Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Anda ingin menjalani bisnis makanan dengan modal kecil? Sudahkah Anda menganilisa bisnis Anda terlebih dahulu? Jika belum, jangan terlalu cepat mengambil keputusan.

Sudah banyak bisnis makanan dengan modal kecil yang sukses sampai mempunyai keuntungan yang begitu besar. Apakah Anda bisa? Tentunya Anda bisa melakukannya. Sebelum Anda memulai bisnisnya, cobalah memerhatikan hal-hal penting ini.

Baca Juga: List Franchise Makanan Terlaris Khusus Untuk Anda

Ketahui Tujuan dan Lokasi Pasarnya

Seperti yang dilansir cermati.com, sebelum Anda melakukan bisnis makanan ringan, Anda perlu mengetahui pasar makanan yang akan Anda jual. Sebagai contoh Anda ingin menjual keripik singkong. Sudah banyakkah yang menjual keripik singkong? Kemanakah produk Anda akan dijual?

Ketika Anda telah memiliki barang atau sesuatu yang akan Anda jual cobalah untuk memperhatikan arah atau tujuan penjualan Anda. Kita akan mengambil contoh sate taichan yang kini tengah booming di kawasan Senayan menurut travel.kompas.com.

Sate Taichan memperjualkan satenya yang unik dan berbeda di dekat perkantoran. Pembelinya pun adalah orang-orang kantoran yang biasanya tengah beristirahat di daerah Senayan, Jakarta. Ini menunjukkan bahwa tujuan dari penjualan sate taichan ini adalah untuk para pekerja.

Analisa Modal

Untuk memenuhi bisnis makanan dengan modal yang kecil, tentunya Anda harus menghitung secara rinci pengeluaran dan pemasukkan Anda. Memang tidak mudah menghitung pengeluaran dengan modal kecil. Anda harus berpikir dua kali dalam membeli bahan-bahannya.

Anda juga tidak perlu jauh menghitungnya. Sebagai contoh cobalah hitung modal Anda untuk sekali penjualan dalam satu minggu atau satu bulan. Usahakan uangnya tidak melebihi modal yang Anda punya karena Anda pun juga membutuhkan keuntungan. Jangan lupa tambahkan uang darurat yang berguna sebagai uang cadangan Anda.

Gunakan Strategi Penjualan yang Baik

Bagaimana Anda akan menjual produk Anda kepada masyarakat? Apakah Anda sudah memikirkannya? Selain tujuan dan lokasi pemasaran, hal ini juga sangat penting dipikirkan jika Anda ingin membuka bisnis makanan dengan modal kecil.

Ada beberapa cara atau strategi untuk memperjualkan produk Anda misalnya adakan diskon atau promo pembukaan. Biasanya promo atau diskon itu berlaku pada saat kita membutuhkan peminat. Anda juga bisa gunakan strategi lainnya seperti buy 1 get 1, undian atau kuis, dan lainnya.

Ini sangat dibutuhkan untuk Anda yang baru saja membuka bisnis makanan pertama kali atau pemula. Hal ini dibutuhkan karena kita perlu menarik banyak pelanggan atau peminat untuk mencoba makanan yang kita jual.

Cari Supplier Terpercaya

Modal memang kecil tapi jangan sampai kualitas makanan juga rendah. Biasanya bisnis makanan yang paling mudah dengan modal kecil adalah dengan berbisnis makanan ringan. Selain sedikit, bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Online Khusus Pebisnis Pemula

Supplier adalah sumber terpenting untuk bisnis usaha makanan dengan modal kecil ini. Anda membutuhkan supplier yang memang sudah terpercaya dan tentunya mengerti tentang bahan makanan yang Anda perlukan. Cobalah bertanya kepada wirausahawan yang sudah menjalani bisnisnya sejak lama.

Selalu Berusaha tuk Berinovasi

Sudah banyak bisnis makanan ringan dengan modal kecil yang menggunakan bahan yang terjangkau. Contohnya seperti keripik singkong, kue kering atau kue basah, dan lainnya. Anda hanya perlu mengembangkan satu bahan untuk menjadi makanan yang bisa dimakan selagi senggang.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencari ide baru. Apa saja idenya? Anda bisa saja menambahkan rasa baru atau kreasi baru dengan produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual cake, usahakan jangan hanya cake biasa saja yang Anda Jual. Anda bisa menjual cake dengan isi nutella atau cake berbentuk beruang coklat. Kreasikan diri Anda dalam bisnis makanan dengan modal kecil ini agar semakin banyak untung yang akan Anda dapat nantinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

67 − = 60