maka yang Anda jual harus benar-benar dodol yang diambil dari Garut.

2. Produk yang Dijual Memiliki Ciri Khas

Meskipun Anda menjual makanan dari berbagai daerah, tentu Anda harus tetap memiliki ciri khas agar pembeli mudah mengingat toko Anda. Misalnya ada satu makanan yang Anda jual yang menjadi ciri khas toko Anda.

3. Pemilihan Tempat Harus Strategis

Setiap bisnis apapun yang memerlukan tempat tentu harus strategis. Tempat yang mudah diakses membuat orang-orang dengan mudah mengunjungi tempat Anda. Untuk membuka toko di tempat yang strategis tentu membutuhkan biaya yang besar tetapi peluangnya lebih menjanjikan.

4. Cobalah Untuk Bekerja Sama

Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu berkerja sama dengan biro perjalanan atau hotel. Keuntungan bekerja sama dengan biro perjalanan nantinya wisatawan akan diarahkan ke toko oleh-oleh Anda.

5. Coba Promosikan di Internet

Sarana penualan yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda saat ini dengan memanfaatkan media sosial. Anda bisa menggunakan facebook, twitter, instagram untuk berjualan. Anda juga bisa membuat website atau google my businnes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + twelve =

15 + = 16