aneka olahan ikan

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Tertarik untuk berbisnis aneka olahan ikan? Pasokan ikan laut  di Indonesia memang sangat berlimpah. Hal tersebut menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi Anda yang tertarik menjadikan ikan sebagai bahan utama usaha kuliner.

Ikan merupakan salah satu sumber bahan pangan yang sangat disukai dan mudah didapat karena lokasi Indonesia dikelilingi oleh lautan. Tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba membuka usaha olahan ikan. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan usaha kuliner olahan ikan

Baca Juga : Usaha Makanan Ringan dengan Olahan Singkong

Nugget Ikan

Siapa yang tidak mengenal nugget? Makanan yang berasal dari olahan ayam atau ikan ini merupakan makanan instan yang satu ini memang digemari banyak orang karena kepraktisannya. Tak membutuhkan waktu lama untuk menyajikkannya. Rasanya yang enak dan penyajiannya yang praktis, membuat nugget menjadi makanan yang paling banyak dicari.

Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha olahan ikan. Mengolah ikan menjadi  pun terbilang mudah. Alat dan bahan-bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan alat dan bahan yang ada di rumah.

Ikan yang bisa Anda gunakan juga beragam jenisnya. Misalnya ikan tenggiri, ikan tuna, ikan nila, ikan patin, hingga ikan lele.

Otak-otak

Otak-otak biasnya terbuat dari ikan tenggiri yang telah dicincang. Menjalankan usaha otak-otak dapat dilakukan secara sederhana karena alat dan bahannya yang mudah untuk didapatkan. Saat membuat produk otak-otak, gunakan ikan yang masih segar. Penggunaan ikan yang masih segar dapat memberikan kualitas yang baik pada otak-otak.

Siomay

Aneka olahan ikan lainnya adalah makanan khas dari Bandung ini telah dikenal sejak lama, yaitu Siomay. Siomay juga menjadi jajanan sehari-hari yang dapat ditemukan dimana-mana. Setiap kalangan bisa menyantap makanan ini. Hal inilah yang menjadi alasan siomay bisa menjadi peluang usaha olahan ikan. Usaha siomay dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun. Mendirikan usaha siomay pun dapat dijalankan meski tak memiliki modal yang besar.

Bakso Ikan

Banyaknya penggemar bakso, membuat bisnis bakso selalu berkembang. Tak hanya pada bakso sapi, namun juga terjadi pada bakso ikan. Rasa bakso ikan yang lebih lembut dan warnanya yang bersih membuat bakso ikan banyak digemari. Gunakanlah ikan berkualitas tinggi agar menghasilkan bakso yang enak.

Fish Stick

Fish stick atau stik ikan ini mirip sekali dengan nugget. Yang membedakan hanyalah bentuknya yang lebih panjang dan terlihat seperti stick. Semua jenis ikan dapat digunakan, namun lebih baik jika Anda menggunakan ikan tenggiri dan ikan kakap sebagai bahannya.

Kaki Naga Ikan

Sama halnya dengan fish stick, ikan yang baik digunakan untuk pemgolahan kaki naga adalah ikan tenggiri atau ikan kakap. Cara pembuatan kaki naga ikan juga mirip dengan pembuatan nugget, hanya saja kaki naga dililitkan pada stick yang terbuat dari bambu atau kayu.

Jika Anda ingin membuka usaha olahan ikan berupa kaki naga ini, sebaiknya Anda mengukusnya terlebih dahulu sebelum digoreng. Pengukusan berfungsi agar kaki naga ikan dapat bertahan lama sehingga dapat disimpan meskipun tidak terjual habis dalam sehari.

Dimsum

Banyak orang yang mengatakan bahwa dimsum merupakan siomay. Pada kenyataanya, dimsum dan siomay merupakan makanan yang berbeda. Siomay menggunakan daging ikan yang beraroma cukup kuat sedangkan dimsum lebih kaya dengan isian. Saat ini penjual dimsum memang sudah dapat ditemukan dimana-mana. Jika Anda ingin bersaing, maka utamakanlah rasa dan kualitas pada dimsum yang akan ditawarkan.

Peluang Usaha Olahan Ikan

Karena dikelilingi lautan yang luas, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki pasokan makanan laut yang berlimpah seperti ikan. Ditambah lagi adanya perkembangan teknologi sangat membantu para pelaku bisnis terutama dalam proses produksi dan membuatnya menjadi lebih efesien.

Baca Juga : Peluang Bisnis Frozen Food Di Rumah

Peluang usaha bisnis olahan ikan masih sangat luas. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba peruntungan pada usaha olahan ikan. Yang terpenting adalah keseriusan Anda untuk menciptakan produk yang memiliki kualitas unggul.

Itulah beberapa aneka olahan ikan yang bisa menjadi ide untuk Anda dalam berbisnis. Agar memenangkan persaingan dalam usaha olahan ikan, Anda harus mampu bersaing dari sisi harga, kualitas, produk, serta pelayanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here