bisnis makanan online

Butuh Pelatihan dan Kursus Memulai Usaha/Mengembangkan Usaha? Solusinya KLIK >> GoUKM Training Center <<


 

Bisnis makanan online merupakan salah satu bidang bisnis yang selalu jadi peluang usaha favorit pengusaha. Tidak heran, sebab bidang usaha satu ini tidak akan pernah ketinggalan jaman dan target konsumennya pun tidak terbatas. Makanya banyak pengusaha yang rela mengeluarkan modal sampai berjuta-juta untuk membuka usaha makanan. Ditambah dengan hadirnya internet di tanah air, usaha makanan makin diperhitungkan sebagai usaha yang paling menguntungkan.

Terbukti banyak nama-nama merek makanan yang terkenal dalam waktu yang singkat karena menggunakan strategi marketing digital. Contoh saja Kripik Maicih, produk olahan singkong ini berhasil dikenal hingga ke negeri tetangga hanya dengan memanfaatkan media sosial yang populer saat itu, yakni Twitter. Nah, apa Anda juga ingin mencicipi kesuksesan di bisnis makanan secara online? Tidak ada salahnya untuk mulai dari sekarang. Tidak ada pengalaman dan masih bingung produk makanan apa yang ingin dijajakan? Tenang, pada artikel kali ini kami akan berikan 7 ide bisnis makanan yang bisa Anda jajakan di dunia maya.

Baca Juga: 8 Usaha Franchise Makanan Murah dan Unik Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Makanan Online untuk pengusaha pemula

Keripik tidak melulu harus kentang, buah juga bisa dijadikan keripik

Sajian kuliner seperti keripik sangat pas untuk Anda yang ingin jualan makanan secara online. Cemilan yang bisa dikonsumsi kapan saja ini, memiliki ketahanan yang cukup lama, bahkan sampai berbulan-bulan selama penyimpananya benar. Untuk bahan makanan yang bisa diolah menjadi keripik pun tidak hanya kentang saja, Anda juga bisa membuat keripik buah.

Makanan kalengan untuk pembeli yang tidak punya waktu memasak

Nyatanya masyarakat kini lebih suka yang simpel dan tidak memakan waktu banyak, apa lagi untuk urusan perut. Di tengah jadwal yang padat dan sedikitnya waktu, banyak di antara mereka yang lebih baik memesan makanan ketimbang harus memasak. Tapi karena tidak bisa selalu seperti itu, solusinya mereka membeli makanan instan yang proses memasaknya tidak membutuhkan waktu yang lama seperti makanan kaleng.

Melihat fenomena itu, maka ini bisa jadi peluang usaha yang sangat menguntungkan, apalagi jika Anda jalankan via online. Jenis makanan yang bisa dibuat kalengan pun beragam seperti kornet daging sapi atau ayam, sup jagung, sayur, sarden dan lain sebagainya.

Selain makanan kaleng juga bisa tawarkan lauk kering

Lauk kering juga potensial untuk dijalankan secara online sebab makanan ini memiliki daya tahan yang lumayan lama dan praktis. Bahan makanan yang biasa dibuat kering bermacam-macam misalnya tempe, daging sapi yang diolah menjadi rendang kering, abon, dan masih banyak lainnya. Nah, jadi bila Anda punya resep dan keahlian memasak makanan kereing Anda bisa mulai usaha ini dan menjajakanya secara online.

Frozen Food dengan bentuk unik juga menarik

Bisnis makanan online selanjutnya adalah frozen food, sama seperti bisnis lauk kering dan juga kalengan jenis makanan ini tidak akan cepat basi jadi cocok untuk dijual secara online. Tapi tentunya penyimpannya pun juga harus diperhatikan. Jika tidak, pasti akan mempengaruhi kualitas dan rasa produk frozen food yang Anda tawarkan. Bahan makanan yang bisa diolah menjadi beku bermacam-macam ada daging ayam, sapi, ikan, dan bahan makanan sefood lainnya. Bahan-bahan tersebut dibuat menjadi sosis, bakso, nugget, siomay dan lainnya.

Aneka roti dan kue

Anda punya keahlian membuat roti atau kue? coba saja usaha bakery online jika punya keahlian tersebut. Bisnis satu ini menguntungkan apa lagi jika Anda pasarkan melalui internet. Ditambah lagi jika Anda bisa mengikuti tren kue dan roti terkini agar konsumen tidak bosan dengan apa yang Anda tawarkan. Untuk memulai bisnis ini Anda bisa contoh bisnis strategi yang dilakukan Jodi Janitra, pengusaha kue dan roti terkenal yang berhasil mengelola lima brand kue kering. Jodi mengaku ia gencar melakukan promosi lewat internet, sehingga membuat mereknya dikenal mayarakat luas.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Makanan Sebelum Terjun Ke Bisnis Kuliner

Makanan atau cemilan sehat

Tren gaya hidup sehat ternyata tidak hanya menguntungkan orang yang menjalankannya saja tapi juga pengusaha. Semua yang berhubungan dengan kesehatan pasti bisa dijadikan peluang usaha yang potensial. Contohnya usaha makanan karena ada tren ini orang yang peduli akan kesehatan itu pasti mencari makanan yang sehat. Untuk itu, berbagai macam menu diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen yang ingin menjaga kebugaran tubuh mereka. Kalau Anda berniat ingin coba usaha ini, Anda bisa tawarkan menu makan atau cemilan vegetarian dan cocok untuk diet. Jangan lupa pasarkan melalui media sosial atau marketplace online.

Tawarkan jasa catering untuk kantor atau keluarga

Usaha catering merupakan salah satu usaha makanan yang juga jadi peluang usaha favorit pengusaha. Pelaku usaha yang memilih bisnis ini disebabkan karena profitnya cukup menjanjikan, belum lagi jika mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar. Pada umumnya mereka yang memulai bisnis ini menyediakan jasa catering untuk acara, kantor maupun pribadi.

Jadi itu tadi beberapa ide peluang bisnis makanan online yang bisa Anda coba rintis dari sekarang. Jika Anda punya keahlian membuat salah satu menu di atas silahkan mulai dari sekarang dan pasarkan melalui beberapa platform online seperti media sosial, marketplace atau toko online Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

85 + = 87